Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Perbedaan Antara Kanker Payudara Pada Pria dan Wanita

Diposkan oleh : Green World pada 1:53 pm tanggal March 23, 2017

kanker payudara pria dan wanita

www.ahlikanker.com – Apa sebenarnya yang menjadi perbedaan kanker payudara antara pria dan wanita? Pria juga bisa terkena kanker payudara sama seperti pada wanita. Meskipun sama-sama memiliki payudara namun teksturnya berbeda. Payudara pada pria tidak besar dan membulat dikarenakan tidak memiliki jumlah lemak serta struktur yang sama dengan wanita. Dari penyebab perbedaannya yaitu bentuk payudara pada pria memiliki hormon yang berbeda dengan wanita, yaitu hormon Testosteron, sedangkan hormon pada wanita disebut dengan Estogen.

Hormon tesebut yang membuat fungsi payudara berbeda. Pada seorang pria yang normal tidak dapat menyusui meskipun juga memiliki kelenjar susu karena hormonnya berbeda dengan payudara pada wanita, kecuali pria tersebut sedang ada dalam pengobatan hormonal pada terapi kanker. Sedangkan pada payudara wanita mempunyai jaringan yang lebih tebal sehingga bentuknya lebih besar. Perlu diketahui, kanker payudara tidak hanya menyerang pada wanita saja, tetapi pada kaum pria pun juga dapat terjadi namun sangat jarang terjadi.

Telah ditemukan dalam penelitian bahwa hanya terjadi 77% pada pria yang telah mendapat terapi ekdokrin seperti tamoxifen yaitu untuk kanker yang terjadi pada mereka. Dalam penelitian juga telah menemukan, meskipun hanya 56% dari kanker didiagnosis pada saat tumornya masih sangat kecil, dan hanya 4% pada pria yang memiliki payudara operasi konvervasi.

Perbedaan Kanker Payudara Pada Pria dan Wanita

Perbedaan kanker payudara pada pria dan wanita berada pada proses cepat menyebarnya kanker tersebut. Meskipun kasus pada pria hanya 1:1000, tetapi resiko kematian yang diderita oleh pria jauh lebih besar dibandingkan dengan kasus pada wanita. Hal ini disebabkan oleh lapisan jaringan pada payudara pria lebih sedikit dari kaum wanita sehingga penyakit kanker payudara pada pria akan lebih cepat menyebar dibandingkan dengan wanita yang memiliki jaringan payudara yang tebal.

Selain itu juga, pada umumnya pria tidak terlalu memperhatikan bentuk payudara sehingga pada kasus kanker payudara pria telah ditemukan saat penderita sudah masuk stadium akhir. Hal tersebut juga mendorong perbedaan penyakit kanker pada pria dan wanita, karena kanker pada pria tidak akan merasakan gejala-gejala yang aneh, namun biasanya hanya memiliki tonjolan yang berada pada bawah puting. Berbeda dengan kanker payudara yang terjadi pada wanita, yang tonjolan tersebut dapat muncul pada sekitar payudara dan tidak selalu ada dibawah puting.

Meskipun mempunyai perbedaan, namun penyakit kanker tersebut bersifat penyebaran yang sama. Untuk cara mengobatinya sama yaitu dengan cara melalui pengangkatan jaringannya supaya tidak cepat menyebar luas. Selain itu juga dapat dilakukan dengan cara melalui medis seperti kemoterapi, radiasi, atau biopsi. Dan ada juga yang dibantu dengan pengobatan herbal. Jika terdapat benjolan pada sekitar payudara, diharuskan untuk segera diperiksa sebelum menjadi lebih parah.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan kanker payudara pada pria dan wanita. Jaga kondisi tubuh Anda sejak dini dengan melakukan pola hidup yang sehat dan baik, seperti makanan yang sehat, yang terdiri dari sayuran dan buah-buahan yang bernutrisi, supaya kita terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk kanker payudara. Semoga bermanfaat 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar
    Kanker usus besar merupakan salah satu jenis...
  • Mengatasi Mual Akibat Dari Efek Samping Kanker Serviks
    Sekitar 70% penderita kanker serviks cenderung mengalami...
  • Ternyata Ini Jenis Makanan yang Dapat Membersihkan Usus
    Usus yang sehat merupakan dasar dari tubuh...
  • Waspada Gaya Hidup Tak Sehat Beresiko Kanker Serviks
    Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit...
  • Tips Diet Untuk Menurunkan Resiko Penyakit Kanker Serviks
    Kanker serviks merupakan penyakit yang mematikan kedua...