Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Manfaat dan Jenis Olahraga Untuk Mantan Penderita Kanker

Diposkan oleh : Green World pada 1:31 pm tanggal March 29, 2017

olahraga mantan penderita kanker

www.ahlikanker.com – Seseorang yang telah berhasil sembuh dari penyakit kanker serta selesai juga dalam menjalani pengobatan bukan berati orang tersebut sudah bebas untuk melakukan bermacam hal apapun, serta tidak memiliki resiko apapun. Justru terdapat berbagai pantangan dan juga anjuran yang harus dilakukan oleh mantan penderita kanker, dalam mencegah kambuhnya penyakit kanker yang bisa saja terjadi, dan tentunya untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Dan salah satunya yaitu dengan cara melakukan aktivitas olahraga.

Namun sampai saat ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa bagi mantan penderita kanker tidak boleh merasa kelelahan atau menjadi letih, sehingga untuk aktivitas fisik mereka sangat dibatasi. Padahal sebaliknya, dengan aktivitas olahraga dengan cara rutin memiliki banyak manfaat bagi mantan penderita kanker. Lalu apa saja sih manfaat melakukan olahraga bagi mantan penderita kanker? Dan jenis olahraga apa yang baik dan cocok untuk mantan penderita kanker?

Manfaat Olahraga Bagi mantan Penderita Kanker

– Olahraga akan membuat mantan penderita kanker menjadi hidup normal kembali

Mantan penderita kanker yang telah berhasil dalam melewati pengobatan kanker, tentunya sangat ingin hidup normal kembali seperti pada orang lain. Dalam pengobatan kanker yang telah dilakukan memang akan membuat mereka terlepas dari serangan kanker tersebut, akan tetapi juga akan menimbulkan berbagai macam efek samping yang dapat menyebabkan kualitas hidup mereka menjadi menurun, penurunan kemampuan, mudah lelah, dan kekuatan fisik.

Namun bagi para mantan penderita kanker juga sangat perlu untuk melakukan aktivitas fisik meskipun dalam intensitas yang sangat ringan. Dengan melakukan aktivitas tersebut maka akan mengembalikan kekuatan serta massa otot yang telah hilang saat sedang menjalani proses pengobatan.

– Olahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pada umumnya mantan penderita kanker memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah akibat dari menjalani pengobatan. Salah satu cara untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh menjadi normal yaitu dengan melakukan olahraga secara rutin.

Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian bahwa mantan penderita kanker payudara yang melakukan olahraga dengan cara rutin, akan lebih bertahan terhadap berbagai penyakit dibandingkan dengan seorang mantan penderita kanker payudara yang tidak melakukan olahraga secara rutin.

– Mengurangi stress, membuat suasana hati menjadi bahagia

Hampir semua mantan penderita kanker akan memiliki ketakutan serta kecemasan yang sangat besar terkait kekambuhan yang mungkin saja akan terjadi. Karena hal ini bisa membuat mereka menjadi stress, emosi yang tidak stabil, dan akan merasa takut sepanjang hari. Tetapi dengan melakukan aktivitas olahraga dengan rutin maka pikiran pun akan merasa tenang dan teralihkan.

Itulah beberapa manfaat dengan melakukan olahraga bagi mantan penderita kanker.

Menurut American College of Sports Medicine (ACSM) menyatakan bahwa mantan penderita kanker sangat dianjurkan untuk tidak pasif dalam melakukan aktivitas olahraga fisik. Kurangnya aktivitas fisik justru akan membuat resiko menjadi penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, diabetes, stroke, serta serangan jantung akan menjadi lebih besar.

Jika mantan penderita kanker merasa kelelahan maka hal tersebut juga sangat dimaklumi dan sebaiknya tidak melakukan olahraga. Dari kemampuan mantan penderita kanker memang berbeda dengan orang yang sehat, meskipun telah berhasil dalam menjalani pengobatan.

Jenis-jenis olahraga bagi mantan penderita kanker

Jenis olahraga yang dianjurkan bagi mantan penderita kanker dengan intesitas sedang dan intesitas berat, yaitu :

  • Berjalan santai
  • Melakukan aktivitas berkebun
  • Tenis

Sedangkan olahraga yang dapat membuat kita bisa mengatakan beberapa kata saja tanpa melakukan berhenti untuk menarik nafas termasuk pada jenis olahraga yang intesitasnya berat, seperti :

  • Berenang
  • Aerobik
  • Mendaki gunung
  • Jogging
  • Melompat tali
  • Bersepeda

Nah, itulah manfaat serta jenis-jenis olahraga bagi mantan penderita kanker yang harus rutin dilakukan supaya tubuh pun akan bugar. Semoga bermanfaat 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Kenali Sejak Dini Mutasi Gen Penyebab Kanker
    Kanker memang sering muncul tanpa diduga meskipun...
  • Jenis-jenis Pengobatan Penyakit Kanker Payudara Stadium 4
    Kanker payudara stadium 4 adalah fase yang...
  • Manfaat Buah Bit Untuk Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Buah bit merupakan buah yang...
  • Khasiat Daun Kelor Untuk Mengobati Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Daun kelor tidak hanya bermanfaat...
  • Kenali Pemberian Vaksin Sebagai Pencegah Kanker Serviks
    Kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit...