Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Sekilas Tentang Penyakit Kanker Tulang Osteosarkoma

Diposkan oleh : Green World pada 9:40 am tanggal December 14, 2016

Apa itu Osteosarkoma???

osteosarcoma

DEFINISI

Kanker tulang atau Osteosarkoma adalah jenis penyakit kanker yang menyerang tulang. Penyakit ini dapat diidap oleh anak-anak bahkan orang dewasa. Secara umum osteosarkoma merupakan istilah umum untuk tumor tulang ganas.

Sebagian besar seluruh tubuh bisa saja terserang oleh penyakit ini, namun kebanyakan penyakit ini terjadi pada tulang lengan dan kaki. Penyakit ini jarang terjadi pada bagian tulang panggul, rusuk, atau pun rahang, dan jarang sekali berkembang pada jari tangan atau pun jari kaki. Jenis kanker ini banyak menyerang pada remaja yang berusia produktif, terutama pada orang yang sering mengkonsumsi obat peninggi badan. Hal ini akan menyebabkan tumbuhnya penyakit kanker tulang yang menyerang anak-anak dan terjadi pada bagian tulang lutut.

Kanker tulang dibagi menjadi 2 bagian yaitu kanker tulang primer dan sekunder. Kanker Tulang Primer ialah kanker yang muncul dan berkembang langsung pada bagian dalam tulang. Sedangkan Kanker Tulang Sekunder merupakan kanker tulang yang berasal dari bagian tubuh lain yang menjalar ke bagian tulang.

Klasifikasi Osteosarkoma

Penyakit kanker tulang atau osteosarkoma memiliki klasifikasi lokal osteosarkoma, metastik osteosarkoma, dan osteosarkoma berulang. Untuk lokal osteosarkoma, pada sel kanker belum terjadi penyebaran ke bagian tulang atau baguan tubuh lainnya. Sedangkan pada metastik osteosarkoma sel kanker sudah melakukan aksi penyebaran pada bagian tubuh lainnya bahkan sampai pada organ paru-paru. Sementara osteosarkoma berulang, meskipun penyakit kanker sudah diobati kemungkinan akan kambuh lagi. Kondisi ini biasanya terjadi pada bagian tulang yang sama saat osteosarkoma muncul pertama kali, atau bisa saja osteosarkoma dapat tumbuh pada bagian tubuh lainnya. namun jenis penyakit kanker tulang atau osteosarkoma ini jarang terjadi.

Jenis-jenis Kanker Tulang

Terdapat tiga jenis kanker tulang yang paling umum terjadi, hal ini berdasasrkan pada tempat sel kanker bermula, diantaranya:

– Osteosarkoma

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kanker ini akan dapat berkembang didalam jaringan baru pada tulang yang sedang terjadi pertumbuhan. Biasanya terjadi pada tulang betis dan paha. Penyakut ini dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa.

– Ewing’s Sarcoma

Kanker ini akan berkembang dalam jaringan saraf pada sumsum tulang yang masih belum dewasa. Jenis ini juga terjadi pada bagian paha, betis, dan tulang panggul. Tetapi kanker ini lebih sering terjadi pada anak yang masih remaja dibandingkan pada orang dewasa.

– Chondrosarcoma

Jenis penyakit kanker tulang terjadi bahkan berkembang pada tulang yang sangat rawan. Biasanya akan menyerang pada bagian paha, panggul, tulang rusuk, tulang lengan bagian atas, dan tulang belikat. Penyakit ini sering terjadi pada usia 30 tahun keatas.

Gejala Osteosarkoma

– Nyeri
Penderita kanker tulang akan selalu merasakan nyeri pada bagian tulang. Rasa nyeri akan terus berangsur-angsur bahkan akan memburuk terutama saat tulang digerakan.

– Lemah Tulang
Penyakit kanker tulang dapat menyebabkan tulang akan menjadi rapuh dan lemah. Bahkan akan membuat patah tulang apabila sudah parah dan terjadi cidera.

– Pembengkakan
Tulang yang terkena kanker biasanya akan mengalami pembengkakan dan warna akan berubah menjadi kemerahan. Apabila posisi pembengkakan terjadi dekat suatu sendi maka sendi tersebut pun akan sulit untuk digerakan.

– Demam

– Penurunan berat badan

– Tubuh akan terasa lelah

– Keringat berlebihan terutama pada malam hari.

Pada anak-anak dan remaja selalu disalahartikan sebagai efek samping dari pertumbuhan pada tulang. Sedangkan pada orang dewasa pada gejala nyeri tulang juga disalahartikan sebagai radang sendi.

Penyebab Osteosarkoma

Untuk penyebab hal ini masih belum diketahui secara pasti, namun kondisi seperti ini bisa disebabkan dengan adanya perubahan atau mutasi dalam struktur DNA yang akan mengendalikan pertumbuhan sel sehingga pada sel-sel tersebut akan terus tumbuh dan tidak dapat terkendali. Dalam penumpukan sel-sel ini akan membentuk tumor yang bisa menyerang struktur tulang yang berada didekatnya bahkan bisa saja akan menyebar pada bagian tubuh lainnya.

Berikut beberapa faktor yang menjadi pemicu terjadinya peningkatan resiko penderita kanker tulang, diantaranya:

* Pertumbuhan tulang yang sangat cepat

* Menderita penyakit paget, yang dimana suatu kondisi yang dapat menyebabkan tulang menjadi lemah

* Menderita penyakit hernia umbilitikus sejak lahir

* Pernah mengidap suatu jenis kanker mata

* Pernah melakukan pengobatan yang paparan radiasinya tinggi seperti radioterapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Khasiat Buah Nanas Untuk Membasmi Penyakit Kanker
    Jika makan nanas, pada bagian tengahnya dibuang...
  • Efek Samping Melakukan Pengobatan Kemoterapi
    Kemoterapi atau yang biasa disebut dengan kemo...
  • Manfaat dan Jenis Olahraga Untuk Mantan Penderita Kanker
    www.ahlikanker.com – Seseorang yang telah berhasil sembuh...
  • Perbedaan Antara Kanker Payudara Pada Pria dan Wanita
    www.ahlikanker.com – Apa sebenarnya yang menjadi perbedaan...
  • Ketahui Faktor Pemicu Penyakit Leukemia Pada Anak
    www.ahlikanker.com – Hampir 60% penyakit yang dialami...