Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Tanda-tanda Adanya Penyakit Kanker Hati

Diposkan oleh : Green World pada 2:49 pm tanggal November 23, 2016

Hati adalah organ terbesar yang kedua setelah kulit. Hati mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Hati akan menghasilkan suatu cairan empedu yang fungsinya untuk mencerna lemak, membantu daya absorpsi lemak di bagian usus, mengaktifkan lipase, serta mengubah suatu zat yang tidak larut dalam air menjadi larut dalam air. Tidak terbayang rasanya bagaimana jika fungsi hati mengalami gangguan terutama karena penyakit kanker hati.

kanker hati

Kanker hati mempunyai 2 jenis diantaranya, Kanker Hati Primer yang artinya Kanker hati adalah kanker yang telah tumbuh dan berasal dari sel liver atau sel-sel hati, namun bukan berasal dari organ tubuh yang lainnya. Sedangkan Kanker Hati Sekunder kebalikan dari kanker hati primer yang berarti Kanker hati yang berasal dari organ lain kemudian akan menyebar ke hati.

Apabila empedu di hati tersumbat, maka empedu yang masuk ke peredaran darah sehingga kulit akan berubah menjadi kuning, maka pnderita akan mengalami penyakit kuning.

Tanda-tanda atau Gejala Penyakit Kanker Hati

Pada umumnya tahap awal penyakit kanker hati primer tidak menunjukan gejala apapun, tetapi apabila sudah masuk ke tahap yang lebih serius atau seiring pertumbuhan kanker akan terjadi tanda-tanda sebagai berikut:

1. Nafsu makan berkurang
2. Penurunan berat badan secara drastis
3. Perut membesar/bengkak
4. Warna kulit akan berubah menjadi kuning, dan bagian mata yang putih akan menguning
5. Kelelahan dan lemah
6. Pembesaran hati
7. Mual dan muntah

Faktor Resiko dan Penyebab Terjadinya Penyakit Kanker Hati

Sampai saat ini belum ditemukan apa yang menyebabkan terjadinya penyakit kanker hati, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko penyakit kanker hati. diantaranya:

1. Faktor Genetik (Keturunan)

Apabila ada salah satu anggota keluarga yang didiagnosa menderita penyakit kanker hati maka kemungkinan besar akan Anda alami.

2. Menderita Sirosis

Sirosis adalah jaringan parut yang terdpaat pada hati yang berakibat karena rusaknya jaringan sebelumnya. Hal ini menyebabkan karena masalah pada fungsi hati. Sirosis dapat meningkatkan resiko penyakit kanker hati, tetapi resiko dari sirosis bervariasi yang disebabkan oleh:
– Mengkonsumsi alkohol dalam waktu lama/banyak
– Infeksi virus hepatitis B dan C

3. Penyakit Diabetes

Penderita penyakit diabetes kemungkinan besar akan mengalami resiko kanker hati. Karena mempunyai tingkat inulin yang tinggi pada penderita diabetes dan akan berakibat kerusakan pada hati.

4. Kelebihan Mengkonsumsi Alkohol

Mengkonsumsi alkohol lebih dari 5 gelas sehari akan mengakibatkan resiko tingkatnya penyakit kanker hati. Bahkan akan merusak DNA yang ada dalam sel-sel hati.

5. Obesitas

Para peneliti telah mengemukakan bahwa penyakit kanker hati akan beresiko pada seseorang yang memiliki kelebihan berat badan. Tetapi obesitas juga meningkatkan resiko kanker lainnya.

6. Paparan Bahan Kimia

Zat kimia vinil klorida sangat meningkatkan resiko penyakit kanker hati.

7. Aflatoksin

Suatu zat ini akan ditemukan didalam gandum berjamur, jagung, kacang-kacangan, kedelai, dan kacang tanah. Hal ini juga dapat menyebabkan resiko kanker hati apabila mengkonsumsi zat ini dengan dalam waktu yang panjang.

Itulah beberapa informasi seputar penyakit kanker hati . Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu Anda agar lebih tahu tentang penyakit kanker hati ini.

One response to “Tanda-tanda Adanya Penyakit Kanker Hati”

  1. […] Kanker hati adalah penyakit muncul yang pertama muncul dari hati. Penyakit kanker hati ini lebih parah dari penyakit hepatitis, tetapi banyak sebagian orang yang mengira kanker hati ini sama dengan penyakit hepatitis. Kanker hati ini bisa menyerang siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Tumbuhnya tumor yang menjadi pemicu adalah karena bertumbuhnya sel hati yang tidak normal sehingga akan memicu terjadinya kanker. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Manfaat Buah Bit Untuk Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Buah bit merupakan buah yang...
  • Khasiat Daun Kelor Untuk Mengobati Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Daun kelor tidak hanya bermanfaat...
  • Kenali Pemberian Vaksin Sebagai Pencegah Kanker Serviks
    Kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit...
  • Bahaya Kandungan Klorin dan Dioxin Pada Pembalut
    Sudah menjadi fitrah alami bagi setiap wanita...
  • Khasiat Buah Nanas Untuk Membasmi Penyakit Kanker
    Jika makan nanas, pada bagian tengahnya dibuang...