Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Jenis Olahraga yang Dapat Dilakukan Setelah Operasi Kanker Serviks

Diposkan oleh : Green World pada 11:20 am tanggal December 12, 2017

www.ahlikanker.com – Melakukan olahraga setelah operasi kanker serviks memang sangat penting guna untuk menjaga kebugaran tubuh serta mempercepat proses penyembuhan. Akan tetapi untuk jenis olahraga tidak bisa sembarangan. Sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu latihan apa saja yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kondisi tubuh supaya menjadi seperti semula.

Jika anda baru saja menjalani operasi kanker serviks, anda diharuskan untuk melakukan olahraga secara teratur. Dengan membakar energi dan mengurangi berat badan maka dapat membantu untuk mengembalikan kesehatan tubuh anda. Hal ini maka dapat memberikan efek yang signifikan apabila telah menjalani pengobatan kemoterapi dan radiasi.

jenis olahraga setelah operasi kanker serviks

Selain itu juga, olahraga dapat membantu untuk memperbaiki mood, mengurangi kelelahan yang menjadi efek samping dari operasi besar, dan meningkatkan rasa percaya diri. Nah, dari itulah mengapa olahraga juga harus dilakukan bagi anda yang telah menjalani operasi kanker serviks. Selain itu, anda juga akan mendapatkan manfaat kesehatan lainnya dari olahraga dengan seiringnya waktu. Pada umumnya, gerakan-gerakan olahraga tersebut akan meningkatkan tingkat kebugaran, mengurangi berat badan, mengurangi massa tubuh, serta mencegah resiko penyakit jantung dan diabetes.

Lalu apa saja jenis olahraga yang dapat dilakukan setelah operasi kanker serviks?

Jenis Olahraga Setelah Operasi Serviks

Olahraga yang memang terbukti sangat baik bagi tubuh, meskipun hanya melakukan gerakan-gerakan ringan saja. Pada berikut ini terdapat beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan setelah operasi kanker serviks guna untuk mempercepat dalam penyembuhan dan menjaga kebugaran tubuh, antara lain :

Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga murah dan mudah yang dapat dilakukan setiap hari termasuk setelah melakukan operasi. Dengan melakukan jalan kaki sejauh 1,6 sampai 4,8 km per harinya, maka akan bermanfaat bagi anda untuk mempercepat proses penyembuhan. Olahraga jalan kaki sangat bermanfaat untuk membakar kalori dan membantu mengurangi berat badan.

Peregangan

Selama operasi, maka otot dapat memendek, maka dari itu ada beberapa teknik untuk melakukan peregangan ringan.Harus dipastikan untuk tidak melakukan peregangan berat dikarenakan hal ini dapat berpengaruh pada proses penyembuhan. Jika muncul tanda-tanda rasa sakit, maka berhentilah untuk mencoba melakukan olahraga ini.

Latihan Pernafasan

Latihan pernafasan memang sangat berguna untuk mempertahankan gerakan normal pada dada dan bermanfaat bagi organ paru-paru. Anda bisa berbaring terlentang dan menarik nafas secara perlahan. Cobalah untuk menarik nafas secara pelan untuk mendapatkan udara sebanyak mungkin sembari mengembangkan diafragma (otot bawah pusar). Namun, ketika anda tidak mampu untuk menarik nafas lebih lanjut, buatlah diri menjadi rileks dan buanglah nafas. Ulangi sampai 4 atau 5 kali, dan lakukan latihan ini minimal sehari 6 kali.

Heel Slide

Heel slide dapat membantu anda mengembalikan kelenturan pada lutut. Caranya, berbaringlah di lantai dengan menggunakan strap atau tali pengikat, kemudian lututnya ditekuk kedalam sampai terasa sedikit tekanan kecil didalam lutut. Lalu tahan posisi ini selama 10 detik dan geser kembali tumit ke bawah dan luruskan lutut anda. Bila perlu, ulangi sebanyak 10 kali.

Straight Leg Raise

Straight leg raise adalah latihan yang umum dilakukan dalam rehabilitasi cedera. Dengan berbaring secara terlentang dengan kedua kaki tegak lurus dan mengangkat kaki sekitar 15 cm dari lantai dengan menjaga lutut supaya tetap lurus. Tahan selama beberapa detik, kemudian kembali pada posisi awal secara perlahan. Angkat kaki untuk 4 hitungan dan turunkan kaki untuk 4 hitungan. Lakukan sebanyak 3 set yang terdiri dari 6 hingga 10 pengulangan dalam 3 atau 4 jari pertama setelah melakukan operasi. Cobalah untuk melakukan lebih banyak lagi set hingga kesehatan membaik.

Olahraga memang sangat diperlukan untuk kesehatan dan pemulihan setelah melakukan operasi kanker serviks. Penting bagi anda untuk selalu memperhatikan respon tubuh pada setiap gerakan.

Related post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Perbedaan Tes IVA dan Pap Smear Untuk Mendeteksi Kanker Serviks
    Ahli Kanker – Kanker serviks adalah jenis penyakit...
  • Awas ! Penyakit Kanker Jantung Yang Langka Namun Mematikan
    www.ahlikanker.com – Ada berbagai gangguan pada jantung seperti...
  • Ketahui Pilihan Untuk Pengobatan Kanker Usus Besar Pada Stadium Lanjut
    Kanker usus besar merupakan jenis penyakit yang...
  • Terapi Hormon Untuk Penderita Penyakit Kanker Payudara
    www.ahlikanker.com – Terapi hormon atau yang dikenal sebagai...
  • Komplikasi Yang Sering Terjadi Pada Penyakit Kanker Serviks
    www.ahlikanker.com – Kanker serviks merupakan salah satu penyakit...