Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Ketahui Penyakit Kanker Vulva Beserta Penyebabnya

Diposkan oleh : Green World pada 3:12 pm tanggal December 28, 2016

Apa itu Kanker Vulva???

kanker vulva

Kanker Vulva adalah jenis penyakit kanker yang menyerang pada bagian luar sistem reproduksi wanita atau permukaan luar pada daerah kemaluan wanita. Pada umumnya kanker vulva ini didahului oleh kanker primer pada serviks (leher rahim). Sekitar kurang lebih wanita yang mempunyai kanker vulva primer kedua baik secara stimulan atau tidak pada serviks, vagina, atau pun pada wilayah dubur.

Vulva yaitu bagian organ seksual eksternal pada wanita yang areanya mengelilingi lubang kencing (urethra opening) dan vagina. Pada organ seksual eksternal wanita yang lainnya yaitu labia minora dan majora (bibir dalam dan luar yang menutupi bagian vagina), klitoris, serta kelenjar Bartholin yang ada pada kedua sisi vagina.

Jenis penyakit kanker ini tergolong jarang terjadi, dibandingkan dengan penyakit kanker lainnya seperti kanker uterus dan kanker ovarium. Kanker Vulva biasanya akan menyerang pada bagian luar bibir vagina namun jarang menyerang pada bibir vagina bagian dalam serta klitoris. Pada umumnya, sekitar 80% penyakit kanker vulva merupakan hasil dari kanker serviks, endometrium, ovarium, vagina, koriokarsinoma, kandung kemih, utera (saluran kemih), dan juga paru-paru.

Biasanya penyakit kanker vulva muncul dengan bentuk benjolan atau berupa luka pada area vulva. Kanker ini sering terjadi pada wanita yang sudah berusia tua, bahkan pada wanita yang telah mengalami menopause. Kanker vulva juga merupakan bentuk kanker sekunder yaitu hasil dari metastasis dan penyebaran kanker dari organ lain.

Kanker vulva terbagi menjadi beberapa kelompok dan berdasarkan dua kategori. Kategori pertama pengelompokkan berdasarkan pada jenis sel kanker tumbuh. Sedangkan pada kategori kedua berdasarkan adanya pengaruh Human Papiloma Virus (HPV).

Tipe Kanker vulva berdasarkan pada jenis sel yang akan terkena dampaknya, antara lain:

* Vulva melanoma ialah jenis sel kanker yang terbentuk pada sel penghasil pigmen dan terdapat pada kulit vulva.

* Vulva karsinoma sel skuamus (Vulvar squamous cell carcinoma) merupakan sel kanker yang terbentuk pada sel yang tipis, serta permukaannya yang datar sehingga melapisi permukaan sel vulva. Kasus ini sebagian besar berasal dari jenis ini.

* Sel basal karsinoma yaitu terjadi luka pada area lain area vulva atau labia majora, yang dengan seiringnya waktu akan berubah dan berkembang menjadi kanker.

* Karsinoma kelenjar Bartholin merupakan jenis tumor yang langka yang terdapat pada kelenjar Bartholin, dan jenis ini biasanya akan menyerang wanita pada pertengahan usia 60 tahun.

Tanda-tanda Kanker Vulva

Tanda-tanda pada kanker vulva dapat dikatakan lebih mudah untuk Anda kenali. Dengan melihat ataupun merasakannya secara langsung keberadaan dari sel-sel kanker yang asing yang terdapat pada bagian bibir vagina tesebut. Berikut ada beberapa tanda-tanda atau gejala yang terdapat pada penyakit vulva, antara lain:

– Labia menebal atau terdapat bejolan pada labia
– Rasa gatal pada daerah vulva
– perubahan kulit vulva, berupa kulit yang tumbuh pada vulva
– Terjadi pendarahan yang tidak normal (diluar siklus menstruasi)
– Rasa nyeri pada area vulva
– Sakit saat berhubungan seksual dan buang air kecil
– Muncul keputihan dengan aroma yang sangat menyengat.

Penyebab Kanker Vulva

Sebenarnya sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti apa penyebab dari penyakit kanker vulva ini, namun telah diteliti ada beberapa faktor yang memicu dapat meningkatkan resiko dari penyakit kanker vulva tersebut. Faktor-faktor tersebut adalah:

1. Faktor Usia

Beberapa faktor yang menunjukkan bahwa penderita penyakit kanker ini kebanyakan pada wanita yang sudah berusia sekitar 60 tahun keatas, atau telah pada masa menopause.

2. Memiliki kondisi prakanker pada bagian vagina

Pada kasus ini imflamasi serius pada area vagina, sehingga terjadi pembentukkan kista dan polip yang terdapat pada dinding vagina. Adanya keputihan yang serius akan menyebabkan dan dapat memicu kondisi prakanker karena adanya jamur dan bakteri.

3. Masalah kulit pada vulva

Kasus ini akan muncul pada area kulit luar vulva, yang akan menyebabkan iritasi apabila diabaikan, bahkan akan terjadi meningkatnya resiko penyakit kanker vulva.

4. Mengalami masalah toksinitas

Karena adanya endapan toksin pada dalam darah maka akan memberikan efek yang negatif terhadap tubuh kita, termasuk akan membentuk kondisi yang sangat berbahaya. Pertumbuhan kanker terdapat pada kondisi karsinogen. Kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol atau makanan yang diawetkan akan sangat beresiko mengidap kanker vulva.

5. Mengalami masalah dengan HPV pada organ kewanitaan

Adanya serangan HPV pada alat vital wanita akan menyebabkan 2 kondisi yang mengalami penyakit kanker vulva.

* HPV akan memicu bertumbuhnya kista dengan jumlah yang besar dalam liang vagina serta tidak jarang kista dapat tumbuh mendekati vulva.

* HPV dapat menurunkan imunitas yang akan menyebabkan tubuh menjadi sulit untuk membentuk antigen sebagai bahan perlawanan alami terhadap mutasi gen serta pembentukan kanker.

6. Terinfeksi HIV

Adanya virus yang menjadi penyebab penyakit AIDS ini merupakan suatu serangan yang telak bagi sistem daya tahan tubuh. Dengan keberadaannya dapat membuat sistem imunitas akan menurun secara drastis sehingga dengan mudahnya tubuh akan terkena infeksi, serta akan mudak membentuk polip dan kista. HIV juga akan membuat sistem imun tidak bisa membentuk antigen yang alami.

3 responses to “Ketahui Penyakit Kanker Vulva Beserta Penyebabnya”

  1. Kaiden says:

    horny horny horny Looking for any race but black, sorry n dating chat room ot my type, and no chubs, grows older fr online dating friends om x-x. Please send an imnatropt pic and stats. ebony women Dating site reviews Arthur Nebraska

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Tips Diet Untuk Menurunkan Resiko Penyakit Kanker Serviks
    Kanker serviks merupakan penyakit yang mematikan kedua...
  • Kenali Sejak Dini Mengenai Penyakit Kanker Payudara Pada Pria
    Kanker payudara sering dianggap sebagai kondisi yang...
  • Fakta atau Hoax Mengenai Tanaman Dolar Penyebab Kanker Leukimia
    www.ahlikanker.com – Sebagian besar pasti bertanya-tanya mengenai...
  • Mengenal Jenis-jenis Penyakit Leukimia dan Penyebabnya
    www.ahlikanker.com – Leukimia merupakan salah satu penyakit...
  • Kenali Sejak Dini Mutasi Gen Penyebab Kanker
    Kanker memang sering muncul tanpa diduga meskipun...