Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Stadium Awal Terjadinya Penyakit Kanker Darah “Leukimia”

Diposkan oleh : Green World pada 9:46 am tanggal November 28, 2016

Jika Seseorang mengalami pendarahan yang terus menerus seperti mimisan atau pendarahan pada gigi dan gusi maka kemungkinan besar sedang mengalami penyakit kanker darah atau leukimia. Lalu apa sebenarnya penyakit kanker darah itu??? Mari kita bahas terlebih dahulu pengertian dari penyakit kanker darah atau Leukimia.

kanker darah leukimia

Kanker Darah atau yang biasa disebut dengan Leukimia adalah penyakit kanker yang menyerang sel-sel tubuh sehingga membentuk sel darah dalam sumsum tulang dan sistem pada getah bening. Hal ini dikarenakan karena bertambahnya sel darah putih yang tidak terkendali akan mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah normal sehingga jiwa seseorang dapat terancam. Keadaan tubuh yang sedang mengalami penyakit kanker sumsum tulang akan memicu untuk produksi sel darah putih, sehingga jumlah sel darah putih dalam tubuh tidak seimbang dengan jumlah sel darah merah.

Jenis-jenis Kanker Darah

Kanker darah memiliki beberapa jenis dan berdasarkan perkembangannya dan mungkin akan terserang pada anak-anak atau orang dewasa, antara lain:

1. Leukimia Limfotik Akut

Penyakit ini dapat berpotensi mengalami infeksi yang sangat serius, dan pada umumnya sering terjadi pada anak-anak, tetapi tidak kemungkinan besar juga orang dewasa mengalaminya. Pada jenis kanker darah ini memicu terjadinya infeksi pada tubuh yang cukup sering.

2. Leukimia Limfotik Kronis

Jenis penyakit kanker darah ini cukup berbahaya dan sering terjadi pada orang dewasa. Jenis ini tidak akan menimbulkan ciri-ciri atau gejala yang terlalu menonjol sehingga tidak dapat diketahui dengan mudah.

3. Leukimia Mielogen Akut

Jenis penyakit ini bisa dialami oleh anak-anak bahkan orang dewasa. Hal ini disebabkan karena rusaknya pada DNA dan tumbuhnya sel-sel yang belum matang sehingga mengganggu tingkat funsi sel darah merah, sel darah putih normal, dan trombosit. Kanker ini juga akan membentuk sel-sel mieloid yang tidak beraturan atau tidak sempurna sehingga akan terjadi penyumbatan pada pembuluh darah.

4. Leukimia Mielogen Kronis

Jenis penyakit yang sangat parah ini memiliki dua tahap yang dapat terjadi. Untuk tahap awal sel kanker dalam tubuh akan berkembang dengan lambat ,tetapi apabila semakin lama maka perkembangannya akan semakin cepat dan bertambah banyak.

Pada umumnya penyakit kanker darah atau leukimia bisa terjadi akibat produksi sel darah putih yang tumbuh terlalu cepat sehingga banyak sel yang belum terbentuk dengan sempurna sehingga mengakibatkan kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan maksimal.

Ciri-ciri atau Gejala Penyakit Kanker Darah

Setiap orang biasanya memiliki gejala yang berbeda-beda tergantung pada jenis kanker darah yang dideritanya. Dan indikasi ini sangat sulit dikenali karena cenderung hampir sama dengan kondisi lain. Berikut ada beberapa gejala pada umumnya dari penyakit darah leukimia antara lain:

– Sakit kepala
– Demam
– Muntah-muntah
– Kelelaha yang berkelanjutan atau lemas
– Menggigil
– Berkeringat terutama dimalam hari
– Nyeri pada tulang atau persendian
– Muncul bintik-bintik merah pada kulit
– Penurunan berat badan
– Mengalami pendarahan seperti mimisan, memar, atau pendarahan pada gusi yang berlebihan
– Muncul infeksi yang parah
– Pembengkakan pada hati dan limfa

Tetapi ciri-ciri gejala diatas bukanlah tanda yang pasti dari penyakit leukimia, namun suatu infeksi dapat menyebabkan gejala-gejala tersebut. Ketika gejala leukimia sudah tampak maka pada umumnya pada permulaan sangat ringan, tetapi akan kian memburuk secara berangsur-angsur.

