Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Mengetahui Proses Tumbuhnya Penyakit Kanker Pada Tubuh Manusia

Diposkan oleh : Green World pada 10:24 am tanggal February 16, 2017

mengetahui tumbuhnya kanker

www.ahlikanker.com – Sebelumnya kita telah mengetahui apa sebenarnya kanker itu, penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang karena penyakit kanker ini bisa menyerang pada siapa saja baik orang dewasa bahkan anak-anak sekalipun. Seperti yang telah disampaikan oleh Kementrian Kesehatan RI pada situs resminya, yang telah dilakukan Riset Kesehatan Dasar (riskedas) pada tahun 2013 mencatat bahwa prevalensi tumor dan kanker di Negara Indonesia telah mencapai kurang lebih 1.4 disetiap 1000 penduduk, yang berarti ada kira-kira 330.000 orang yang telah didiagnosis dengan tumor atau kanker dalam setiap tahunnya. Untuk itu kita harus mengetahui serta memahami mengenai penyakit kanker dan proses tumbuhnya kanker dalam tubuh.

Kanker adalah jenis penyakit yang pertumbuhannya tidak normal yang berasal dari karsinogen (penyebab terjadinya kanker). Karsinogen akan beraksi dengan DNA sehingga akan mengalami perubahan. Satuan terkecil dari DNA yaitu gen dan akan terjadi suatu perubahan gen atau mutasi gen dan muncullah kanker. Kanker dapat muncul pada bagian tubuh manusia mana saja, maka dari itu terdapat banyak sekali jenis-jenis penyakit kanker yang telah ditemui pada tubuh manusia, seperti kanker payudara, kanker leukimia, kanker rahim, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker tulang, ataupun kanker kulit.

Apakah setiap orang mempunyai sel kanker?

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa sebenarnya dalam setiap orang itu memiliki sel kanker dalam tubuhnya. Namun masalahnya apakah sel tersebut akan bertumbuh dan hidup menjadi kanker sehingga akan menyerang organ tubuh tertentu. Tetapi faktanya bahwa sel kanker tidak akan hidup pada setiap tubuh manusia. Dalam setiap orang memang memiliki sel dengan DNA yang rusak, akan tetapi pada tubuh memiliki sistem otomatis yang akan membunuh sel-sel rusak sebelum sel tersebut tumbuh dan berkembang menjadi sel kanker. Jadi dalam keadaan tubuh normal, maka tubuh manusia bersih dari sel kanker.

Penyebab Kanker

Dalam perubahan yang terjadi pada sel paling utama yaitu disebabkan oleh paparan sinar UV, sinar X, dan bahan-bahan kimia yang menyebabkan kanker seperti Benzopyrene yaitu zat bahagia yang terjadi adanya pembakaran, yang biasa ditemukan pada produk yang dimasak dengan api atau pengasapan. Sehingga jenis kimia ini akan mengakibatkan timbulnya sebuah zat tertentu dan bisa mengikat DNA yang kemudian terjadilah perubahan pada struktur DNA.

Yang selanjutnya yaitu seseorang yang sering mengonsumsi tembakau atau rokok, sehingga akan menjadi semakin tinggi resiko dari zat-zat penyabab kanker yang telah ia hisap tersebut, sehingga akan menjadikan perubahan struktur dalam gen.

Berikutnya akan semakin bertambah dengan pertambahan usia, karena hal ini diakibatkan tubuh seseorang yang semakin berumur dalam bekerja akan tidak seoptimal dulu, sehingga hal ini akan dengan mudah memicu terjadinya kesalahan pada pembelahan sel.

Mekanisme terjadinya kanker ada 3 tahap perubahan ,diantaranya:

– Tahap Inisiasi

Sel normal akan berpotensi berubah menjadi sel kanker yang diakibatkan oleh rangsangan karsinogen sebagai inisiator. Inisiator ini dapat merubah DNA melalui metabolisme sel sehingga DNA akan pecah. Dan ditahap ini perubahan akan bersifat ireversibel.

– Tahap Promotor

Karsinogen ini akan mengubah setiap sel terinisiasi menjadi sel kanker dan bersifat reversibel.

– Tahap Perubahan Menetap (Progresif)

Tahap ini akan terjadi pembelahan sel yang tidak terkendali dan tanpa memerlukan inisiator maupun promotor. Karena sel ini akan menghasilkan faktor angiogenesis yaitu pertumbuhan vaskuler untuk nutrisi sel kanker.

Terjadinya perubahan sel normal

Terdapat 4 golongan gen yang mengatur pertumbuhan normal, yaitu:

* Gen pertumbuhan yaitu proto onkogen
* Gen penghambat pertumbuhan yaitu anti onkogen atau cancer supresor gen
* Gen kematian sel atai apoptosis
* Gen memperbaiki kerusakan DNA / gen perbaikan DNA.

Tumbuhnya Kanker Dalam Sel Tubuh Manusia

Sel yang sehat terdapat pada nukleus yang berfungsi sebagai sistem pusat. Nukleus ini akan menampung kromosom yang terbentuk dari rangkaian DNA yang didalamnya terkandung ribuan gen yang akan memberikan sebuah intruksi pada sel untuk menjalankan fungsinya pada organ tubuh yang dimana tempat sel itu hidup. Nukleus tersebut akan menjadi rumah bagi banyaknya ribuan gen ini dan akan menentukan jenis sel yang dibutuhkan oleh organ tubuh tertentu, kapan sel membelah diri, dan sel mana yang harus digantikan.

Mutasi gen yang berbeda-beda akan berpotensi tumbuh menjadi sel kanker. Dan proses ini berlangsung sampai bertahun-tahun hingga sel tersebut membelah diri dan terbentuklah sel kanker yang cukup besar. Yang kemudian barulah berbagai gejala muncul dan sel-sel akan tampak pada tubuh.

Sedangkan kasus kanker pada anak, kerusakan gen sudah terjadi sejak ada dalam kandungan, sehingga proses terbentuknya kanker tidak akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Penyebaran Kanker

Pada sel utama yang telah mengalami gen dan tumbuhnya menjadi kanker biasanya akan hanya menyerang pada satu organ tubuh sel hidup. Tetapi apabila jika tidak terkendalikan maka sel kanker akan menyebar bahkan menyerang pada organ tubuh yang lainnya melalui darah atau kelenjar getah bening. Dalam proses penyebaran ini disebut dengan metastasis kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Khasiat Buah Nanas Untuk Membasmi Penyakit Kanker
    Jika makan nanas, pada bagian tengahnya dibuang...
  • Efek Samping Melakukan Pengobatan Kemoterapi
    Kemoterapi atau yang biasa disebut dengan kemo...
  • Manfaat dan Jenis Olahraga Untuk Mantan Penderita Kanker
    www.ahlikanker.com – Seseorang yang telah berhasil sembuh...
  • Perbedaan Antara Kanker Payudara Pada Pria dan Wanita
    www.ahlikanker.com – Apa sebenarnya yang menjadi perbedaan...
  • Ketahui Faktor Pemicu Penyakit Leukemia Pada Anak
    www.ahlikanker.com – Hampir 60% penyakit yang dialami...