Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Waspada Terjangkit Dengan Penyakit Kanker Usus Besar

Diposkan oleh : Green World pada 8:51 am tanggal December 5, 2016

Kita telah mengetahui sebelumnya bahwa pada manusia memiliki berbagai macam sistem didalamnya. Dari sistem tersebut ,manusia dapat menjalani hidup dengan normal. Sistem yang terpenting dalam tubuh manusia yaitu sistem pencernaan. Karena sistem pencernaan itu sendiri memiliki fungsi yang dapat mencerna makanan dan akan menyerap semua manfaat dan kandungan yang terdapat pada makanan tersebut.

usus besar

Organ yang sangat berperan penting dalam mencerna serta menyerap semua sari makanan adalah usus. Organ yang sangat penting sebagai sistem pencernaan tentunya sangat rawan untuk terkena berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit kanker usus.

Mungkin sudah sering saya katakan bahwa hampir dari seluruh organ yang ada dalam tubuh kita bisa terkena penyakit kanker, tidak menutup kemungkinan juga pada organ pencernaan atau yang biasa dikenal yaitu kanker usus besar.

Kanker usus besar adalah jenis penyakit kanker yang menyerang usus besar atau pada bagian sistem pencernaan manusia. Kanker Kololrektal atau Ca Colon adalah jenis penyakit kanker yang menyerang pada usus besar (Kolon) dan anus (Rektum). Di Negara Indonesia menjadi urutan no. 4 penyebab terjadinya kematian akibat kanker kololrektal yang tumbuh secara tidak normal pada bagian rektal (anus).

Sebagian besar terjadinya penyakit kanker usus besar ini diawali dengan adanya pembentukan gumpalan-gumpalan suatu sel yang berukuran sangat kecil yang disebut dengan Polip Adenoma. Gumpalan tersebut akan menyebar dan tidak dapat terkendali dengan seiringnya waktu. Penyakit kanker ini dapat terjadi pada usia diatas 50 tahun, tetapi tidak kemungkinan juga dapat diidap oleh usia masih muda.

Penyebab Terjadinya Penyakit Kanker Usus Besar

Pertumbuhan sel pada area tubuh tertentu yang tidak dapat terkendali dan mempunyai sifat merusak adalah penyebab dari kanker. Pertumbuhan penyakit kanker pada usus besar akan bermula dalam gumpalan sel yang terdapat pada lapisan usus dibagian dalam yang kemudian akan menyebar bahkan menghancurkan pada sel-sel yang berada didekatnya atau bahkan ke beberapa area tubuh yang lainnya.

Pada awalnya sel-sel yang telah diproduksi oleh lapisan usus tidak berbahaya dan memiliki manfaat untuk menjaga normalnya fungsi tubuh. Tetapi masih belum diketahui pemicu dari sel-sel itu rusak sehingga menjadi suatu sel kanker dan akan tumbuh dengan tidak terkendali. Berikut adalah beberapa faktor yang menjadi pemicu yang dapat meningkatkan resiko rerkena penyakit kanker usus besar, diataranya:

– Kekurangan serat
– Terlalu banyak mengkonsumsi daging merah
– Kebiasaan merokok
– Menderita diabetes
– Kurang berolahraga
– Obesitas
– Usia
– Faktor keturunan
– Mengidap sindrom Lynch
– Sering mengkonsumsi alkohol
– Menderita ganggguan pencernaan

Tahapan Perkembangan Penyakit Kanker Usus Besar

Ada beberapa tingkat keparahan dari penyakit kanker usus besar, meliputi:

1. Stadium 1

Pada stadium awal kanker sudah tumbuh didalam usus besar, tetapi belum menyebar ke bagian yang lain karena terhalang oleh dinding usus.

2. Stadium 2

Kanker ini sudah menyebar ke bagian dinding usus bahkan menembusnya.

3. Stadium 3

Pada bagian kelenjar getah bening telah diserang oleh kanker karena posisinya sangat dekat.

4. Stadium 4

Tingkat paling akhir ini sangat parah karena terjadi penyebaran kanker usus besar ke seluruh organ tubuh yang lainnya, seperti paru-paru dan hati.

Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

Berikut ada beberapa gejala yang dialami oleh penderita kanker usus besar, antara lain:

* Tubuh akan terasa lelah
* Konstipasi
* Hilangnya nafsu makan
* Penurunan berat badan
* Berubah tekstur kepadatan pada kotoran
* Terdapat darah kotoran atau pendarahan anus
* Perut kembung
* Nyeri pada darah pinggang

 

4 responses to “Waspada Terjangkit Dengan Penyakit Kanker Usus Besar”

  1. […] Kanker Usus Besar merupakan suatu penyakit kanker yang terjadi pada bagian usus besar atau kolon, yang letaknya dibagian bawah organ sistem pencernaan. Kanker akan diserang pada bagian akhir dari organ usus besar yang dinamakan Kanker Rektum. Sel-sel tubuh yang tumbuh secara sehat dan memiliki jumlah yang normal serta cara yang teratur untuk menjaga sistem metabolisme tubuh supaya tetap berfungsi dengan baik dan benar. Sedangkan kanker usus akan dapat mengalami perubahan yang abnormal terjadi akibat adanya sel-sel yang sehat terdapat didalam organ usus besar sehingga sistem metabolisme akan tidak beraturan. […]

  2. […] ke organ sekunder yang tempatnya berdekatan seperti perut, saluran empedu, dan kanker pankreas. Kanker usus bisa saja menjadi penyakit yang sangat mematikan disetiap tahunnya. Berdasarkan posisi dari […]

  3. […] Kanker usus besar akan tumbuh pada jaringan usus besar, sedangkan kanker rektum akan tumbuh pada beberapa sentimeter di usus besar dan juga anus. Biasanya diawali dengan adanya gumpalan kecil sel jinak atau polip yang kemudian akan berubah menjadi kanker. Dalam pemeriksaan sangat dianjurkan untuk menemukan polip sebelum terjadi perubahan menjadi kanker. […]

  4. […] Jenis tanaman yang mengandung antioksidan yang disebut dengan “Ligan” berfungsi untuk membantu sel-sel tubuh agar tetap sehat dan juga aman dari sel yang mengandung kanker. Kandungan omega 3 yang terdapat didalamnya sangay baik dalam mencegah penyakit kanker usus besar. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Kenali Sejak Dini Mengenai Penyakit Kanker Payudara Pada Pria
    Kanker payudara sering dianggap sebagai kondisi yang...
  • Fakta atau Hoax Mengenai Tanaman Dolar Penyebab Kanker Leukimia
    www.ahlikanker.com – Sebagian besar pasti bertanya-tanya mengenai...
  • Mengenal Jenis-jenis Penyakit Leukimia dan Penyebabnya
    www.ahlikanker.com – Leukimia merupakan salah satu penyakit...
  • Kenali Sejak Dini Mutasi Gen Penyebab Kanker
    Kanker memang sering muncul tanpa diduga meskipun...
  • Jenis-jenis Pengobatan Penyakit Kanker Payudara Stadium 4
    Kanker payudara stadium 4 adalah fase yang...