Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Kenali Pemberian Vaksin Sebagai Pencegah Kanker Serviks

Diposkan oleh : Green World pada 10:02 am tanggal May 6, 2017

Kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit yang menakutkan. Dan salah satu cara untuk menekan resiko terkena penyakit tersebut yaitu dengan melakukan pemberian vaksin kanker serviks.

vaksin pencegah kanker serviks

Vaksin HPV bertujuan untuk mencegah kanker serviks (kanker mulut rahim) adalah salah satu metode pencegahan dengan cara pemberian vaksin yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memperoleh antibodi yang dapat mencegah Human Papilloma Virus (HPV) menginfeksi sel yang dapat menyebabkan kanker leher rahim dan beberapa jenis kanker lainnya.

Sebagian besar kanker serviks disebabkan oleh virus yang ditularkan dengan melalui hubungan seksual yaitu Human Papilloma Virus (HPV). Infeksi HPV pada wanita dapat menyebabkan pertumbuhan sel pada serviks yang abnormal. Dan gangguan tersebut kemudian akan berkembang menjadi kanker serviks.

Bagi wanita dalam pemberian vaksin kanker serviks direkomendasikan sebanyak tiga dosis dalam tiga pemakaian, diantaranya :

  • Diberikan saat sedang remaja berusia 11-12 tahun.
  • Diberikan satu atau 2 bulan setelah vaksin melakukan vaksin pertama.
  • Diberikan 6 bulan setelah melakukan vaksin pertama.

Dari ketiga dosis vaksin tersebut telah diyakini sebagai pelindung jangka panjang dari infeksi HPV. Apabila saat sedang remaja dosis vaksinnya belum lenkap, maka sebaiknya untuk berkonsultasi pada dokter supaya melengkapi dosis vaksin tersebut. Tetapi tidak hanya pada wanita saja, pada pria juga akan mendapatkan manfaat dari pemberian vaksin HPV tersebut. Untuk kaum pria, adanya virus HPV akan menyebabkan kutil kelamin, kanker anus, dan kanker tenggorokan. Pada golongan pria yang sangat direkomendasikan untuk memperoleh vaksin HPV adalah pria yang berhubungan intim dengan sesama jenis atau yang memiliki gangguan pada imunitas serta berusia 26 tahun atau lebih muda.

Jenis Vaksin

Terdapat beragam jenis dari virus HPV. Sekitar 40% dari seluruh jenis HPV yang dapat menyebabkan pada daerah kelamin. Dan selain itu juga terdapat beberapa jenis yang memicu kanker serviks.

Berikut beberapa jenis vaksin yang dapat dimanfaatkan, diantaranya :

– Cervarix. Pada umumnya digunakan untuk mencegah kanker serviks. Pra vaksin jenis ini dapat mencegah infeksi HPV-16 dan HPV-18 yang pada secara umum yaitu sebagai penyebab kanker. Pada jenis vaksin HPV ini hanya ditujukan untuk wanita.

– Gardasil. Digunakan untuk mencegah kanker dan pra kanker serta, vagina, vulva dan anus. Selain itu dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh HPV-16. HPV-18, juga dapat menangkal infeksi HPV-6 dan HPV-11 sebagai penyebab dari kutil kelamin. Bagi laki-laki, panggunaan vaksin ini dapat dilakukan saat usia 9-26 tahun.

– Gardasil 9. Pencegahan infeksi HPV dari jenis vaksin ini lebih luas dari jenis vaksin sebelumnya yaitu termasuk pada HPV-31, HPV-33, HPV-45, HPV-52, dan HPV-58 yang tergolong sebagai penyebab kanker serviks. Bagi laki-laki jenis vaksin Gardasil 9 ini dapat dilakukan pada usia 9-15 tahun.

Secara keseluruhan terdapat efek samping namun biasanya ringan. Pada umumnya pemberian vaksin HPV termasuk rasa sakit pada tempat yang telah disuntikan (bagian lengan), sakit kepala, dan juga demam ringan. Ada juga yang pingsan terjadi setelah injeksi. Oleh karena itu diharuskn untuk duduk terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit supaya mengurangi resiko pingsan. Selain itu pada jenis Cervarix bisa menyebabkan mual, muntah, diare, atau sakit perut. CDC dan FDA akan terus memantau vaksin untuk masalah yang berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Manfaat Buah Bit Untuk Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Buah bit merupakan buah yang...
  • Khasiat Daun Kelor Untuk Mengobati Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Daun kelor tidak hanya bermanfaat...
  • Kenali Pemberian Vaksin Sebagai Pencegah Kanker Serviks
    Kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit...
  • Bahaya Kandungan Klorin dan Dioxin Pada Pembalut
    Sudah menjadi fitrah alami bagi setiap wanita...
  • Khasiat Buah Nanas Untuk Membasmi Penyakit Kanker
    Jika makan nanas, pada bagian tengahnya dibuang...