Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Ketahui Faktor Pemicu Penyakit Leukemia Pada Anak

Diposkan oleh : Green World pada 10:11 am tanggal March 18, 2017

www.ahlikanker.com – Hampir 60% penyakit yang dialami oleh anak-anak yaitu leukemia atau kanker darah. Leukemia paling banyak ditemukan pada anak usia 2-6 tahun. Tetapi jenis kanker ini bisa saja terjadi pada semua golongan usia dengan kelompok terbanyak yaitu anak-anak dan orang tua yang berusia diatas 50 tahun.

leukemia pada anak

Leukemia atau kanker darah adalah salah satu jenis penyakit kanker dan termasuk pada jenis penyakit yang mematikan, seperti penyakit jantung dan diabetes. Penyakit ini disebabkan oleh adanya pertumbuhan atau transformasi yang terjadi dengan cara tidak wajar pada sel darah putih (leukosit) sehingga menyebabkan pertumbuhan sel darah putih yang tidak terkendali. Dari produksi sel darah putih ini tentu akan menyebabkan tidak normalnya didalam tubuh, seperti menakan sel darah merah.

Leukemia yang berasal dari bahasa Yunani yaitu Leukos yang artinya putih dan aima yang berarti darah. Leukemia juga merupakan jenis penyakit yang dimasukan didalam klasifikasi kanker yang terjadi pada darah dan sumsum tulang belakang. Seseorang yang menderita penyakit ini mengalami tidak normal yang dimana transformasi maligna dari sel pembentuk pada sumsum tulang dan juga jaringan limfoid akan mengalami perbanyakan. Dari kondisi sel yang tidak normal tersebut akan menyebabkan keluar dari sumsum sehingga akan ditemukan didarah perifer. Lalu apa penyebab terjadinya leukemia?

Penyebab Leukemia

Leukemia terjadi karena kelebihan produksi sel yang ada didalam darah dan terdapat pada bagian sumsum tulang. Kondisi ini yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel menjadi tidak normal. Untuk penyebab paling utama yang terjadi pada anak sampai sekarang masih belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan terjadinya penyakit leukemia tersebut, diantaranya :

– Anak yang mengalami kelainan yang telah diwariskan atau memiliki suatu masalah pada sistem kekebalan tubuhnya.
– Memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit tersebut.
– Anak yang terkena radiasi tinggi atau bahan kimia yang sangat berbahaya seperti benzena dan kemoterapi.
– Anak yang mengalami transplantasi organ.
– Adanya virus yang dapat menyebabkan leukemia seperti virus leukemia atau retrovirus.

Gejala Leukemia Pada Anak

Terdapat beberapa gejala yang sangat penting dari penyakit leukemia yang terjadi pada anak-anak, tetapi memiliki gejala berikut ini juga bukan berarti menderita leukemia. Maka dari itu jadikan sebagai langkah deteksi awal yang kemudian akan membutuhkan pemeriksaan. Tanda-tanda tesebut diantaranya :

1. Memar dan Pendarahan

Seseorang yang mengalami leukemia kerap terjadi pendarahan dan memar dikarenakan pembekuan darah yang beku. Bahkan juga sering mengalami mimisan, pendarahan gusi dan juga bintik merah pada tubuh.

2. Sering Terjangkit Infeksi

Sel darah putih yang juga sangat diperlukan untuk melawan suatu infeksi, namun sel-sel darah putih yang belum matang dan jumlahnya tidak begitu banyak dan tidak dapat melakukan fungsinya dengan normal. Maka dari itu gejala dari penyakit leukemia yang terjadi pada anak-anak akan sering mengalami infeksi virus dan bakteri.

3. Pembengkakan

Gejala awal pada anak selanjutnya yaitu akan mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening. Pembengkakan akan terlihat pada bagian dada, leher, ketiak, dan akan berlangsung beberapa hari.

4. Masalah Pada Perut

Seorang anak yang menderita leukemia akan mengeluhkan sakit perut. Hal tersebut karena sel-sel leukemia menumpuk di limpa, ginjal, dan hati yang menyebabkan pembesaran pada organ-organ tersebut. Kondisi ini juga berpengaruh terhadap nafsu makan yang menurun, sehingga berat badan pun akan ikut menurun.

5. Nyeri Tulang dan Sendi

Anak akan mengalami sakit pada tulang bahkan akan semakin memburuk karena terdapat sel-sel darah putih yang abnormal terjadi pada sumsum tulang.

6. Anemia

Sel darah merah yang membantu untuk mendistribusikan oksigen pada seluruh tubuh. Akibat dari giatnya pembentukan sel-sel darah putih maka sumsum tulang akan menjadi sedikit dalam memproduksi sel-sel darah merah sehingga jumlahnya menjadi dibawah normal dan lama kelamaan akan mengalami anemia.

Bagaimana nasib anak-anak yang menderita penyakit leukemia?

Perlu diingat juga, memiliki gejala seperti diatas juga bukan merupakan bahwa anak terkena leukemia. Dengan diagnosis dini melalui pemeriksaan dan juga pengobatan secara tepat maka akan menghasilkan yang baik. Semoga kita selalu diberikan kesehatan, dan jangan lupa untuk melakukan pola hidup yang sehat. Semoga bermanfaat 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Kenali Sejak Dini Mutasi Gen Penyebab Kanker
    Kanker memang sering muncul tanpa diduga meskipun...
  • Jenis-jenis Pengobatan Penyakit Kanker Payudara Stadium 4
    Kanker payudara stadium 4 adalah fase yang...
  • Manfaat Buah Bit Untuk Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Buah bit merupakan buah yang...
  • Khasiat Daun Kelor Untuk Mengobati Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Daun kelor tidak hanya bermanfaat...
  • Kenali Pemberian Vaksin Sebagai Pencegah Kanker Serviks
    Kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit...