Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Ketahui Tahapan Stadium Kanker Usus Besar Sejak Dini

Diposkan oleh : Green World pada 2:43 pm tanggal November 7, 2017

Kanker usus besar hanya bisa didiagnosis dengan melalui pemeriksaan pada jaringan usus. Biopsi yang berperan cukup penting dalam mendiagnosis kanker usus besar. Sebelum merencanakan dalam pengobatan, maka diharuskan terlebih dahulu untuk mengetahui definisi mengenai stadium kanker usus besar beserta gejalanya.

tahapan kanker usus besar

Stadium kanker usus yang dimulai dari stadium 0 sampai stadium 4. Pada stadium 0 tersebut disebut dengan stadium dini atau awal, sedangkan pada stadium 4 disebut dengan stadium akut. Pada sebagian orang tidak mengetahui apa saja ciri dari penyakit tersebut, dan apa saja yang dirasakannya sehingga banyak orang yang mengalami penyakit tersebut berobat ketika mereka sudah ada pada stadium lanjut. Hal tersebut sangat sering terjadi di Negara berkembang seperti Amerika dan Eropa. Karena masyarakat Amerika dan Eropa sangat rentan terkena penyakit kanker usus besar karena kebiasaan mereka mengonsumsi minuman alkokol dan daging merah, seperti sosis, steak, atau hotdog. Daging merah merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya kanker usus besar.

Tanda-tanda dari setiap stadium kanker usus berbeda-beda. Namun yang harus diketahui oleh masyarakat yaitu ciri dan juga gejala dari setiap stadium kanker usus sehingga ketika seseorang merasakan hal tersebut, bisa langsung mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.

Berikut Tahapan Kanker Usus Besar

1. Stadium 0

Pada tahapan stadium 0, sel-sel yang abnormal ditemukan pada lapisan terdalam di bagian usus besar. Sel-sel abnormal tersebut bisa berubah menjadi kanker bahkan dapat menyebar pada jaringan normal terdekatnya. Stadium 0 juga disebut dengan karsinoma in situ.

2. Stadium 1

Pada tahapan stadium 1, kanker telah berbentuk dan juga menyebar dari lapisan jaringan terdalam bagian dinding usus besar lapisan tengah.

3. Stadium 2

Dalam tahapan stadium 2 ini, kanker usus dibagi menjadi 3 bagian, diantaranya :

  • Stadium 2A, yaitu kanker yang telah menyebar dan menembus pada lapisan otot ke serosa (lapisan terluar) dinding usus besar.
  • Stadium 2B, yaitu kanker yang telah menyebar dan menembus pada serosa (lapisan terluar) dinding usus besar namun masih belum menyebar pada organ terdekatnya.
  • Stadium 2C, yaitu kanker yang telah menyebar dan menembus pada serosa (lapisan terluar) dinding usus besar pada organ terdekatnya.

4. Stadium 3

Pada tahapan 3 ini, kanker usus besar juga dibagi menjadi 3 bagian, antara lain :

  • Stadium 3A, yaitu kanker yang telah menyebar dari lapisan jaringan di bagian dinding usus besar ke lapisan tengah dan menjalar ke bagian kelenjar getah bening.
  • Stadium 3B, yaitu kanker yang menyebar ke sebanyak 3 kelenjar getah bening terdekat serta telah menjalar pada bagian sebagai berikut :

* Keluar lapisan jaringan tengan di bagian dinding usus besar, atau
* Ke jaringan terdekat di sekitar usus besar atau rektum, atau
* Keluar dinding usus besar kedalam organ yang terdekat atau menembus pada peritoneum

  • Stadium 3C, yaitu kanker yang menyebar pada 4 atau lebih kelenjar getah bening bahkan telah menjalar pada bagian sebagai berikut :

* Menembus lapisan jaringan tengah di bagian dinding usus besar, atau
* Pada jaringan terdekat di sekitar usus besar atau rektum.

5. Stadium 4

Pada tahapan ini, mungkin kanker sudah menyebar pada bagian kelenjar getah bening terdekatnya serta telah menjalar pada bagian tubuh lainnya seperti hati atau paru-paru.

Pengobatan

Dalam pengobatan tahapan ini hanya dilakukan supaya sel kanker yang sudah menyerang tidak menimbulkan kerusakan atau komplikasi. Biasanya komplikasi yang terjadi seperti kerusakan pada hati, kerusakan paru-paru, atau tumor pada ovarium. Pengobatan yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut :

  • Sel kanker yang tumbuh didalam hati dapat dilakukan dengan melakukan tindakan radiofrequency ablation (penghancuran tumor dengan reaksi panas), kemoterapi (intra-arteri), atau cryotherapy (penghancuran tumor dengan cara pembekuan).
  • Sel kanker yang tidak dapat dilakukan dengan cara pembedahan, kemoterapi atau radiasi. Radiasi atau kemoterapi bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran sel kanker dengan lebih luas. Tetapi semua pengobatan tersebut hanya berguna untuk memperpanjang usia penderita bukan untuk menyembuhkan secara total pada penderita. Hal tersebut disebabkan karena sel kanker sudah sangat menyebar ketika telah memasuki pada tahapan stadium 4 kanker usus besar.

| Related post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ketahui Tahapan Stadium Kanker Usus Besar Sejak Dini
    Kanker usus besar hanya bisa didiagnosis dengan...
  • Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar
    Kanker usus besar merupakan salah satu jenis...
  • Mengatasi Mual Akibat Dari Efek Samping Kanker Serviks
    Sekitar 70% penderita kanker serviks cenderung mengalami...
  • Ternyata Ini Jenis Makanan yang Dapat Membersihkan Usus
    Usus yang sehat merupakan dasar dari tubuh...
  • Waspada Gaya Hidup Tak Sehat Beresiko Kanker Serviks
    Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit...