Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Kenali Penyakit Kanker Neuroblastoma Sejak Dini

Diposkan oleh : Green World pada 10:33 am tanggal December 9, 2016

Apa itu Neuroblastoma???

neuroblastoma

Anak-anak tentu saja membutuhkan perhatian yang lebih dari para orang tuanya, termasuk pada kesehatan tubuhnya, apalagi kalau si Anak sedang mengalami sakit. Akan ada berbagai macam gangguan kesehatan pada anak-anak, dan kita sebagai orang tua harus tetap mewaspadainya. Seperti kasus yang telah dialami oleh seorang anak balita yang meninggal karena didiagnosis mengidap penyakit Kanker Neuroblastoma. Tentu saja telah menarik perhatian khususnya para orang tua.

Neuroblastoma merupakan suatu jenis penyakit kanker langka yang akan berkembang dari sel-sel saraf atau neuroblasts yang belum matang dan sering terjadi pada anak-anak saat berusia balita. Jenis penyakit kanker ini dapat tumbuh diberbagai bagian pada tubuh. Sebagian besar penyakit kanker ini akan mulai muncul pada kelenjar adrenal yang terdapat pada bagian perut. Kemudian sel-sel kanker tersebut akan mulai menyebar dengan sangat cepat ke bagian hati, lalu pada kelenjar getah bening, bahkan samapai pada sumsum tulang.

Tetapi penyakit kanker tersebut juga dapat terjadi pada bagian leher seperti adanya benjolan tetapi jika disentuh tidak akan merasakan sakit. Bahkan ada juga yang tumbuh pada area dada yang tentunya akan beresiko pada pembuluh darah besar pada dada yang berfungsi untuk mengembalikan darah dari arah kepala dan leher menuju ke hati, serta akan menekan area superior pada vena cava.

Penyebab Kanker Neuroblastoma

Sel kanker yang terdapat pada Neuroblastoma berasal dari sel-sel yang telah membentuk suatu jaringan sistem pada saraf simpatis yang tergolong pada bagian sistem saraf involunter yang telah mengatur tubuh dengan tanpa disadari. Namun sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti penyabab yang paling utama munculnya penyakit kanker Neuroblastoma. Tetapi mungkin saja hal ini berhubungan dengan faktor genetik karena pada sel-sel tumor terdapat kelainan genetik tertentu.

Gejala Kanker Neuroblastoma

Gejala yang akan muncul berbeda-beda, hal ini tergantung pada letak kanker itu berasal, seperti:

1. Kanker yang telah menyebar pada bagian kulit akan terjadi gejala seperti benjolan

2. Kanker yang menyebar pada organ paru-paru akan memberikan tanda-tanda ganggguan pernapasan seperti sesak nafas, nyeri dada, atau nafas cepat.

3. Kanker yang muncul dari kelenjar adrenal pada bagian perut akan terjadi gejala berupa keluhan nyeri pada bagian perut, bahkan akan terjadi pembengkakan pada perut.

4. Kanker yang sudah menyebar pada tulang akan merasakan nyeri pada bagian tulang.

5. Sedangkan apabila menyebar pada sumsum tulang akan terjadi berupa gangguan pendarahan seperti anemia yang disebabkan karena gangguan pembentukan sel darah merah dan putih, mudah mengalami serangan infeksi, dan mudah mengalami memar yang disebabkan gangguan pembentukan trombosit.

6. Kanker Neuroblastoma akan menyebar sampai ke korda spinalis pada tulang belakang yang aakn memberikan gejala seperti melemah bahkan kelumpuhan pada lengan dan tungkai.

Selain itu ada beberapa gejala Neuroblastoma yang berasal dari kelenjar adreal yang akan menghasilkan hormon seperti epinefrin yang akan menyebabkan gejala berupa:

– Mengalami keringat yang berlebihan
– Denyut jantung yang meningkat
– Akan mudah mengalami kecemasan

Gejala Neuroblastoma lainnya juga akan mengalmai seperti:

1. Demam
2. Hilangnya nafsu makan
3. Turunnya berat badan
4. Bola mata yang menonjol (proptosis)
5. Lingkaran hitam seperti lebam pada sekitar mata

Komplikasi Neuroblastoma

Penyakit kanker Neuroblastoma memiliki potensi yang tinggi sehingga akan menyebabkan komplikasi apabila mengalami dengan waktu jangka panjang, seperti:

– Penyakit jantung
– Masalah pendengaran
– Penyakit ginjal
– Gangguan pertumbuhan
– Kemandulan
– dan penyakit kanker lainnya.

Pengobatan Neuroblastoma

Dalam mengobati suatu jenis penyakit akan berbeda-beda caranya, hal ini tergantung pada tingkat keparahannya. Ada jenis perawatannya yaitu:

– Operasi

Tindakan ini bertujuan untuk mengangkat tumor yang terdapat pada tubuh, dan hal ini apabila tumor yang masih memiliki resiko rendah dan belum melakukan penyebaran yang jauh. Tindakan ini akan trgantung pada tempat serta ukuran tumor, karena apabila tumor yang sangat besar telah melekat pada organ vital akan sangat beresiko.

– Kemoterapi

Melakukan tindakan kemoterapi tujuannya untuk memusnahkan sel-sel tumor dengan menggunakan obat-obatan, tetapi tindakan ini akan berdampak sangat buruk terhadap sel-sel yang sehat.

– Terapi Radiasi

Tindakan ini juga akan merusak sel-sel yang sehat meskipun tujuannya untuk menghancurkan sel-sel tumor yang dengan menggunakan sinar-X. Namun tindakan ini akan dilakukan jika terapi dan kemoterapi tidak akan menghasilkan yang maksimal.

Neuroblastoma akan beresiko tinggi dan sulit untuk disembuhkan dan mungkin akan menjadi resisten setelah melakukan perawatan yang awalnya sukses terhadap terapi standar atau akan mengalami kambuh.

One response to “Kenali Penyakit Kanker Neuroblastoma Sejak Dini”

  1. […] Neuroblastoma adalah penyakit kanker yang sangat langka dan dapat berkembang dari sistem saraf atau neuroblasts yang tumbuh tetapi belum pada tahap kematangan dan sering terjadi pada anak-anak berusia balita. Kanker neuroblastoma dapat tumbuh diberbagai bagian tubuh. Kanker ini berasal dari jaringan yang telah membentuk sistem saraf simpatis atau bagian dari sistem saraf yang akan mengatur fungsi tubuh involunter, yang caranya dengan meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung, bahkan mengkerutkan pembuluh darah serta merangsang hormon tertentu. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Kenali Sejak Dini Mutasi Gen Penyebab Kanker
    Kanker memang sering muncul tanpa diduga meskipun...
  • Jenis-jenis Pengobatan Penyakit Kanker Payudara Stadium 4
    Kanker payudara stadium 4 adalah fase yang...
  • Manfaat Buah Bit Untuk Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Buah bit merupakan buah yang...
  • Khasiat Daun Kelor Untuk Mengobati Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Daun kelor tidak hanya bermanfaat...
  • Kenali Pemberian Vaksin Sebagai Pencegah Kanker Serviks
    Kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit...