Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Mengatasi Mual Akibat Dari Efek Samping Kanker Serviks

Diposkan oleh : Green World pada 11:05 am tanggal September 26, 2017

Sekitar 70% penderita kanker serviks cenderung mengalami mual. Mual yang bisa timbul akibat dari efek samping dari pengobatan atau bagian dari tanda-tanda kanker itu sendiri. Selain menggunakan obat-obatan dalam mengatasinya, tidak ada salahnya untuk melakukan pengobatan dengan cara alami dalam meredakan mual akibat dari kanker serviks tersebut.

mengatasi mual akibat kanker serviks

Ada beberapa cara alami untuk mengatasi mual akibat kanker serviks :

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu ramuan herbal yang dapat membantu dalam mengatasi mual. Selain itu jahe juga dapat membantu menetralkan asam lambung dengan meningkatkan produksi berbagai enzim pencernaan. Kandungan fenol yang ada pada jahe berperan sebagai obat penenang untuk jaringan lambung yang teriritasi. Fenol tersebut mampu melepaskan racun yang ada didalam tubuh dengan cepat dan mendukung dalam pencernaan makanan pada lambung, sehingga penderita akan merasa lebih baik. Jahe yang digunakan bis dengan berbentuk jamu, suplemen makanan, atau yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap makanan. Anda juga bisa menikmati secangkir teh jahe untuk meredakan rasa mual.

2. Peppermint

Peppermint yang bersifat menenangkan sehingga lambung dapat menggerakan makanan menjadi lebih lancar. Peppermint merupakan bahan herbal yang sering digunakan untuk mengobati rasa mual, baik pada daun ataupun minyak peppermint yang sangat bermanfaat dalam mengatasi gangguan pencernaan serta sindrom iritasi usus. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengatasi mual akibat efek samping kanker serviks dengan cara menghirup aromaterapi atau dengan minum teh peppermint. Bahan herbal ini sangat aman digunakan bagi sebagian orang termasuk pada ibu hamil, tetapi tidak bagi penderita penyakit refluks gastroesophageal penggunaan peppermint sangat tidak disarankan.

3. Akupresur

Akupresur merupakan pengobatan alternatif yang melibatkan pemberian suatu tekanan lembut tetapi bertenaga pada bagian tertentu yaitu pada area tangan dan kaki yang berhubungan dengan bagian tubuh yang merasa sakit. Pada metode ini bisa berpengaruh untuk kebanyakan tanda-tanda atau gejala kanker serviks termasuk mual. Menurut penelitian menyatakan bahwa pemanfaatan suatu tekanan pada titik-titik tubuh tertentu dapat melepaskan hormon serotonin dan endorfin yang dapat membantu relaksasi tubuh serta dapat melepaskan hormon lainnya yang dapat merugikan.

| Baca juga : Obat Kanker Serviks Gejala Awal dan Penyebabnya

4. Ngemil

Menurut para ahli gizi manganjurkan bahwa bagi Anda untuk membagi menu makanan menjadi beberapa porsi kecil namun harus berkelanjutan bertujuan untuk mempertahankan cara kerja lambung serta mencegah rasa mual akibat dari kanker serviks. Perut kosong cenderung akan lebih mudah menimbulkan mual karena perut tidak ingin mengonsumsi makanan ataupun minuman yang sehat. Pada cemilan yang menghasilkan air liur dan juga cairan lambung seperti minuman yang mengandung chamomile atau lemon tea dapat membantu meredakan rasa mual.

5. Mengubah Posisi Tubuh

Pusing atau perasaan ingin pingsan yang dapat menyebabkan rasa mual atau akibat dari gangguan sirkulasi darah. Dengan mengubah posisi tubuh maka dapat membantu mengurangi rasa mual, sehingga tubuh akan memompa darah dengan lebih lancar pada area yang memerlukannya. Aliran darah yang lancar akan memasok pada asupan oksigen pada organ otak yang membuat lebih segar. Posisi tubuh yang baik dalam mengatasi rasa mual akibat kanker serviks seperti posisi telentang dan bersandar.

Rasa mual akibat dari kanker serviks bukan suatu masalah yang serius karena dapat mengatasinya dengan cara alami. Tetapi jika rasa mual tidak kunjung membaik atau bahkan sudah dilakukan dengan berbagai cara, maka untuk segera konsultasikan pada dokter supaya mendapatkan bantuan yang tepat.

One response to “Mengatasi Mual Akibat Dari Efek Samping Kanker Serviks”

  1. […] itu juga, olahraga dapat membantu untuk memperbaiki mood, mengurangi kelelahan yang menjadi efek samping dari operasi besar, dan meningkatkan rasa percaya diri. Nah, dari itulah mengapa olahraga juga […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Jenis Olahraga yang Dapat Dilakukan Setelah Operasi Kanker Serviks
    www.ahlikanker.com – Melakukan olahraga setelah operasi kanker serviks...
  • Mengenal Pengobatan Imunoterapi Untuk Penderita Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya...
  • Ketahui Tahapan Stadium Kanker Usus Besar Sejak Dini
    Kanker usus besar hanya bisa didiagnosis dengan...
  • Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar
    Kanker usus besar merupakan salah satu jenis...
  • Mengatasi Mual Akibat Dari Efek Samping Kanker Serviks
    Sekitar 70% penderita kanker serviks cenderung mengalami...