Penyebab Penyakit Kanker Darah

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab dari kanker darah, tetapi ada beberapa faktor yang menjadi pemicu terjadinya penyakit kanker darah atau leukimia, diantaranya:

1. Faktor Genetik/Keturunan

Apabila ada salah satu anggota keluarga mengidap penyakit kanker, maka kemungkinan besar Anda juga akan mengalami penyakit yang sama

2. Merokok

Kebiasaan merokok akan memiliki dampak yang tidak baik. Rokok tidak hanya menyebabkan resiko kanker darah saja tetapi akan meningkatkan resiko penyakit yang lainnya juga.

3. Adanya Kandunga Zat Kimia

Penyebab ini juga menjadi pemicu terjadinya penyakit kanker darah muncul. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat kimia didalamnya.

4. Menghindari Alkohol

Minuman beralkohol tentunya minuman yang memiliki kandungan soda. Hal ini juga memicu datangnya suatu penyakit muncul, terutama penyakit kanker darah.

5. Radiasi Bebas

Radiasi bebas yang sangat tinggi menjadi faktor yang memicu terjadinya penyakit kanker darah, dan meningkatkan resiko dengan batas waktu yang sangat lama. Bentuk radiasi ini seperti radiasi korban bom atom yang dapat meningkatkan penyakit kanker darah.

6. Kekebalan Tubuh Rendah

Seseorang yang menderita penyakit Virus HIV AIDS akan bersiko meningkatkan terkena berbagai jenis penyakit, terutama penyakit kanker darah. Karena sistem kekebalan tubuhnya sangat rendah sehingga sangat mudah untuk menderita berbagai penyakit.

7. Perkembangan Kromosom yang Abnormal

Perkembangan kromosom yang abnormal dapat mengakibatkan kanker darah leukimia mielogen kronis, karena kemampuan sumsum tulang yang memproduksi sel darah dalam jumlah normal terganggu.

Diatas merupakan faktor yang menjadi pemicu dari penyakit kanker darah leukimia. Dan intinya adalah sel darah putih sangat penting dalam sistem pertahanan tubuh, karena sel putih berfungsi untuk menghancurkan virus dan bakteri. Tetapi apabila sel putih tidak berfungsi dengan semestinya maka tubuh akan beresiko terkena infeksi yang sangat buruk dan akan menimbulkan penyakit khususnya penyakit darah atau leukimia.

5 responses to “Stadium Awal Terjadinya Penyakit Kanker Darah “Leukimia””

  1. […] Kanker Darah atau Leukimia merupakan penyakit yang berbahaya dan menakutkan, karena hal ini disebabkan produksi sel darah yang […]

  2. […] limfoma menyebar ke bagian darah, maka kemungkinan besar akan mengalami penyakit Leukimia. Karena penyakit tersebut memiliki banyak kemiripan. Gejala awal pada anak-anak terdapat masuknya […]

  3. […] Leukemia atau kanker darah adalah salah satu jenis penyakit kanker dan termasuk pada jenis penyakit yang mematikan, seperti penyakit jantung dan diabetes. Penyakit ini disebabkan oleh adanya pertumbuhan atau transformasi yang terjadi dengan cara tidak wajar pada sel darah putih (leukosit) sehingga menyebabkan pertumbuhan sel darah putih yang tidak terkendali. Dari produksi sel darah putih ini tentu akan menyebabkan tidak normalnya didalam tubuh, seperti menakan sel darah merah. […]

  4. […] – Leukimia merupakan salah satu penyakit kanker pada jaringan tubuh yagn bertugas untuk membentuk darah, […]

  5. […] saja. Maka dari itu, berikut terdapat suatu pembuktian apabila kabar tersebut menyebabkan penyakit kanker leukimia atau hoax (kabar tidak […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Tips Diet Untuk Menurunkan Resiko Penyakit Kanker Serviks
    Kanker serviks merupakan penyakit yang mematikan kedua...
  • Kenali Sejak Dini Mengenai Penyakit Kanker Payudara Pada Pria
    Kanker payudara sering dianggap sebagai kondisi yang...
  • Fakta atau Hoax Mengenai Tanaman Dolar Penyebab Kanker Leukimia
    www.ahlikanker.com – Sebagian besar pasti bertanya-tanya mengenai...
  • Mengenal Jenis-jenis Penyakit Leukimia dan Penyebabnya
    www.ahlikanker.com – Leukimia merupakan salah satu penyakit...
  • Kenali Sejak Dini Mutasi Gen Penyebab Kanker
    Kanker memang sering muncul tanpa diduga meskipun...