Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Tips Untuk Meringankan Sesak Nafas Akibat Kanker Paru-paru

Diposkan oleh : Green World pada 11:52 am tanggal January 25, 2018

www.ahlikanker.com – Kanker paru-paru merupakan kondisi yang dimana sel-sel tumbuh secara tidak terkendali didalam organ paru-paru, organ yang memiliki fungsi untuk menyebarkan oksigen ke dalam darah ketika akan menghirup nafas serta membuang karbondioksida saat akan menghela nafas. Kanker paru-paru ternyata merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi. Tetapi penyakit ini termasuk jenis penyakit yang masih bisa dicegah.

Kanker paru-paru kebanyakan diderita oleh para perokok aktif dan pasif. Pada tahap awal, penyakit kanker paru-paru ini tidak ada tanda-tanda ataupun gejala yang terjadi, akan tetapi gejala awal seperti batuk secara berkelanjutan hingga akan mengalami batuk darah, kelelahan tanpa alasan, akan selalu merasa kehabisan nafas, dan menurunnya berat badan.

tips mengatasi sesak nafas akibat kanker paru-paru

Sesak nafas yang merupakan gejala paling umum dari kanker paru-paru. Dengan menjalani keseharian sebagai seorang penderita kanker paru-paru, maka tentunya tidaklah mudah, dikarenakan mereka harus berjuang dalam setiap hari untuk bisa bernafas bebas. Lalu bagaimana cara mengatasi sesak nafas akibat penyakit kanker paru-paru?

Berikut ada beberapa tips yang dapat meringankan sesak nafas akibat kanker paru-paru :

1. Latihan teknik pernafasan

Latihan pernafasan akan memperkuat pada otot paru. Terdapat berbagai jenis latihan pernafasan yang bisa mengontrol ritme pernafasan, salah satunya yaitu pursed-lip breathing. Pada latihan tersebut dapat dilakukan kapan saja, bahkan saat penderita mengalami sesak nafas mendadak. Selain itu juga, pada latihan pernafasan ini dapat mengurangi stress. Berikut terdapat langkah-langkah untuk melakukan latihan pursed-lip breathing :

  • Lakukan tarik nafas dengan melalui hidung, kemudian keluarkan secara perlahan dengan melalui mulut yang dikerucutkan.
  • Duduk dengan nyaman, lalu lemaskan bagian otot bahu dan leher.
  • Posisikan mulut seperti saat Anda akan bersiul.
  • Tarik nafas kembali dengan melalui hidung selama dua detik.
  • Kemudian buang nafas secara perlahan dengan melalui mulut.
  • Ulangi gerakan tarik dan buang nafas selama 10 menit.

Cara diatas dapat dilakukan kapanpun ketika merasa sesak nafas, sehingga Anda akan merasakan lebih baik setelah beberapa menit kemudian.

2. Olahraga teratur

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan aliran darah ke bagian organ paru sehingga akan lebih banyak oksigen yang terkandung kedalam darah. Tetapi alangkah baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

3. Konsumsi makanan sehat

Makanan memang sangat berpengaruh pada pola pernafasan kita. Seperti pada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan perut kembung, melebar, kamudian akhirnya akan menekan pada bagian paru. Sehingga akan mengakibatkan paru tidak dapat mengembang secara optimal untuk mendapatkan oksigen ketika sedang melalui pernafasan. Terdapat jenis makanan yang dapat menyebabkan parut menjadi kembung yaitu susu, kubis, brokoli, dan polong-polongan. Perlu diketahui, untuk tetap mengonsumsi cukup air guna untuk melembabkan aliran udara.

4. Mengubah pola hidup

Ada banyak manfaat seseorang harus berhenti merokok. Salah satunya yaitu supaya dapat bernafas dengan lebih mudah. Seorang perokok yang menderita penyakit kanker paru sangat dianjurkan untuk berhenti merokok demi memulihkan pada kondisi kesehatannya. Jika bukan perokok aktif, maka hindarilah dari paparan asap rokok. Karena perokok pasif juga dapat memperburuk pada kondisi tubuh Anda.

Udara bersih memang sangat penting bagi kehidupan. Hindari pengharum ruangan atau seperti cairan pel yang didalamnya mengandung pewangi sintesis. Karena pasalnya zat kimia tersebut bisa tercampur dengan udara, memicu sesak nafas, dan terhirup oleh penderita. Jika ingin keluar rumah, Anda perlu menggunakan masker untuk menghindari debu dan polusi yang dapat memicu sesak nafas.

Sesak nafas yang juga dapat diatasi dengan melakukan pola hidung, mengonsumsi makanan yang memiliki nutrisi baik. Apabila masih mengalami masalah pada pernafasan, lakukan pemeriksaan untuk melakukan perawatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Kenali Berbagai Gejala Penyakit Kanker Payudara Stadium 4
    Kenali Berbagai Gejala Penyakit Kanker Payudara Stadium...
  • Perbedaan Tes IVA dan Pap Smear Untuk Mendeteksi Kanker Serviks
    Ahli Kanker – Kanker serviks adalah jenis penyakit...
  • Awas ! Penyakit Kanker Jantung Yang Langka Namun Mematikan
    www.ahlikanker.com – Ada berbagai gangguan pada jantung seperti...
  • Ketahui Pilihan Untuk Pengobatan Kanker Usus Besar Pada Stadium Lanjut
    Kanker usus besar merupakan jenis penyakit yang...
  • Terapi Hormon Untuk Penderita Penyakit Kanker Payudara
    www.ahlikanker.com – Terapi hormon atau yang dikenal sebagai...