Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Ketahui Pilihan Untuk Pengobatan Kanker Usus Besar Pada Stadium Lanjut

Diposkan oleh : Green World pada 10:55 am tanggal April 23, 2018

Kanker usus besar merupakan jenis penyakit yang menyerang pada bagian usus besar atau pada bagian sistem pencernaan manusia. Terdapat jenis yang dapat menyerang pada usus besar (Kolon) dan bagian anus (Rektum) yaitu kanker Kololrektal atau Ca Colon. Ternyata di Indonesia menjadi urutan no. 4 penyebab dari terjadinya kematian akibat dari kanker kololrektal yang tumbuh secara tidak normal pada bagian rektal (anus).

Penyakit kanker usus besar diawali dengan adanya pembentukan gumpalan-gumpalan sel yang berukuran sangat kecil, yang disebut dengan Polip Adenoma. Pada gumpalan tersebut dapat menyebar serta tidak dapat terkendali dengan seiringnya waktu. Sehingga penyakit ini dapat terjadi pada usia diatas 50 tahun, namun juga tidak kemungkinan dapat terjadi pada seseorang yang masih berusia muda. Apa saja yang menjadi pilihan pengobatan penyakit kanker usus besar stadium lanjut?

ketahui pilihan pengobatan kanker usus besar stadium akhir

Berikut ini pilihan pengobatan untuk kanker usus besar stadium lanjut :

  • Stadium III

Pada tahap stadium III ini, penyakit kanker telah menyebar ke bagian kelenjar getah bening terdekat, namun belum menyebar ke bagian tubuh lainnya. Pada umumnya untuk pengobatan kanker usus besar yaitu dengan cara melakukan operasi guna untuk mengangkat bagian usus besar yang terdapat pada kanker bersama dengan kelenjar getah bening terdekat (kolektomi parsial), yang juga diikuti dengan cara kemoterapi. Yang paling sering digunakan yaitu regimen FOLFOX (5-FU, leucovorin, dan oxaliplatin) atau CapeOx (capecitabine dan oxaliplatin), tetapi pada beberapa penderita kanker usus besar ini bisa mendapatkan 5-FU dengan leucovorin atau capecitabine saja, tergantung dari usia dan juga kebutuhan kesehatannya.

Dokter pun juga akan menyarankan pada penggunaan terapi radiasi apabila pada sel-sel kanker yang kemungkinan tersisa setelah melakukan operasi. Namun pada orang yang tidak cukup sehat untuk melakukan operasi, penggunaan radiasi atau kemoterapi dapat menjadi pilihan.

| Baca juga : Obat Kanker Usus Besar

  • Stadium IV

Kanker yang telah menyebar dari usus besar ke bagian organ tubuh dan jaringan yang letaknya jauh di tubuh. Penyakit kanker ini paling sering menyebar ke organ hati, tetapi juga dapat menyebar ke tempat lainnya seperti kelenjar getah bening yang posisinya jauh, paru-paru, atau peritoneum (dinding rongga perut).

Ternyata tindakan melakukan operasi tidak bisa menyembuhkan penyakit ini. Apabila penyebaran kanker (metastasis) di temukan di bagian hati atau paru-paru, maka operasi dapat membantu Anda untuk hidup lebih lama atau bahkan dapat menyembuhkan Anda. Kolektomi parsial untuk bagian usus besar yang terdapat pada penyakit kanker ini bersama dengan kelenjar getah bening terdekat, selain itu ditambah dengan operasi untuk mengangkat area pada penyebaran kanker. Sementara pada pengobatan kemoterapi biasanya akan diberikan, sebelum atau sesudah operasi. Pada beberapa kasus, infus arteri hati dapat digunakan apabila kanker telah menyebar ke bagian organ hati.

Pengobatan kemoterapi bisa dilakukan sebelum tindakan operasi, apabila metastasis sudah tidak bisa diangkat secara bedah dikarenakan ukurannya yang terlalu besar atau jumlahnya yang terlalu banyak. Kemudian, apabila tumor menyusut, maka operasi bisa dilakukan. Kemoterapi juga akan diberikan lagi setelah melakukan operasi. Untuk pilihan lainnya yaitu harus menghancurkan tumor yang ada di organ hati dengan ablasi atau embolisasi.

Apabila kanker tersebut telah menyebar secara luas, maka kemoterapi menjadi pengobatan yang utama. Pengobatan operasi terkadang tidak diperlukan jika kanker menyumbat pada usus besar (cenderung akan menyumbat). Operasi tersebut dapat dihindari dengan cara memasukkan stent (selang mental atau plastik berongga) ke dalam bagian usus besar dalam kolonoskopi guna untuk menjaganya supaya tetap terbuka. Jika tidak, operasi seperti kolektomi atau kolostomi pengalihan (memotong usus besar pada tingkat atas kanker dan juga menempelkan ujungnya ke lubang di kulit perut untuk memungkinkan buang air besar) maka bisa digunakan.

Seseorang yang mengalami penyakit kanker stadium IV, maka dokter pun akan menganjurkan untuk melakukan tindakan operasi. Sangat penting bagi Anda untuk memahami tujuan operasi. Pada kebanyakan penderita penyakit kanker stadium IV biasanya akan mendapatkan tindakan kemoterapi atau terapi bertarget guna untuk mengendalikan kanker.

Untuk pilihan regimen dapat bergantung pada beberapa faktor, termasuk pada semua pengobatan yang memang pernah dijalani dan kesehatan Anda yang secara keseluruhan. Namun jika salah satu regimen tidak lagi efektif, maka pilihan yang lainnya bisa dicoba.

Selain itu, untuk penyakit kanker tingkat lanjut, pengobatan radiasi juga bisa digunakan untuk membantu dalam mencegah ataupun meredakan gejala seperti nyeri. Meskipun demikian, dapat menyusutkan tumor untuk saat ini, serta cenderung tidak berujung pada kesembuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Perbedaan Tes IVA dan Pap Smear Untuk Mendeteksi Kanker Serviks
    Ahli Kanker – Kanker serviks adalah jenis penyakit...
  • Awas ! Penyakit Kanker Jantung Yang Langka Namun Mematikan
    www.ahlikanker.com – Ada berbagai gangguan pada jantung seperti...
  • Ketahui Pilihan Untuk Pengobatan Kanker Usus Besar Pada Stadium Lanjut
    Kanker usus besar merupakan jenis penyakit yang...
  • Terapi Hormon Untuk Penderita Penyakit Kanker Payudara
    www.ahlikanker.com – Terapi hormon atau yang dikenal sebagai...
  • Komplikasi Yang Sering Terjadi Pada Penyakit Kanker Serviks
    www.ahlikanker.com – Kanker serviks merupakan salah satu penyakit...