Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Jenis-jenis Pengobatan Penyakit Kanker Payudara Stadium 4

Diposkan oleh : Green World pada 11:01 am tanggal June 3, 2017

Kanker payudara stadium 4 adalah fase yang dimana terdapat sel kanker yang sangat parah dan ganas. Untuk penyembuhan pada penderita pun kemungkinan sangat kecil. Namun, untuk penderita tentu saja harus berusaha dan juga optimis dalam menyembuhkan penyakit kanker payudara tersebut.

jenis pengobatan kanker payudara

Pada umumnya kondisi penderita kanker dibedakan berdasarkan pada tingkat keparahannya yang disebut dengan stadium. Peringkat stadium akan membantu dokter dalam menentukan penanganan yang tepat untuk pasien. Pada kanker payudara, penentuan akan ditentukan berdasarkan pada ukuran tumor, apakah sel kanker sudah menyebar pada kelenjar getah bening, atau apakah sel kanker telah menyebar pada bagian tubuh yang lainnya. Untuk itu semakin tinggi angkat stadium maka semakin berat kondisi yang diderita.

Kondisi Kanker Stadium 4

Pada stadium 4 sel kanker akan mengalami fase metastasis, yang artinya penyebaran sel kanker pada jaringat tubuh semakin luas. Penyebaran sel kanker tersebut akan menjalar pada bagian kelenjar getah bening dan lebih berbahaya lagi sel kanker dapat menjalar pada tulang, paru-paru, otak, serta hati. Apabila sel kanker sudah sangat menyebar, maka dapat timbul komplikasi penyakit lainnya.

Pada sejauh ini pengobatan kanker payudara stadium 4 memang belum tersedia obat yang spesifik. Namun dengan menyusutnya kanker, pengobatan pun dapat memperlambat penyakit, membantu penderita merasa lebih baik, dan membiarkan hidup lebih lama. Meskipun penderita kanker payudara stadium 4 dapat hidup bertahun-tahun tetapi juga akan mengancam jiwa setiap saat.

| Artikel terkait : Perbedaan Antara Kanker Payudara Pada Pria dan Wanita

Ciri-ciri Kanker Payudara

Ciri-ciri dari kanker payudara stadium 4 yaitu kelanjutan dari stadium 3. Hal ini dapat terlihat dar gejala kanker payudara seperti berikut :

  • Rasa nyeri yang sangat terasa sakit.
  • Payudara mengeluarkan darah dan bernanah.
  • Terdapat borok pada payudara yang besar.
  • Benjolan yang sudah besar dan bahkan tidak diketahui ukurannya.
  • Terasa perih dan panas yang sangat mengganggu.
  • Berat badan menurun.
  • Mengeluarkan bau tidak sedap.
  • Terjadi komplikasi penyakit lainnya.

Jenis-jenis Pengobatan

Berikut jenis dalam penanganan yang dapat diberikan pada penderita kanker payudara stadium 4 :

1. Kemoterapi

Kemoterapi menjadi metode dalam penanganan utama. Pengobatan ini sering menjadi pilihan yang utama dalam tahap kanker payudara stadium 4. Hal ini karena dapat memperlambat masa pertumbuhan kanker. Kemoterapi juga sering digunakan dalam kombinasi lainnya seperti terapi hormon atau imunoterapi. Biasanya efek samping pengobatan kemoterapi akan menimbulkan kebotakan, mual-mual, dan berat badan turun.

2. Terapi Hormonal

Jenis pengobatan ini dapat membantu pada wanita yang dalam perkembangan kankernya membutuhkan hormon. Yaitu dengan kata lain, terapi hormon juga dapat diberikan pada wanita dengan kanker reseptor hormon yang positif.

3. Terapi Radiasi

Langkah yang digunakan untuk menghancurkan atau menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yaitu dengan melalui pemberian X-ray. Jenis terapi ini tepat digunakan apabila persebaran sel kanker telah diketahui secara pasti. Selain itu disinar pada area kanker yang berkembang, radiasi juga dapat dimasukkan dengan melalui jarum suntik atau selang pada lokasi dekat tumor.

4. Operasi

Dalam penerapan operasi bergantung pada bentuk dan juga bagian mana kanker yang telah menyebar. Seperti pada kelenjar getah bening yang telah terkena penyebaran kanker tersebut atau metastasis pada paru-paru yang bentuknya masih bisa untuk dioperasi. Pada kasus-kasus tertentu, operasi mungkin akan diperlukan untuk mengangkat ovarium supaya mengurangi kadar hormon estrogen.

5. Manajemen Nyeri

Dalam pemilihan metode manajemen nyeri akan bergantung pada sumber dan juga jenis rasa sakit yang diderita. Dengan meredakan rasa sakit, maka kualitas hidup akan menjadi lebih baik.

Pencegahan

Dalam pencegahan penyakit kanker payudara alangkah baiknya dilakukan sejauh mungkin sebelum kanker payudara ada pada stadium 4, termasuk saat penyakit kanker baru pada stadium 1, 2, dan 3. Berikut beberapa pencegahan kanker yang dapat dilakukan :

– Konsumsi makanan yang bernutrisi dan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat berbahaya.
– Menjaga berat badan.
– Rutin berolahraga.
– Tidak merokok.
– Banyak minum air putih.
– Tidak makan dan minuman yang beralkohol.
– Lakukan pemeriksaan apabila terdapat benjolan pada bagian payudara dan sekitar bawah katiak.

Selain dengan berbagai penanganan diatas, gejala-gejala lainnya seperti mual ataupun kelelahan merupakan efek samping kanker payudara yang dapat diatasi dengan pemberian obat lain. Namun jauh sebelum kondisi ini terjadi, supaya untuk memeriksa payudara dengan cara teratur. Oleh karena itu terapkan pola hidup yang sehat merupakan cara yang terbaik dalam mencegah kanker payudara.

| Baca juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Tips Diet Untuk Menurunkan Resiko Penyakit Kanker Serviks
    Kanker serviks merupakan penyakit yang mematikan kedua...
  • Kenali Sejak Dini Mengenai Penyakit Kanker Payudara Pada Pria
    Kanker payudara sering dianggap sebagai kondisi yang...
  • Fakta atau Hoax Mengenai Tanaman Dolar Penyebab Kanker Leukimia
    www.ahlikanker.com – Sebagian besar pasti bertanya-tanya mengenai...
  • Mengenal Jenis-jenis Penyakit Leukimia dan Penyebabnya
    www.ahlikanker.com – Leukimia merupakan salah satu penyakit...
  • Kenali Sejak Dini Mutasi Gen Penyebab Kanker
    Kanker memang sering muncul tanpa diduga meskipun...