Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Pengertian Dari Penyakit Kanker Rhabdomyosarcoma

Diposkan oleh : Green World pada 10:46 am tanggal December 15, 2016

Tahukah Anda penyakit kanker Rhabdomyosarcoma???

rhabdomyosarcoma

Pengertian Rhabdomyosarcoma

Kanker jaringan lunak atau bisa disebut dengan Rhabdomyosarcoma adalah suatu jenis penyakit kanker yang terjadi pada bagian jaringan yang lunak bagian tubuh dan terdiri mulai dari bagian jaringan otot, connective tissue, tendon, bahkan bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh lainnya mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Jenis kanker jaringan lunak bisa termasuk pada kanker yang jarang ditemukan. Penyakit kanker jaringan lunak ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu kanker jaringan lunak jinak dan kanker jaringan lunak ganas.

Penyakit kanker Rhabdomyosarcoma biasanya sering terjadi pada anak-anak yang berusia kurang lebih 4 tahun, sedangkan pada orang dewasa berusia 45 tahun keatas. Tempat yang sering terjadi penyakit kanker ini paling umum sering ditemukan pada bagian kepala, leher, lengan, kantong kemih, vagina, kaki, dan bagian tubuh yang lainnya. Otot yang sering kita kendalikan seperti otot pada lengan atau kaki yang disebut dengan otot skeletal atau lurik. Sementara itu didalam Rhabdomyosarcoma terdapat sel kanker yang mirip dengan sel otot yang belum matang.

Sekitar kurang lebih 50% terdapat Epithelioid Tumor Prognosis yang terjadi penyakit kanker jaringan lunak dari semua tingkat kelangsungan hidup selama 5 tahun, namun prognosis juga tergantung pada invasi tumor serta organ sekitar pada tungkai. Apabila telah ditemukannya penyebaran maka harus dengan cepat melakukan pengobatan yang lebih efektif, sehingga dapat memperpanjang kelangsungan hidup penderita.

Jenis-jenis kanker jaringan lunak paling utama diantaranya:

~ Alveor RMS

Yaitu jenis kanker jaringan lunak yang paling umum terjadi pada remaja dan sering terjadi pada bagian lengan, dada, perut, dan tungkai. Tumor akan terus berkembang dengan sangat cepat, sehingga sulit untuk ditangani.

~ Pleomorphic RMS

Yaitu jenis Rhabdomyosarcoma yang biasanya sering terjadi pada orang dewasa, dan akan menyerang pada bagian otot di lengan dan tungkai.

~ Embryoanl RMS

Jenis yang paling umum terjangkit pada area kepala, leher, saluran kemih, atau pada genital. Jenis penyakit ini tergolong sangat agresif namun biasanya akan membaik dengan melakukan terapi yang telah diberikan. Jenis penyakit ini biasanya akan menyerang pada anak-anak berusia dibawah 6 tahun.

~ Botryoid

Yaitu jenis embryonal RMS yang akan menyerang pada orang dewasa yang berbentuk seperti anggur pada area vagina atau kandung kemih.

Gejala Rhabdomyosarcoma

Rhabdomyosarcoma mempunyai gejala yang berbeda-beda tergantung pada lokasi yang juga berbeda. Akan ada sebuah benjolan tumor yang dapat terlihat, atau bahkan sebaliknya yang berada dibagian dalam tubuh sehingga tidak dapat menunjukkan gejala yang signifikan ataupun bahkan tidak ada.

Berikut terdapat gejala yang mungkin akan muncul pada area tubuh tertentu, seperti:

Kepala, akan terjadi gejala seperti sakit kepala, mata yang menonjol, atau kelopak mata yang menurun

Vagina, gejala yang akan muncul berupa pertumbuhan pada massa polypoid(polip)

Rahim dan leher rahim, gejala yang akan muncul seperti pendarahan menstruasi(menorrhagia), atau siklus haid yang tidak teratur(metrorrhagia)

– Muncul benjolan tetapi tidak terasa nyeri yang terdapat pada lengan, tungkai/ekstremitas, dan paratestikular

– Akan muncul berupa kencing mengandung darah(hematuria) pada kandung kemih

– Penonjolan bola mata serta gerakan pada bola mata yang tidak normal yang terdapat pada area mata/orbit

Parameningeal, yang akan muncul berupa nyeri pada saluran pernafasan seperti area rongga hidung, area telinga, rongga sinus dekat hidung, pterigopalatina, dan fossa infratemporal.

Gejala tersebut akibat dari penyebaran sel kanker dari organ asalnya tetapi bisa juga muncul dalam bentuk rasa ngilu atau sakit pada bagian tulang, sesak nafas, anemia, dan neutropenia.

Penyebab Rhabdomyosarcoma

Untuk penyebab para peneliti juga masih belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan dari penyakit kanker jaringan lunak, seperti:

1. Faktor kelainan bawaan

Sebagian besar lesi ditemukan pada saat lahir. Pertumbuhan lesi vaskular pediatrik yang secara profesional dan tidak ada riwayat dari pertumbuhan yang sangat cepat. Hemangioma akan sering terjadi pada bayi dan anak-anak.

2. Tubuh stimulasi asing

Benda asing yang dalam jangka waktu panjang akan memberikan suatu rangsangan fisik tubuh yang akan menyebabkan kanker jaringan lunak, kejadian ini telah dilakukan percobaan dan pengamatan pada hewan.

3. Rangsangan zat kimia

Telah ditemukan dari survei epidemiologi bahwa terdapat jumlah yang kecil dari paparan jangka panjang yang akan mengakibatkan angiosarcoma hati.

4. Trauma luka

Penyakit kanker Rhabdomyosarcoma akan mnegakibatkan trauma luka karena memiliki sejarah yang jelas.

5. Genetik familial

Banyaknya sel tumor yang menunjukan kelainan kromosom. Adanya faktor keturunan dari kejadian kanker manusia yang lebih tinggi dari orang yang normal.

Beberapa faktor dari lingkungan juga akan mengakibatkan resiko terkena penyakit Rhabdomyosarcoma.

One response to “Pengertian Dari Penyakit Kanker Rhabdomyosarcoma”

  1. […] Kanker jaringan lunak atau juga bisa disebut dengan Kanker Rhabdomyosarcoma adalah jenis penyakit kanker yang cukup ganas terjadi pada jaringan lunak yang ada pada bagian tubuh yang terdiri dari bagian jaringan otot, tendon, dan juga connective tissue. Penyakit kanker ini jarang ditemukan, namun penyakit ini biasanya akan menyerang pada anak-anak yang berumur sekitar 4 tahun, tetapi tidak ada kemungkinan pada orang dewasa juga beresiko terkena penyakit ini sekitar umur kurang lebih 45-50 tahun. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar
    Kanker usus besar merupakan salah satu jenis...
  • Mengatasi Mual Akibat Dari Efek Samping Kanker Serviks
    Sekitar 70% penderita kanker serviks cenderung mengalami...
  • Ternyata Ini Jenis Makanan yang Dapat Membersihkan Usus
    Usus yang sehat merupakan dasar dari tubuh...
  • Waspada Gaya Hidup Tak Sehat Beresiko Kanker Serviks
    Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit...
  • Tips Diet Untuk Menurunkan Resiko Penyakit Kanker Serviks
    Kanker serviks merupakan penyakit yang mematikan kedua...