Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Penyakit Kanker Adrenal : Jenis, Gejala, Penyebab

Diposkan oleh : Green World pada 11:50 am tanggal January 10, 2017

www.ahlikanker.com – Jenis penyakit kanker ini memang tidak banyak diketahui dikalangan masyarakat. Kanker adrenal masih ada hubungannya dengan tekanan darah tinggi. Jenis penyakit kanker ini merupakan suatu kondisi yang bisa saja terjadi karena seseorang mempunyai gaya hidup yang tidak baik. Melakukan diet dengan cara yang tidak benar, serta hidup didalam pekerjaan yang serba cepat dan juga faktor-faktor lainnya akan dapat membuat seseorang terserang hipertensi.

kanker adrenal

Kanker Adrenal merupakan keadaan tumor ganas tetapi cukup jarang terjadi, namun berpotensi terjadi juga pada penderita TBC pada jaringan adrenal. Dengan adanya hambatan autoimun juga dapat menjadi seseorang akan mengalami jenis penyakit kanker ini.

Tentang Penyakit Kanker Adrenal

Berikut terdapat hal-hal yang berhubungan dengan penyakit kanker adrenal, hal ini meliputi:

– Kanker adrenal merupakan jenis sel tumor yang cukup ganas dan terdapat pada kelenjar adrenal. Kelenjar adrenal ini merupakan organ endokrin yang mempunyai fungsi sangat penting dalam tubuh manusia, dan posisi dari kelenjar tersebut ada di dekat ginjal.

– Ukuran dari kelenjar adrenal sangat kecil, tetapi organ tersebut dapat tumbuh tumor dengan berbagai variasi.

– Bentuk tumor yang terdapat pada kelenjar mirip dengan kacang-kacangan atau dengan buah persik maupun dengan buah plum. Bisa juga berbentuk seperti buah melon atau apel. Penderita penyakit kanker ini sangat jarang di Indonesia, namun perlu Anda ketahui juga penyakit kanker ini memiliki peningkatan setiap tahunnya, sehingga kita harus tetap berwaspada.

– Pada kelenjar adrenal terdapat tumor yang berbentuk kecil, dan ada juga yang berbentuk sedang.

Jenis Kanker Adrenal

Kanker adrenal memiliki tiga jenis kanker, diantaranya:

1. Adrenocortical Carsinoma

Jenis kanker ini paling umum berkembang di wilayah korteks kelenjar adrenal, terutama sering ditemukan pada orang dewasa yang berusia sekitar 40 tahun.

2. Pheochromocytoma

Jenis ini merupakan penyakit yang langka dan dimulai medula adrenal, terutama pada sel-sel yang dapat menghasilkan epinefrin dan norepinefrin. Biasanya jenis kanker ini ditemukan pada orang yang berusia 30-40 tahun.

3. Neuroblastoma

Jenis kanker ini yang berkembang pada daerah medula kelenjar adrenal terutama dalam sel-sel saraf yang masih belum berkembang. Jenis kanker ini sangat umum terjadi pada anak-anak bahkan bayi yang didatangi dengan gejala sakit perut dan tulang.

Gejala Kanker Adrenal

Ada beberapa gejala yang terdapat pada penyakit kanker adrenal ini, antara lain:

– Hipertensi

Hipertensi juga diketahui memiliki istilah lain yaitu naiknya tekanan darah. Seseorang yang menderita kanker adrenal menandakan bahwa tubuhnya terjadi perubahan sel pheochromocytoma yang dimana penderita hipertensi menjadi gejala yang paling utama.

– Kelebihan Produksi Hormon

Tumor yang ada dalam tubuh adalah jenis tumor fungsional, maka hal ini bisa saja akan menimbulkan gejala seperti kelebihan produksi kortisol. Hal ini berawal dari kelainan yang berlebihan pada hormon dalam tubuh.

– Sakit Panggul dan Perut

Jenis tumor non-fungsional, terdapat gejala kelebihan hormon seperti yang sudah dijelaskan diatas tidak akan terjadi. Namun terdapat gejala lainnya yaitu rasa sakit pada bagian perut dan juga panggul.

– Jerawat Berlebihan

Masa pubertas dapat mengalami jerawat yang begitu hebat. Tetapi apabila terjadi jerawat yang berlebihan harus dicurigai sebagai salah satu gejala penyakit. Dan ini bisa terjadi pada jenis penyakit kanker adrenal. Karena hal ini juga ada hubungannya dengan gejala kelebihan produksi hormon dalam tubuh.

– Sakit Kepala

Gejala sakit kepala memang gejala paling utama dari penyakit hipertensi. Disaat seseorang tidak melakukan pola hidup yang tidak benar maka salah satu gejala ini pun akan terjadi, seperti melakukan makan yang berlebihan, kurang tidur, dan kurang olahraga.

– Rambut Rontok

Rambut rontok dengan tidak sewajarnya merupakan suatu gejala jenis penyakit, dan salah satunya yaitu penyakit kanker adrenal. Rontoknya rambut juga bisa terjadi karena adanya gangguan pada hormon.

– Berat Badan Tidak Stabil

Kita harus mewaspadai apabila berat badan kita tiba-tiba menjadi tidak stabil, karena hal ini bisa saja masih berkaitan dengan salah satu jenis penyakit, bahkan kemungkinan dapat mengarah pada penyakit kanker adrenal.

– Sesak Nafas

Karena tidak teraturnya metabolisme tubuh maka akan memicu jantung yang berdebar-debar, dan biasanya akan muncul dengan adanya sesak nafas.

Penyebab Kanker Adrenal

Setiap penyakit pasti memiliki penyebabnya, termasuk pada penyakit kanker adrenal ini. Dikarenakan jenis penyakit ini jarang terjadi di Indonesia, sehingga banyak warga yang belum mengetahui banyak apa itu kanker adrenal beserta penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab dari kanker adrenal dan harus kita waspadai, antara lain:

1. Faktor genetik

Seseorang yang menderita penyakit ini adalah genetik. Dikarenakan penyakit kanker tersebut akan mengalami mutasi gen sehingga dapat menurun pada gen yang nantinya akan menjadi tujuan mutasi tersebut.

2. TBC

Penyakit TBC juga menjadi faktor dari penyebab penyakit kanker adrenal. Apabila bakteri penyebab TBC pada kelenjar adrenal dapat terkendali maka fungsi kelenjar adrenal yang sudah kronis dapat berkurang.

3. Gangguan auto imun

Gangguan ini dapat menyebabkan kanker adrenal, karena adanya penyakit autoimun yang mendadak oleh atrofi korteks disebut dengan kanker yang sering terjadi. Sehingga gangguan ini dapat menyebabkan metabolisme menjadi tidak seimbang.

4. Metastasis

Tumor yang bersifat ganas lainnya mampu membelah diri dan juga tumbuh pada bagian kelenjar adrenal.

5. Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon pada wanita ataupun pria akan sangat mudah terserang penyakit ini. Maka dari itu sangat diperlukan pengobatan yang intensif pada yang mengalami ketidakseimbangan hormon dalam tubuhnya.

Jenis kanker adrenal ini sangat sulit didiagnosis ketika pada tahap awal. Namun pada saat penderita didiagnosis, kanker ini sudah menyebar pada daerah sekitarnya, serta mempengaruhi berbagai organ lain seperti pada hati, tulang dan juga rongga perut.

One response to “Penyakit Kanker Adrenal : Jenis, Gejala, Penyebab”

  1. […] Kanker Adrenal adalah jenis tumor uang terdapat pada bagian kelenjar adrenal. Meskipun bentuk dari kelenjar itu kecil, tetapi tumor yang telah tumbuh pada kelenjar tersebut memiliki banyak variasi seperti bentuk buah apel, buah persik, kacang-kacangan, melon, dll. Besarnya tumor biasanya memiliki diameter kurang dari 3 cm dan yang paling kecil 1 cm. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Kenali Sejak Dini Mutasi Gen Penyebab Kanker
    Kanker memang sering muncul tanpa diduga meskipun...
  • Jenis-jenis Pengobatan Penyakit Kanker Payudara Stadium 4
    Kanker payudara stadium 4 adalah fase yang...
  • Manfaat Buah Bit Untuk Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Buah bit merupakan buah yang...
  • Khasiat Daun Kelor Untuk Mengobati Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Daun kelor tidak hanya bermanfaat...
  • Kenali Pemberian Vaksin Sebagai Pencegah Kanker Serviks
    Kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit...