Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Kenali Penyakit Kanker Anal – Faktor dan Gejalanya

Diposkan oleh : Green World pada 1:48 pm tanggal January 14, 2017

Apa itu Kanker Anal?

kanker anal

Kanker Anal adalah jenis tumor ganas yang berasal dari sel didalam anal. Pada umumnya penyakit kanker anal ini terjadi pada saluran anal atau pada kulit tepi anal. Penyakit kanker ini juga dikenal sebagai suatu keadaan yang terjadi pembentukan sel-sel kanker didalam jaringan-jaringan anus atau dubur.

Anus merupakan ujung dari usus besar yang berada dibawah rectum melaluinya feces (tinja) meninggalkan tubuh. Terbentuknya anus sebagian dari lapisan-lapisan kulit pada bagian luar dari tubuh serta sebagiannya lagi dari usus.

Salah satu ahli berpendapat bahwa, meskipun kejadian penyakit kanker ini masih sangat rendah namun perlu diberi perhatian. Maka dari itu sekarang kita harus memiliki pengetahuan juga pemahaman tentang masalah penyakit kanker anal tersebut sehingga dapat didiagnosis sejak dini.

Jenis Kanker Anal

Letak terjadinya penyakit kanker ini dapat diklasifikasikan, diantaranya sebagai berikut:

1. Karsinoma In Situ

Terdapat sel-sel yang tidak normal dan tampak ada dibeberapa lapisan sel anal seperti sel kanker.

2. Karsinoma Sel Skuamosa (SCC)

Jenis tumor yang berasal dari tepi anal juga sebagian besar lagi dari dalam saluran anal sel skuamosa

3. ASdenokarsinoma

Yang berasal dari suatu kelenjar didalam mukosa anal yang memiliki fungsi sebagai melepaskan sekresi, dan ada juga yang berasal dari kelenjar top Pulp atau sejenis kelenjar kulit yang ada pada bagian perianal dan berfungsi sebagai mensekresikan keringat.

4. Basal Cell Carcinoma

Terjadi pada kulit perianal atau juga pada bagian kulit yang sering tepapar sinar matahari, seperti wajah atau tangan , dan umumnya jarang terjadi pada anal.

5. Melanoma Maligna

Sejenis tumor yang berasal dari suatu perkembangan sel melanin dan terkandung dalam kulit anal. Sekitar 1-2% kanker anal yaitu melanoma maligna.

Faktor-faktor Pemicu Kanker Anal

Penyakit ini terinfeksi dengan Human Papilloma Virus (HPV) yang dapat mempengaruhi resiko mengambangkan penyakit kanker anal. Berikut adalah faktor yang beresiko diantaranya:

  • Usia lebih dari 50 tahun
  • Terinfeksi Human Papilloma Virus (HPV)
  • Kebiasaan merokok
  • Memiliki anal fistulas (mulut yang abnormal)
  • Berganti-ganti pasangan seksual
  • Kemerahan, seringnya luka-luka anal, pembengkakan.

Gejala Kanker Anal

Berikut ada gejala yang akan dirasakan oleh penderita penyakit kanker anal:

Nyeri Pada Bagian Anal

Ini adalah gejala yang paling utama, karena penyakit yang terjadi juga pada bagian anal atau anus. Rasa nyeri ini akan muncul, peningkatan pun akan semakin terjadi saat invasi tumor sudah pada saluran anal.

Kelenjar Getah Bening Membengkak

Pembengkakan pada kelenjar getah bening bukan hanya terjadi pada orang yang menderita penyakit kanker anal saja, namun bisa saja terjadi pada penyakit yang lainnya juga. Apabila kelenjar gatah bening yang letaknya ada pada area anal yang membesar, tentu saja kita harus segera memeriksanya.

Pendarahan Pada Anal

Gejala lainnya yaitu ketika terjadi pendarahan. Jika sudah terjadi pendarahan pada bagian anal atau rektum, maka harus segera melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan harus sangat dianjurkan apalagi penderita sudah mengalami buang air besar yang disertai dengan darah.

Gatal-gatal Pada Anal

Kurang normalnya pada gejala ini yaitu terjadi gatal-gatal pada anal bahkan pada area sekitarnya. Rasa gatal tersebut akan memunculkan rasa yang tidak nyaman pada bagian anal tersebut.

Adanya Benjolan

Sangat penting bagi kita dengan adanya suatu benjolan pada area anal meskipun benjolan tersebut ukurannya sangat kecil karena bisa saja ini pertanda jenis tumor. Meskipun perkembangannya lambat namun kita harus tetap mewapadainya.

Fases Lebih Kecil

Jika Anda menemukan bentuk fases yang mengalami perubahan seperti menjadi lebih kecil dibandingkan dengan ukuran biasanya, ini dapat menjadi pertanda adanya penyakit kanker anal.

Cara-cara Penyebaran Kanker

Ada 3 cara dalam penyebaran penyakit kanker dalam tubuh terjadi, hal ini meliputi:

* Melaui jaringan
Kanker akan menyerang pada jaringan sekelilingnya yang normal

* Melalui sistem limfa
Kanker akan menyerang pada sistem limfa yang melalui pembuluh-pembuluh limfa kemudian ke tempat-tempat lainnya yang ada dalam tubuh

* Melalui darah
Kanker yang menyerang pada vena-vena dan kapiler-kapiler serta berjalan melalui darah kemudian ke tempat lain didalam tubuh.

Saat sel-sel kanker sudah terlepas dari tumor primer (asal) kemudian berjalan melalui limfa lain dalam tubuh, tumor lain atau sekunder mungkin saja akan terbentuk. Dan proses ini dinamakan dengan Metastasis. Tumor Sekunder (Metastasis) merupakan tipe kanker yang sama persis dengan tumor primer. Seperti, kanker payudara akan menyebar pada tulang-tulang, namun sel-sel tulang adalah sel-sel kanker payudara. Inti dari penyakitnya yaitu kanker payudara, bukan kanker tulang.

Banyak sekali orang yang mengalami keterlambatan dalam mengatasi penyakit kanker anal. Maka dari itu ketahui gejalanya sejak dini, karena apabila sudah berada pada stadium lanjut, penanganan akan semakin sulit.

2 responses to “Kenali Penyakit Kanker Anal – Faktor dan Gejalanya”

  1. […] Kanker Anal adalah sebuah jenis penyakit kanker atau keadaan tubuh pada seseorang yang diserang oleh tumor yang sangat ganas dan berada pada bagian sel dalam anal. Pada umumnya kasus kejadian ini sering dialami dibagian saluran anal atau kulit tepi anal. Penyakit ini juga dikenal sebagai sebuah keadaan yang dimana terjadi suatu pembentukan sel-sel kanker pada jaringan-jaringan dubur ataupun anus. […]

  2. Prudence says:

    Geez, it's been so long that I don&93#;t even remember the last time I went to the Emergency Room, if at all!Hell, my mom pretty much has to tell me to go to the doctor at times.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Kenali Sejak Dini Mutasi Gen Penyebab Kanker
    Kanker memang sering muncul tanpa diduga meskipun...
  • Jenis-jenis Pengobatan Penyakit Kanker Payudara Stadium 4
    Kanker payudara stadium 4 adalah fase yang...
  • Manfaat Buah Bit Untuk Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Buah bit merupakan buah yang...
  • Khasiat Daun Kelor Untuk Mengobati Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Daun kelor tidak hanya bermanfaat...
  • Kenali Pemberian Vaksin Sebagai Pencegah Kanker Serviks
    Kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit...