Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Tips Diet Untuk Menurunkan Resiko Penyakit Kanker Serviks

Diposkan oleh : Green World pada 10:47 am tanggal August 15, 2017

Kanker serviks merupakan penyakit yang mematikan kedua bagi wanita setelah penyakit kanker payudara. Pada tahun 2009, diperkirakan sebanyak 11.000 perempuan yang didiagnosis mengidap kanker serviks di dunia. Dan diperkirakan ada 4.000 wanita yang meninggal dalam setiap tahunnya karena kanker serviks.

tips diet penurun resiko kanker serviks

Penyebab dari terjadinya kanker serviks yaitu karena adanya infeksi oleh HPV (Human Papillomavirus). Dari virus itulah yang ditularkan dari satu orang ke orang lainnya dengan melalui hubungan seksual. Sekitar 15 dari 100 jenis HPV yang dapat menimbulkan kanker serviks. Selain adanya virus HPV, terdapat faktor pemicu lainnya yang dapat menimbulkan kanker serviks yaitu dengan melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, sering mengkonsumsi alkohol, atau bahkan karena melahirkan bayi banyak.

Didalam kebanyakan kasus, infeksi HPV akan hilang dengan sendirinya. Namun saat hormon estrogen pada wanita sedang adanya peningkatkan, maka sel-sel yang telah terinfeksi HPV dapat berubah menjadi sel prakanker, yang dengan seiringnya waktu akan berubah menjadi kanker.

| Artikel terkait : Obat Kanker Serviks

Maka dari itu supaya kita tidak terkena penyakit kanker serviks, berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat menurunkan resiko penyakit kanker serviks, antara lain :

  • Memilih Makanan yang Mengandung Kadar Glikemiks Rendah

Kadar glikemiks indek atau yang biasa disebut dengan GI adalah kandungan senyawa yang mampu meningkatkan kadar gula darah. Makanan yang lambat untuk dicerna seperti makanan nontepung, buah, dan kacang-kacangan. Karena makanan tersebut dapat mendorong kadar glukosa darah menjadi stabil. Batasi juga pada makanan manis seperti kue dan juga permen. Pada buah-buahan yang memiliki GI tinggi juga harus dihindari seperti melon dan semangka.

  • Konsumsi Makanan yang Mengandung Kurkumin

Kurkumin dapat didapatkan pada rempah-rempah seperti jahe, kunyit, atau temulawak yang merupakan bahan alami dan memiliki kandungan kurkumin cukup banyak. Dari kandungan senyawa kurkumin ini sangat efektif untuk membubuh virus HPV dengan cara menonaktifkannya. Bagi Anda yang menyukai pada minuman jamu dari rempah-rempah tersebut pertahankan kebiasaan sehat tersebut.

  • Konsumsi Makanan yang Mengandung Asam Ellagic

Asam ellagic merupakan kandungan senyawa yang efektif untuk proses detoksifikasi virus atau racun, sehingga sangat efektif dalam membuang ataupun mengeluarkan virus HPV. Selain itu juga asam ellagic mampu menjadi kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menghalau serangan virus HPV. Asam ellagic akan merangsang pada sistem kekebalan tubuh dalam menghancurkan sel-sel kanker. Jenis makanan yang memiliki kandungan asam ellagic dapat ditemukan pada makanan seperti strawberry, cery, blackberry, raspberry, delima, atau walnut, pecan, dan cranberry.

  • Hindari Makanan yang Mengandung Protein Banyak

Makanan yang memiliki kandungan protein banyak seperti telur, kacang kedelai, atau lainnya ternyata dapat membuat kinerja pankreas menjadi berat, sehingga pada organ pankreas menjadi tidak mampu untuk melawan serangan kanker dengan baik, yang pada akhirnya apabila berlebihan malah akan menyebabkan kanker serviks.

  • Cukupi Kebutuhan Vitamin C dan E

Vitamin C dan E memiliki daya kekuatan antioksidan yang sangat kuat dan bersifat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, makanan yang kaya akan vitamin C dan E dapat membantu dalam mengurangi bekembangnya kanker serviks. Selain memiliki kandungan antioksidan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan vitamin C dan E dapat menghambat dalam pembentukan nitrosamine yang berpotensi karsinogenik atau zat yang dapat merusak tubuh.

  • Konsumsi Makanan yang Kaya Indole-3-Carbinol

Salah satu jenis makanan yang berfungsi untuk mencegah kanker serviks yaitu jenis sayuran crucifera, seperti brokoli, bunga kol, kale, kubis, dan lainnya. Sayuran-sayuran tersebut memiliki kemampuan untuk melawan kanker, muncul karena adanya kandungan indole-3-Carbinol, yang merupakan kandungan senyawa alami anti kanker serviks. Selain itu juga dapat menonaktifkan pada sebagian hormon estrogen, karena zat tersebut dapat menghancurkan radikal bebas serta mampu menghambat proses reproduksi sel-sel kanker secara langsung.

  • Penuhi Asupan Kandungan Zinc

Zinc merupakan mineral penting untuk memproduksi lebih dari 200 enzim didalam tubuh dan salah satunya superoksida dismutase (SOD). Pada enzim tersebut dapat memperikan perlindungan terhadap kanker serviks dengan cara menghancurkan radikal bebas yang sangat berbahaya. Bahkan dapat mengurangi resiko kanker serviks dengan cara membantu pada sistem kekebalan tubuh untuk dapat menghilangkan sel-sel yang abnormal sebelum berpotensi kanker.

  • Hindari Makanan yang Mengandung Nitrat

Pada produk-produk olahan yang memiliki kandungan nitrat yaitu makanan yang sering kita jumpai seperti bakso, daging sapi, sosis, makanan kaleng, dan lainnya. Setelah kita mengkonsumsi makanan tersebut maka tubuh dapat mengkonversi nitrat menjadi nitrit sehingga akan berubah menjadi nitrosamine. Dari bukti ilmiah telah menunjukkan bahwa nitrosamine dapat menyebabkan kanker pada tubuh manusia.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menurunkan resiko kanker serviks. Selain itu, jaga kesehatan selalu dengan melakukan pap smear sekali dalam setahun, melakukan pola makan serta kebiasaan hidup yang sehat dengan diimbangi rutin melakukan olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ketahui Tahapan Stadium Kanker Usus Besar Sejak Dini
    Kanker usus besar hanya bisa didiagnosis dengan...
  • Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar
    Kanker usus besar merupakan salah satu jenis...
  • Mengatasi Mual Akibat Dari Efek Samping Kanker Serviks
    Sekitar 70% penderita kanker serviks cenderung mengalami...
  • Ternyata Ini Jenis Makanan yang Dapat Membersihkan Usus
    Usus yang sehat merupakan dasar dari tubuh...
  • Waspada Gaya Hidup Tak Sehat Beresiko Kanker Serviks
    Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit...