Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar

Diposkan oleh : Green World pada 3:39 pm tanggal October 13, 2017

Kanker usus besar merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang menyerang pada usus besar atau pada bagian sistem pencernaan manusia. Seperti kebanyakan dari kasus kanker lainnya, pada kasus kanker usus besar ini tidak diketahui banyak. Tetapi terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan seseorang beresiko terkena penyakit kanker usus besar ini. Seperti halnya pada riwayat kanker keluarga, merokok, berat badan yang berlebihan, hingga pada pola makan yang tidak mengandung nutrisi seperti tingginya lemak dan rendah serat.

Tidak ada cara yang terbukti dapat mencegah penyakit tersebut dengan sepenuhnya, akan tetapi ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam mengurangi resiko dari penyakit kanker usus besar ini. Apa saja?

tips mencegah kanker usus besar

Berikut beberapa tips yang dapat dilalukan untuk mencegah kanker usus besar :

  • Melakukan skrining sejak dini

Skrining yaitu suatu proses pemeriksaan kanker atau pra kanker pada orang yang tidak mengalami tanda-tanda penyakit ini. Skrining rutin kanker kolorektal yang merupakan salah satu alat terkuat yang bertujuan untuk mencegah kanker usus besar.

Sel abnormal yang mulai tumbuh sebagai polip kolorektal, biasanya diperlukan waktu sekitar 10 hingga 15 tahun dalam berkembang menjadi sel kanker. Dari sinilah peran skrining rutin ini bisa sepenuhnya mencegah kanker usus besar dalam kebanyakan kasus. Hal ini dikarenkan pada sebagian besar polip dapat ditemukan serta diangkat sebelum memiliki kesempatan dalam merubah menjadi kanker. Namun penggunaan skrining juga dapat berdampak pada penemuan kanker kolorektal lebih awal, dan penyakit ini masih mungkin dapat disembuhkan sepenuhnya.

  • Rubah pola makan dan asupan suplemen

Makanan yang memiliki lemak tinggi dan rendah serat merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam meningkatnya penyakit kanker usus besar. Maka dari itu perbanyak makanan yang mengandung nutrisi seperti sayuran dan buah-buahan, serta usahakan untuk mengurangi konsumsi daging merah supaya dapat membantu dalam mengurangi resiko penyakit kanker usus besar. Menurut penelitian yang telah dilakukan bahwa, seseorang yang mengonsumsi suplemen kalsium dan juga vitamin D maka memiliki resiko lebih rendah untuk mengalami kanker kolorektal.

  • Tes genetik

Jika Anda memiliki riwayat polip kolorektal atau kanker di salah satu keluarga Anda, sebaiknya untuk segera konsultasikan pada dokter. Karena kanker turunan dari kerabat atau keluarga seperti pada orang tua atau saudara lainnya merupakan tingkat pertama yang sangat paling mengkhawatirkan, namun kanker dalam kerabat jauh juga merupakan suatu hal yang penting.

  • Konsumsi obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID)

Menurut beberapa penelitian menunjukan bahwa obat pereda nyeri (NSAID) ternyata dapat mengurangi perkembangan polip pada seseorang dengan riwayat kanker kolorektal ataupun polip. Akan tetapi jika mengonsumsi obat tersebut secara rutin bisa menyebabkan dampak yang cukup besar, termasuk terjadinya pendarahan pada dinding lambung dan juga pembekuan darah sehingga menyebabkan stroke atau serangan jantung. Maka dari itu, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

One response to “Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar”

  1. […] Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Jenis Olahraga yang Dapat Dilakukan Setelah Operasi Kanker Serviks
    www.ahlikanker.com – Melakukan olahraga setelah operasi kanker serviks...
  • Mengenal Pengobatan Imunoterapi Untuk Penderita Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya...
  • Ketahui Tahapan Stadium Kanker Usus Besar Sejak Dini
    Kanker usus besar hanya bisa didiagnosis dengan...
  • Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar
    Kanker usus besar merupakan salah satu jenis...
  • Mengatasi Mual Akibat Dari Efek Samping Kanker Serviks
    Sekitar 70% penderita kanker serviks cenderung mengalami...