Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Kenali Sejak Dini Mengenai Penyakit Kanker Payudara Pada Pria

Diposkan oleh : Green World pada 11:28 am tanggal July 27, 2017

Kanker payudara sering dianggap sebagai kondisi yang hanya menyerang pada wanita, tetapi ternyata pria juga dapat mengidapnya. Kanker yang merupakan salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia, bahkan dunia. Kanker payudara yang terjadi pada pria disebut-sebut sebagai penyakit yang lebih membahayakan dibandingkan dengan kanker payudara pada wanita. Mengapa demikian?

kanker payudara pria

Pada umumnya kenker payudara sering menyerang pada wanita, namun perlu Anda ketahui bahwa kanker payudara juga bisa menyerang pada pria. Hal ini disebabkan karena pria dan wanita juga sama-sama memiliki payudara, meskipun secara kasat mata memang berbeda antara payudara pria dan payudara wanita dari segi bentuk maupun ukurannya.

Letak perbedaan kanker payudara pria dan wanita yaitu kecepatan dalam penyebaran kanker tersebut. Pada kanker payudara pria memiliki potensi menyebar yang sangat jauh lebih cepat dibandingkan dengan kanker payudara wanita. Karena pria hanya memiliki lapisan jaringan payudara yang lebih sedikit. Maka dari itu, pria yang terkena kanker payudara akan memiliki resiko kematian yang lebih besar dibandingkan dengan wanita yang terkena kanker payudara.

| Artikel terkait : Pengobatan Kanker Payudara

Hal lain yang menyebabkan kanker payudara pada pria berpotensi mengalami kematian karena telah ditemukannya dalam stadium akhir. Karena biasanya pria tidak akan merasakan gejala adanya kanker tersebut, sehingga tingkat kepekaannya kurang dibandingkan dengan wanita. Oleh karena itu kanker payudara ini sering diketahui pada stadium akhir.

Penyebab Kanker Payudara pada Pria

Pada dasarnya jenis kanker payudara pada pria maupun wanita meerupakan jenis kanker yang sama. Di dalam dunia medis masih belum banyak memberikan keterangan mengenai penyebab utama adanya kanker payudara, karena hal tersebut mengingat sangat sedikitnya kasus kanker payudara yang terjadi pada pria. Namun ada beberapa faktor pemicu yang meningkatkan resiko penyakit kanker payudara pada pria, diantaranya :

1. Faktor keturunan

Faktor keturunan menjadi faktor yang paling sulit untuk dihindari. Jika salah satu anggota keluarga mengidap suatu penyakit tertentu, maka Anda akan beresiko mengalaminya. Gen yang menuruni kanker payudara pada pria yaitu jenis gen BRCA2. Ketika orang tua menurunkan gen tersebut serta memiliki penyakit kanker payudara, maka akan berpotensi tinggi terkena penyakit kanker tersebut pada anak.

2. Obesitas

Obesitas merupakan kondisi tubuh yang tidak baik dan akan lebih mudah tubuh terserang penyakit, dan salah satu penyakit yang dapat ditimbulkan yaitu kanker payudara. Seorang pria yang mengalami obesitas akan berpotensi terkena penyakit kanker payudara lebih besar dibandingkan dengan pria yang memiliki berat badan normal.

3. Memiliki sindrom Klinefelter

Sindrom klinefelter adalah sebuah kelainan genetik yang dimana terdapat kromosom yang berjumlah banyak didalam tubuh pria. Dari hal inilah maka dapat memicu terjadinya penyakit kanker payudara pada pria.

4. Berlebihan mengkonsumsi alkohol

Mengkonsumsi alkohol dengan jumlah yang banyak memiliki dampak yang dapat merusak organ didalam tubuh, termasuk akan menyebabkan timbulnya kanker payudara. Pria yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol akan beresiko lebih tinggi terjangkit kanker payudara.

5. Merokok

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa merokok dapat menyebabkan munculnya berbagai gangguan penyakit, salah satunya yaitu penyakit kanker. Hal tersebut karena adanya bahan yang digunakan menggunakan zat yang bersifat korosif atau merusak, sehingga salah satu jenis kanker yaitu kanker payudara juga akan mudah menyerang seseorang tersebut.

Itulah beberapa faktor pemicu yang dapat menyebabkan munculnya kanker payudara pada pria. Untuk itu, hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menganggu kesehatan tubuh kita. Lalu apa saja gejala kanker payudara pada pria?

Gejala Kanker Payudara pada Pria

Gejala paling utama kanker payudara pada pria adanya benjolan keras pada salah satu dada, dan pada umumnya tidak akan terasa sakit. Benjolan yang biasa terletak dibawah puting dan aerola (lingkaran gelap sekeliling puting). Meskipun jarang, berikut gejala yang mungkin terjadi :

  • Retraksi (puting masuk kedalam).
  • Puting akan menjadi keras dan iritasi (korengan pada puting).
  • Cairan keluar dari puting.

Gejala lainnya yang biasa terjadi jika kanker sudah menyebar luas ke bagian tubuh lain seperti hati, tulang, paru-paru disebut dengan kanker payudara metastasis. Gejala kanker payudara metastasis akan terjadi seperti :

  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar limpa, dan biasanya pada sekitar ketiak.
  • Tulang terasa sakit.
  • Merasakan lelah.
  • Nafas pendek.
  • Kulit dan bagian mata akan menguning dan terasa gatal.

| Baca juga : Menu Makanan Sehat Bagi Penderita Kanker Payudara

Pencegahan Kanker Payudara pada Pria

Sebelum penyakit kanker payudara menyerang pada Anda, alangkah baiknya untuk melakukan pencegahan untuk mencegah penyakit kanker tersebut, seperti :

1. Menghindari mengkonsumsi daging dengan jumlah yang banyak.
2. Menurunkan kadar lemak dalam tubuh.
3. Melakukan aktivitas olahraga secara teratur.
4. Konsumsi sayuran dan buah-buahan dengan jumlah yang cukup.
5. Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol dan hindari stress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Tips Diet Untuk Menurunkan Resiko Penyakit Kanker Serviks
    Kanker serviks merupakan penyakit yang mematikan kedua...
  • Kenali Sejak Dini Mengenai Penyakit Kanker Payudara Pada Pria
    Kanker payudara sering dianggap sebagai kondisi yang...
  • Fakta atau Hoax Mengenai Tanaman Dolar Penyebab Kanker Leukimia
    www.ahlikanker.com – Sebagian besar pasti bertanya-tanya mengenai...
  • Mengenal Jenis-jenis Penyakit Leukimia dan Penyebabnya
    www.ahlikanker.com – Leukimia merupakan salah satu penyakit...
  • Kenali Sejak Dini Mutasi Gen Penyebab Kanker
    Kanker memang sering muncul tanpa diduga meskipun...