Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Tanda-tanda Yang Terjadi Pada Penyakit Kanker Tulang

Diposkan oleh : Green World pada 10:18 am tanggal November 21, 2016

Sebagian orang menganggap gejala-gejala penyakit tulang yang dirasakan hanya merasakan nyeri pada persendian yang biasa dialami oleh banyak orang. Namun banyak orang yang tidak menyadari oleh penyakit tulang tersebut karena pada umumnya penyakit tulang tidak akan menimbulkan gejala yang signifikan atau berkesan biasa saja.

kanker tulang

Secara keseluruhan penderita penyakit kanker tulang terbilang lebih sedikit dibandingkan dengan penyakit kanker lainnya. Tetapi meskipun terbilang langka, jenis penyakit ini sering menyerang mereka yang berusia sangat muda antara 10 sampai 20 tahun yang masuk dalam golongan jenis kanker yang aktif dan agresif. Penyakit ini dapat menyerang pada akar-akarnya hingga butuh tindakan amputasi, jika tidak akan beresiko pada keselamatan jiwa penderita.

Tulang merupakan organ tubuh yang memiliki tugas besar, artinya tulang sebagai penyangga tubuh yang terbuat dari komponen kolagen yaitu bentuk protein yang didalamnya memiliki kandungan kalsium fosfat dan kalsium mineral yang dapat memberikan kekuatan pada tulang untuk menyangga ke seluruh organ tubuh manusia. Kalsium yang dimiliki tubuh manusia hampir banyak terdapat pada tulang dan gigi, sisanya terkandung dalam darah.

Secara umum kanker tulang mempunyai dua jenis yaitu kanker tulang primer, dan kanker tulang sekunder. Kanker tulang primer merupakan kanker tulang yang disebabka oleh sel-sel yang berasal dari tulang, dan kanker ini jarang terjadi. Penyebab dari kanker tulang jenis primer ini belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa gejala diantaranya demam, keringat waktu malam, penurunan berat badan, menggigil, terdapat benjolan pada tulang dan jaringan disekitarnya. Sedangakan jenis kanker tulang sekunder adalah kanker tulang yang disebabkan oleh sel-sel yang berasal dari organ lain sehingga menyebar ke tulang, seperti kanker paru-paru yang menyebar ke tulang dan menjadi kanker tulang. Kanker paling umum yang dapat menyerang ke tulang diantaranya kanker payudara, kanker prostat, dan kanker paru-paru.

Tulang juga memiliki 2 bagian tulang penting yaitu:

1. Cortical

Adalah tulang yang padat dan kuat yang merupakan tulang bagian luar.

2. Trabecular

Merupakan tulang bagian dalam memiliki rongga dan membentuk struktur secara keseluruhan. Tulang akan mengalami proses perkembangan dan perbaikan selama manusia masih hidup. Dalam proses yang dilakukan disebut resorption dan formation. Resorption pada sel tulang akan mengalami kerusakan dan akan digantikan dengan sel-sel tulang khusus yang disebut Osteoclasts. Sedangkan dalam proses formation , akan memperbaharui jaringan sel-sel tulang lama pada jaringan tulang yang baru. Proses pergantian tulang itu dinamakan Osteoblasts.

Dalam proses pembaharuan dan perbaikan pada tulang juga membutuhkan asupan vitamin, sehingga hormon yang seimbang akan memperlancar proses tersebut seperti vitamin C, Parathyroid, Calcitonim, Hormon Testosteron (pada laki-laki), Hormon Esterogen yang seimbang (pada wanita).

Penyebab Penyakit Kanker Tulang

Penyebab penyakit kanker tulang ditandai dengan gejala awal berupa rasa nyeri terus menerus pada bagian punggung, deformasi patologis tulang, atau terjadinya patah tulang beberapa bagian tubuh yang tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya, dan adanya penekanan pembuluh darah pada syaraf yang dilakukan oleh tumor.

Tanda-tanda atau Gejala Yang Terjadi Pada Kanker Tulang

Gejala awal berupa terdapat benjolan yang muncul pada permukaan tulang, rasa lelah yang berlebihan, bengkak dan rasa sakit yang terus menerus pada persendian. Bermula dari gejala awal itulah penyakit kanker tulang yang kemudian berkembang melalui tahapan dengan ciri-ciri diantaranya:

1. Nyeri Tulang

Nyeri tulang akan dialami pada bagian tulang memiliki sel yang tidak normal. Hal ini akan menyebabkan tulang akan terasa nyeri pada saat melakukan sesuatu.

2. Lemah Tulang

Kondisi tersebut akan dialami oleh bagian tubuh yang akan mengalami masalah pada bagian tulang yang memiliki sel kanker sehingga tidak dapat digunakan secara maksimal. Seperti penderita penyakit osteoporosis yang dapat menyebabkan bagian tulang akan melemah.

3. Kelumpuhan

Seseorang akan mengalami kelumpuhan apabila terus berkembangnya kanker tulang belakang. Namun tergantung pada beratnya kanker, kelumpuhan akan diisolasi untuk satu anggota badan.

4. Pembengkakan Tulang

Bagian tulang akan membengkak apabila terdapat sel yang tidak normal di dalam tulang.

5. Penurunan Berat Badan

Gejala ini akan berangsur berkurang jika memiliki penyakit kanker tulang, karena salah satu gejala penyakit kanker tulang yang bisa menyebabkan penurunan berat badan.

6. Kepekaan Menurun

Sensai sentuhan akan semakin melemah yang disebabkan peradangan, tekanan dan pengaruh kanker tulang belakang, karena terdapat syaraf pusat yang berada pada bagian sumsung tulang belakang. Penderita akan sulit merasakan suhu yang panas atau dingin saat menyentuh sesuatu.

Penyakit kanker tulang memang termasuk penyakit yang langka, namun dilihat dari besarnya resiko maka kita harus mencegah dari penyakit itu.

One response to “Tanda-tanda Yang Terjadi Pada Penyakit Kanker Tulang”

  1. […] manusia, seperti kanker payudara, kanker leukimia, kanker rahim, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker tulang, ataupun kanker […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Kenali Sejak Dini Mutasi Gen Penyebab Kanker
    Kanker memang sering muncul tanpa diduga meskipun...
  • Jenis-jenis Pengobatan Penyakit Kanker Payudara Stadium 4
    Kanker payudara stadium 4 adalah fase yang...
  • Manfaat Buah Bit Untuk Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Buah bit merupakan buah yang...
  • Khasiat Daun Kelor Untuk Mengobati Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Daun kelor tidak hanya bermanfaat...
  • Kenali Pemberian Vaksin Sebagai Pencegah Kanker Serviks
    Kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit...