Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Waspada Gaya Hidup Tak Sehat Beresiko Kanker Serviks

Diposkan oleh : Green World pada 11:11 am tanggal August 23, 2017

Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit kanker yang mematikan bagi wanita diseluruh dunia. Kanker serviks yang menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, yaitu daerah leher rahim. Bagian yang diserang adalah pintu masuk daerah rahim, area sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.

gaya hidup tak sehat resiko kanker serviks

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mencatat bahwa di Indonesia sudah ada lebih dari 8.000 kasus kematian pada kaum wanita yang disebabkan oleh kanker serviks. Melihat dari adanya resiko yang sangat besar, maka para wanita tentu harus berhati-hati serta melakukan pencegahan kanker serviks sejak dini. Perlu Anda ketahui bahwa, kanker serviks ternyata lebih sering terjadi karena dari gaya hidup wanita yang kurang sehat. Namun ada penyebab lain yaitu Human Papilloma Virus (HPV) yang sangat mudah untuk berpindah dan juga menyebar, salah satunya yaitu dengan hubungan seksual.

Berikut gaya hidup yang dianggap mampu meningkatkan resiko wanita terkena kanker serviks :

  • Pola Makan

Pola makan merupakan salah satu hal yang dapat memicu resiko kanker serviks. Tidak sedikit wanita yang menyukai bahan makanan yang mengandung banyak zat berbahaya seperti zat pewarna, pengawet, ataupun perasa buatan. Apabila dikonsumsi dengan jangka waktu yang panjang maka akan membuat tubuh memiliki resiko terkena kanker serviks. Misalnya, makanan mie instan yang kaya akan bahan kimia apabila sering dikonsumsi maka akan menambah resiko terkena kanker serviks. Selain itu makanan yang mengandung borax atau makanan yang kurang sehat dapat meningkatkan resiko penyakit kanker tersebut.

  • Merokok (aktif maupun pasif)

Rokok dapat menyebabkan kemampuan alami tubuh menjadi menurun dalam melawan infeksi HPV. Asap rokok memiliki bahan kimia lebih banyak, termasuk nikotin, karbonmonoksida, dan tar. Racun juga akan terkandung dalam asap rokok yang bersifat genotoxic, merusak pada sel DNA yang dapat mengakibatkan mutasi dalam sel dengan cara tidak terkendali serta dapat menyebabkan kanker juga bagi mereka perokok pasif. Perlu diketahui bahwa wanita perokok akan beresiko terkena kanker serviks dua kali lipat.

| Artikel terkait : Obat Kanker Serviks

  • Riwayat Seksual

Wanita yang kerap berganti-ganti pasangan ketika berhubungan seksual akan memiliki resiko penyakit kanker serviks. Tahukah Anda bahwa, virus yang menyebabkan kanker serviks bisa terdapat pada alat kelamin laki-laki yang sebelumnya berhubungan dengan wanita yang telah terinfeksi virus tersebut. Selain itu hubungan seks di usia dini juga dapat beresiko terkena kanker serviks (sebelum usia 16 tahun) tanpa menggunakan alat pelindung.

  • Kelebihan Berat Badan

Wanita yang memiliki berat badan lebih maka akan beresiko terkena Adenokarsinoma Serviks. Oleh karena itu wanita diharuskan untuk menjaga berat badannya supaya tetap ideal sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

  • Kehamilan

Wanita yang telah menjalani tiga kehamilan penuh ataupun lebih, akan mengalami kehamilan penuh pertamanya sebelum di usia 17 tahun, maka akan beresiko dua kali lebih terkena kanker serviks.

  • Imunosupresi

Pada kebanyakan orang yang dengan sistem kekebalan tubuh sehat, virus HPV akan hancur dengan sendirinya dalam tubuh 12-18 bulan. Tetapi pada orang yang dengan HIV atau penyakit lainnya yang menggunakan obat-obatan yang membatasi sistem kekebalan tubuh maka akan beresiko tinggi terkena kanker serviks.

  • Infeksi Chlamydia

Chlamydia adalah sejenis bakteri umum yang dapat menginfeksi pada sistem reproduksi yang tersebar melalui hubungan seksual. Infeksi tersebut dapat menyebabkan peradangan panggul kemudian ketidaksuburan. Hal tersebut dapat dilihat dengan resiko kanker serviks lebih tinggi pada wanita yang memiliki hasil tes darah positif dengan infeksi chlamydia.

Untuk menghindari resiko kanker serviks, maka sangat penting dilakukan vaksin sebagai pencegah kanker serviks. Pola hidup memang harus diterapkan dengan lebih baik, kebersihan serta kesehatan pada organ intim juga harus lebih terjaga dan terawat.

| Baca juga :

5 Makanan Pencegah Kanker Serviks atau Mulut Rahim

Tips Diet Untuk Menurunkan Resiko Penyakit Kanker Serviks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ketahui Tahapan Stadium Kanker Usus Besar Sejak Dini
    Kanker usus besar hanya bisa didiagnosis dengan...
  • Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar
    Kanker usus besar merupakan salah satu jenis...
  • Mengatasi Mual Akibat Dari Efek Samping Kanker Serviks
    Sekitar 70% penderita kanker serviks cenderung mengalami...
  • Ternyata Ini Jenis Makanan yang Dapat Membersihkan Usus
    Usus yang sehat merupakan dasar dari tubuh...
  • Waspada Gaya Hidup Tak Sehat Beresiko Kanker Serviks
    Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit...