Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Jenis Penyakit Kanker Limfoma Yang Ganas Beserta Gejalanya

Diposkan oleh : Green World pada 10:11 am tanggal November 30, 2016

Apa itu Limfoma Hodgkin dan non-Hodgkin???

kanker limfoma

Limfoma atau yang sering disebut dengan kanker getah bening berasal dari limfonodus dari jaringan limfe yang mencakup dengan sistem limfatik dan imuniatas tubuh. Penyakit limfoma dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Limfoma Hodgkin dan Limfoma non-Hodgkin.

Limfoma Hodgkin

Limfoma Hodgkin merupakan ganggun klonal yang asalnya dari satu sel yang tidak normal. Hodgkin ini merupakan kanker jaringan dari limfoid. Penyakit Limfoma Hodgkin adalah salah satu penyakit jenis kanker yang sering menyerang pada pria dewasa bahakna pria yang masih muda. Sel-sel neoplastik yang terdapat pada penyakit hodgkin dinamakan dengan Sel Reed Strembeng. Sel-sel tersebut termasuk diantara jaringan limfoid yang normal dan terdapat di organ limfoid.

Pada umumnya limfoma hodgkin dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

1. Type Lymphocyte Predominance

Yang merupakann sebagian dari penyakit hodgkin. Pada type ini merupakan sel latar belakang yang dominan, sel R-S yang bersifat modular atau difus.

2. Type Mixed Cellularity

Typr ini terdapt 30% dari penyakit hodgkin, dan jumlah R-S sudah mulai banyak sehingga jumlahnya seimbang dengan limfosit.

3. Type Lymphocyte Depleted

Jumlah type ini kurang dari 5% dari penyakit limfoma hodgkin, akan tetapi bersifat agresif, dan sel R-S yang jarang ditemui.

Gejala Limfoma Hodgkin

Seseorang yang menderita penyakit limfoma hodgkin umumnya akan memiliki gejala seperti:

– Demam sehingga kelelahan
– Penurunan berat badan
– Nyeri punggung dan leher yang disertai hiper-refleksia
– Pembesaran kelenjar limfe tetapi tidak ada rasa nyeri
– Splenomegali
– Komplikasi saluran pencernaan

Limfoma non-Hodgkin

Limfoma non-Hodgkin adalah jenis kanker yang tumbuh pada sistem limfatik didalam tubuh. Limfatik tersebut memiliki pembuluh-pembuluh limfe yang membawa cairan bening atau cairan limfe, cairan tersebut mengandung limfosit yaitu salah satu jenis sel darah putih, dan pada organ limfe juga terdapat nodus limfe, organ limpa dan kelenjar timus.

Limfoma non-Hodgkin juga merupakan kelompok penyakit keganasan primer yang berasal dari limfosit B, sedangkan limfosit T sangat jarang dan berasal dari sel Natural Killer yang posisinya berada di dalam sistem limfe. Sel-sel darah putih dari limfosit dalam sistem limfatik akan membantu dalam pembentukan antibodi tubuh yang dapat memerangi infeksi. Sistem limfatik ini juga termasuk pada bagian yang sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Tetapi apabila sistem limfatik terserang penyakit kanker maka sistem kekebalan tubuh otomatis akan menurun sehingga akan mengalami infeksi.

Sistem limfatik mempunyai peran yaitu menyerap lemak dan vitamin yang larut lemak dari organ saluran pencernaan atau sebagai saluran transportasi bagi zat-zat ke bagian dalam sirkulasi pembuluh vena atau pembuluh darah balik. Sistem limfatik akan mengirim kelebihan cairan antar protein dan sel ke dalam aliran darah. Sel getah bening terdapat didalam darah dan kelenjar getah bening, limfoma ini sering menyerang sel getah bening yang berada pada tipe sel darah putih. Kebanyakan penderita mengalami kelenjar getah bening dibagian leher karena dibagian leher mempunyai banyak susunan kelenjar getah bening, tetapi ada juga dibagian pangkal paha dan ketiak.

Apabila kanker getah bening ini membesar dan menyebar maka akn mengalami resiko tumbuhnya limfoma yang akan merasakan rasa sakit yang luar biasa serta akan mengalami pembengkakan. Sebagian besar penderita limfoma sering terjadi pada pria yang berusia dari sekitar 18-35 tahun, bahkan seseorang yang berusia sekitar 50 tahun juga dapat mengalaminya.

Menurut penelitian penyebab terjadinya penyakit limfoma karena adanya virus didalam tubuh, yaitu Virus Epstein Barr.
Virus Epstein Barr berasal dari munculnya dibagian tubuh yang memiliki kelebihan kelenjar getah bening. Virus ini berupa benjolan yang disertai tanpa rasa sakit, bahkan virus ini akan menetap dan menyebar ke bagian tumbuhnya virus tersebut.

Penyebab Limfoma non-Hodgkin

Penyebab dari penyakit limfoma non-hodgkin belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan adanya penyakit tersebut, antara lain:

* Faktor usia
* Jenis kelamin
* Kondisi Autoimun
* Sistem kekebalan tubuh yang lemah
* Mengidap infeksi seperti virus atau bakteri
* Faktor keturunan

Gejala Limfoma non-Hodgkin

Seperti pada umumnya penderita penyakit kanker yang lainnya juga, penyakit ini memiliki beberapa gejala yang harus diwaspadai diantaranya:

– Demam
– Sakit dada
– Batuk secara terus menerus
– Penurunan berat badan
– Gatal-gatal
– Nafas yang tersengal-sengal
– Berkeringat terutama pada malam hari
– Perut terasa sakit dan terjadi pembengkakan
– Gangguan pencernaan
– Mudah lelah
– Sering mengalami infeksi yang sulit hilang
– Anemia

Jadi pada intinya penyakit Limfoma adalah suatu kelompok tumor yang bersifat ganas yang terjadi pada limfoid.

*Limfoma Hodgkin umumnya menyerang dibagian kelenjar getah bening yang terletak pada bagian kepala dan leher, sedangkan

*Limfoma non-Hodgkin umumnya menyerang pada jaringan limforetikular perifer kelenjar limfe, kelenjar limfe palatum, pipi, gusi, tonsil, serta dasar mulut.

Demikian pengertian dari penyakit limfoma hodgkin dan limfoma non-Hodgkin beserta penyebab dan gejalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Khasiat Buah Nanas Untuk Membasmi Penyakit Kanker
    Jika makan nanas, pada bagian tengahnya dibuang...
  • Efek Samping Melakukan Pengobatan Kemoterapi
    Kemoterapi atau yang biasa disebut dengan kemo...
  • Manfaat dan Jenis Olahraga Untuk Mantan Penderita Kanker
    www.ahlikanker.com – Seseorang yang telah berhasil sembuh...
  • Perbedaan Antara Kanker Payudara Pada Pria dan Wanita
    www.ahlikanker.com – Apa sebenarnya yang menjadi perbedaan...
  • Ketahui Faktor Pemicu Penyakit Leukemia Pada Anak
    www.ahlikanker.com – Hampir 60% penyakit yang dialami...