Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Makanan Yang Menjadi Pantangan Bagi Penderita Penyakit Kanker

Diposkan oleh : Green World pada 4:03 pm tanggal November 14, 2016

Seseorang divonis menderita suatu jenis kanker, maka ia harus menjalani perawatan khusus untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Untuk menguatkan stamina dalam melawan penyakit harus ada asupan makanan yang sehat dan bernutrisi. Meskipun ada pasien yang sering kesulitan saat menelan makanan tetapi pasien harus tetap mengkonsumsi makanan sehat supaya staminanya tetap terjaga dengan baik.

pantangan makanan

 

Terjadi pro dan kontra mengenai apa saja makanan yang menjadi pantangan bagi penderita penyakit kanker. Kebanyakan orang setuju bahwa penderita kanker harus berpantang beberapa jenis makanan tertentu. Tetapi ada juga yang tidak setuju bahwa penderita kanker boleh mengkonsumsi makanan apa saja yang diinginkan. Ternyata makanan yang dikonsumsi bagi penderita kanker sangat berpengaruh besar terhadap kesembuhannya.

Berikut Adalah Beberapa Jenis Makanan Yang Menjadi pantangan Bagi Penderita Penyakit Kanker:

1. Aneka Daging-dagingan

> Aneka daging seperti daging sapi, kambing dan kerbau adalah makanan yang menjadi pantangan bagi penderita penyakit jenis kanker.
> Seafood seperti udang, kepiting, cumi, dan kerang karena mengandung lemak yang tinggi. Jadi penderita kanker atau tumor harus mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi karena sel kanker dapat tumbuh berkembang.
> Ikan asin di olah dari bahan yangtidak segar sehingga menjadi bahan yang mengundang imunitas tubuh. Sehingga mengakibatkan gatal-gatal, meriang, dan bengkak. Ikan asin dapat menyebabkan gangguan jaringan tubuh, permukaan akan luka, sampai pendarahan.

2. Makanan Yang Dibakar atau Diawetkan

Makanan yang dibakar di bagian yang gosong mengandung zat karsinogen, sedangkan yang dibakar mengandung senyawa kimia yang akan berubah menjadi karsinogenaktif.

Beberapa Jenis Makanan Yang Harus Dikonsumsi Oleh Penderita Penyakit Kanker:

1. Buah-buahan

Buah-buahan mempunyai nutrisi dan energi yang dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan sehat. Berikut ada beberapa jenis buah-buahan yang harus dikonsumsi bagi penderita kanker:

> Apel
Buah apel bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi kebal terhadap serangan penyakit. Dari kulit apel dapat membantu dalam menghambat produksi protein pemicu kanker dan menekan respon tumor pada hormon wanita.

> Jeruk
Jeruk biasa akan vitamin C yang dapat membantu mencegah kanker secara alami.

> Kiwi
Salah satu buah terbaik yang merupakan gudangnya vitamin C lebih bahkan lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk.

> Pepaya
Buah pepaya ini juga mengandung vitamin C yang mampu menutrisi absorsi nitrosamines yang berasal dari makanan olahan dan bekerja sebagai antioksidan. Buah ini juga mengandung asam folat .

> Anggur
Kulit buah anggur mengandung sumber antioksidan yang disebut resveratol. Sumber ini terdapat pada jus anggur dan anggur merah.

> Naga
Buah naga terbukti akan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker. kandungan nutrisi yang ada dalam buah naga memiliki khasiat untuk mencegah penyakit kanker.

> Berry
Buah ini mempunyai kandungan antioksidan yang disebut pterostilbene yang berguna untuk mencegah serta membunuh sel-sel kanker yang menggandakan diri, seperti buah strawberry, blueberry, chanberry, dan raspberry.

2. Sayuran

Sayuran merupakan makanan yang penting bagi kesehatan tubuh, tetapi tidak semua sayuran yang harus dikonsumsi oleh penderita kanker. Sayuran tersebut antara lain:

> Bayam
Kandungan yang dimiliki bayam dapat melawan kanker yang disebut karoteoid yang artinya bisa menjadi zat yang memperhambat sehingga mengurangi tumbuhnya sel abnormal yang akan mangakibatkan kanker dalam tubuh kita.

> Kubis atau Kol
Jenis sayuran ini memiliki sumber makanan yang baik seratnya. Serat tersebut penting dalam memastikan sistem pencernaan tubuh yang berfungsi pada tingkat optimal, dan memiliki mandfaat untuk kesehatan lainnya.

> Brokoli
Salah satu jenis tanaman yang mengandung nutrisi untuk pertumbuhan anak. Tanaman ini juga baik untuk kesehatan mata, menurunkan kolesterol, mencegah dan mengobati penyakit jantung, dan bermanfaat juga untuk kesehatan tulang dan gigi.

> Tomat
Tomat dapat melindungi pria dari penyakit kanker prostat, dan dapat mencegah kerusakan yang menyebabkan kanker.

3. Teh Hijau

Teh hijau juga telah direkomendasikan sebagai minuman untuk penderita penyakit kanker, karena teh hijau dapat membantu melawan sel berbahaya penyebab kanker, serta teh hijau ini kaya antioksidan.

 

Demikian daftar makanan yang menjadi pantangan bagi penderita penyakit kanker. Pastikan Anda selalu mengkonsumsi makanan yang sehat agar kita jauh dari berbagai serangan penyakit lainnya. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Jenis Olahraga yang Dapat Dilakukan Setelah Operasi Kanker Serviks
    www.ahlikanker.com – Melakukan olahraga setelah operasi kanker serviks...
  • Mengenal Pengobatan Imunoterapi Untuk Penderita Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya...
  • Ketahui Tahapan Stadium Kanker Usus Besar Sejak Dini
    Kanker usus besar hanya bisa didiagnosis dengan...
  • Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar
    Kanker usus besar merupakan salah satu jenis...
  • Mengatasi Mual Akibat Dari Efek Samping Kanker Serviks
    Sekitar 70% penderita kanker serviks cenderung mengalami...