Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Waspada Terjangkit Penyakit Kanker Saluran Empedu

Diposkan oleh : Green World pada 2:10 pm tanggal January 6, 2017

Apa itu kanker empedu?

Kita mungkin pernah mendengar tentang kondisi dari penyakit batu empedu, tetapi disamping itu juga ada penyakit kanker empedu. Dari penyakit kanker inilah yang dapat memicu seringnya akan saluran empedu yang tersumbat. Dari penyumbatan itulah yang akan menyebabkan adanya jenis tumor jinak yang terdapat pada saluran empedu tersebut.

kanker saluran empedu

Kanker Saluran Empedu adalah jenis penyakit kanker ganas yang berasal dari saluran empedu ekstrahepatik, termasuk hilus sampai pada bagian bawah saluran empedu. Jenis penyakit ini merupakan penyakit yang cukup jarang, dan ada jumlah peningkatan penderitanya. Selain penyakit kanker payudara dan juga kanker serviks, penyakit ini cenderung dialami oleh para wanita. Bahkan resiko dari penyakit ini sampai pada kematian apabila tidak segera ditangani secara cepat dan tepat.

Sekilas penyakit kanker saluran empedu ini mirip dengan penyakit kuning. Fungsi dari saluran empedu ini adalah untuk memindahkan cairan yang dinamakan dengan empedu dari hati dan juga kandung empedu ke usus kecil. Sehingga ia dapat membantu untuk mencerna lenak yang terdapat pada makanan.

Penyebab Kanker Empedu

Di setiap penyakit tentu saja berawal dari penyebab yang telah terjadi, namun kebanyakan penyebab utama dari berbagai jenis penyakit belum diketahui secara pasti tetapi ada beberapa faktor yang dapat memicu terhadap meningkatnya jenis penyakit kanker saluran empedu ini, diantaranya:

1. Faktor Usia

Resiko yang cukup besar adalah faktor usia. Khususnya pada wanita yang usianya sudah 60 tahun lebih maka akan berpotensi mengidap penyakit kanker ini. Kondisi dari radang yang terjadi pada bagian kandung empedu apabila tidak segera ditangani maka akan semakin parah.

2. Obesitas

Kelebihan berat badan sangat memicu terhadap berbagai penyakit, termasuk pada penyakit kanker saluran empedu ini. Seseorang yang mengalami berat badan berlebihan akan sangat mudah terkena berbagai penyakit, khususnya pada mereka yang masih berusia muda makan akan mudah terserang penyakit ini. Oleh karena itu, betapa pentingnya memiliki berat badan yang ideal agar tidak gampang terserang dari berbagai penyakit.

3. Menderita Polip Kandung Empedu

Penyakit kanker empedu akan meningkat 23% apabila terjadi pembesaran pada polip. Potensi penyakit kanker empedu akan besar sehingga seseorang yang mempunyai riwayat penyakit poli kandung empedu.

4. Menderita Batu Empedu

Seseorang akan lebih tinggi apabila sebelumnya sudah mengidap penyakit batu empedu. Apabila telah difonis menderita batu empedu maka segera tuntaskan untuk memeriksa kondisi kepada dokter.

5. Mengkonsumsi Alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi minum berakohol sangat mudah merusak pada sistem saraf, apalagi mengkonsumsi secara berlebihan dan terlalu sering makan akan berpengaruh besar terhadap kesehatan, khususnya pada kesehatan empedu.

6. Perubahan Hormon Pada Wanita Hamil

Wanita yang sedang hamil akan ada perubahan pada hormon yang dialami. Pada perubahan hormon ini akan menjadikan wanita lebih mudah terserang penyakit. Dengan hormon yang tidak stabil dan berubah-rubah juga berkaitan dengan ketidakstabilan pada daya tahan tubuh. Maka faktor ini akan menjadi resiko timbulnya masalah kanker empedu.

7. Menopause dan Menstruasi Dini

Wanita yang dulunya mengalami menstruasi pada usia dini maka akan cenderung mengalami kanker empedu. Pada menopause lebih awal juga sangat mudah terserang penyakit tersebut.

Tanda-tanda Kanker Empedu

Gejala pada kanker empedu berawal dari terjadinya saluran empedu yang tersumbat. Berikut adalah ciri-ciri yang paling utama dari penyakit kanker empedu, diantaranya:

– Penyakit kuning

Penyakit kuning memang tidak menandakan adanya penyakit kanker pada tubuh seseorang. Namun gangguan pada liver akan terjadi penyumbatan yang akhirnya terjadipada pembesaran empedu ke dalam darah.

– Perut kembung

Perut kembung selalu dianggap dari gejala asam lambung yang naik atau maag. Tetapi jika ketidaknyamanan itu terus berlanjut pada setiap setelah makan yang berat, maka akan berpotensi pada penyakit kanker empedu.

– Gatal-gatal

Penyakit empedu akan mengalami gatal-gatal bahkan akan muncul bilirubin pada kulit secara berlebihan.

– Sakit perut

Sakit perut pada bagian kanan akan cenderung mengalami penyakit kanker empedu. Rasanya seperti ditusuk-tusuk, bahkan ditambah dengan gejala lainnya apabila ada.

– Mual dan Muntah

Tanda ini cukup umum terjadi khususnya pada penyakit kanker empedu yang secara intens terjadi.

– Warna urin gelap

Kadar bilirubin dalam keadaan tinggi pada darah dapat keluar melalui urin sehingga mengubahnya akan menjadi lebih gelap.

3 responses to “Waspada Terjangkit Penyakit Kanker Saluran Empedu”

  1. […] disebabkan oleh adanya metastase pada organ sekunder yang posisinya berdekatan seperti pada perut, saluran empedu, dan kanker pankreas. Penyakit kanker ini bukan dari sebuah penyakit kanker yang berasal dari […]

  2. […] membantu mengobati penyakit kanker ini, bahkan untuk semua jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker empedu, kanker usus 12 jari, kanker rahim, kanker kolorektal, dan penyakit kanker […]

  3. Bertie says:

    I wish to show my thanks to the writer of this website. Keep adding a good methods and steetagirs. Many people will surely enhance their abilities by reading blogs like this.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Kenali Sejak Dini Mutasi Gen Penyebab Kanker
    Kanker memang sering muncul tanpa diduga meskipun...
  • Jenis-jenis Pengobatan Penyakit Kanker Payudara Stadium 4
    Kanker payudara stadium 4 adalah fase yang...
  • Manfaat Buah Bit Untuk Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Buah bit merupakan buah yang...
  • Khasiat Daun Kelor Untuk Mengobati Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Daun kelor tidak hanya bermanfaat...
  • Kenali Pemberian Vaksin Sebagai Pencegah Kanker Serviks
    Kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit...