Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Hindari Terhadap Penyakit Ganas Multiple Myeloma

Diposkan oleh : Green World pada 10:18 am tanggal December 10, 2016

Apa itu Multiple Myeloma???

multiple myeloma

Multiple Myeloma adalah suatu jenis kanker yang sangat ganas dimana jenis kanker tersebut akan menyerang pada produksi protein sel plasma didalam sumsum tulang yang membantu tubuh untuk melawan infeksi. Jumlah dari sel Multiple myeloma lebih banyak dibandingkan dengan jumlah sel darah sehat. Sehingga akan terjadi alih-alih memproduksi protein yang bekerja sebagai penghasil antibodi pencegah infeksi penyakit, kemudian pada sel kanker ini justru akan memproduksi protein abnormal yang akhirnya akan merugikan bagi tubuh.

Multiple myeloma akan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh melemah serta dapat mengakibatkan masalah pada organ ginjal, tulang, bahkan anemia. Dalam hal ini, sel plasma akan tumbuh dan berkembang tanpa terkendali dan akan mendesak pada sel-sel yang sehat termasuk pada sel darah putih dan sel darah merah. Saat produksi ini berlebihan maka akan mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh lainnya termasuk pada sel sumsum tulang lain bagian tubuh.

Penyakit ini dapat menyerang pria maupun wanita yang biasanya terjadi pada usia 40 tahun keatas. Sebagian besar tumor sel plasma terjadi pada tulang panggul, tulang rusuk, tulang belakang, dan tulang tengkorak. Tetapi selain terjadi pada tulang, penyakit ini juga sering terjadi pada organ paru-paru bahkan organ reproduksit.

Pada sel plasma abnormal akan selalu menghasilkan dalam jumlah besar antibodi yang abnormal sehingga antibodi yang normal akan berkurang akibatnya seperti yang telah disebutkan diatas, penderita akan sangat mudah terkena infeksi. Antibodi yang abnormal akan terkumpul pada organ ginjal sehingga akan terjadi kerusakan pada ginjal dan mengalami gagal ginjal. Pecahan antibodi yang terdapat pada ginjal atau pada organ yang lainnya sehingga akan menghasilkan suatu endapan yang menyebabkan Amiloidosis. Pecahan yang terjadi pada antibodi yang berada pada air kemih disebut dengan Protein Bence-Jones.

Gejala Multiple Myeloma

Sebagian besar gejala dari penyakit kanker Multiple myeloma tidak disadari sehingga seorang penderita sudah berada pada stadium lanjut. Berikut ada beberapa tanda-tanda yang sering dialami oleh penderita Multiple myeloma diantaranya:

– Akan pada masalah pada tulang seperti nyeri pada tulang, tulang rapuh, dan tulang melemah.

– Jumlah kalsium pada darah akan melebihi batas normal sehingga akan menyebabkan dehidrasi, buang air kecil yang berlebihan.

– Terjadi masalah pada sistem saraf karena lemahnya pada tulang belakang atau bisa jadi saraf terjepit yang akan menyebabkan mati rasa, dan lemahnya pada otot.

– Jumlah darah yang sangat rendah seperti pada sel darah merah (Anemia) dan sel darah putih (Leukopenia), atau rendahnya jumlah pada keping darah (Trombositopenia). seperti hilangnya nafsu makan, turunnya berat badan, dan termasuk memar.

– Masalah pada ginjal saat tumpahan darah terjadi maka organ ginjal akan mengakibatkan pembengkakan pada kaki serta nafas akan melemah dan pendek.

– Akan terjadi peningkatan serangan infeksi, sehingga penderita cenderung akan terserang infeksi dikarenakan daya tahan tubuh kurang.

– Penderita akan mengalami seperti kebingungan atau pusing karena terjadi penebalan pada darah (Hiperviksositas).

Penyebab Multiple Myeloma

Kebanyakan penyakit kanker sampai saat ini masih belum diketahui penyebab utamanya, termasuk pada jenis penyakit Multiple myeloma. Namun ada beberapa faktor yang meningkatkan resiko perkembangan myeloma ini diantaranya:

1. Faktor lingkungan, karena dekatnya dengan bahan kimia seperti herbisida, pewarna rambut, benzoat, raidasi, serta insektisida.

2. Faktor keturunan, atau memiliki kelainan seperti onkogen c-myc.

3. Pola hidup yang tidak sehat, seperti seringnya mengkonsumsi alkohol, kebiasaan merokok, dan lain-lain.

Selain itu dalam penelitian telah menemukan bahwa seseorang yang telah berusia 65 tahun keatas dan berjenis kelamin pria yang berketurunan dari Negara Afrika atau Amerika serta memiliki berat badan diatas normal maka cenderung akan sangat lebih mudah mengidap penyakit kanker Multiple myeloma. Dan mereka yang memiliki penyakit seperti sel plasma seperti Monoclonal Gammopathy of Uncertain Significance (MGUS) dan Plasmasitoma maka akan beresiko juga mengidap penyakit Multiple myeloma.

Infeksi-infeksi

Terjadinya infeksi yang dialami oleh penderita multiple myeloma, hal ini seperti:

* Nyeri

Tulang akan merasakan nyeri kesakitan seperti yang telah disampaikan pada gejala penyakit tersebut.

* Terlalu banyak calcium didalam darah

Penyakit ini mungkin saja terjadi karena jumlah calcium yang banyak sehingga calcium dapat meninggalkan tulang-tulang serta akan memasuki aliran pada darah. Tingkat calcium yang tinggi akan membuat kelelahan dan melemah pada tubuh serta dehidrasi.

* Tulang-tulang yang menipis

Terbentuknya sel-sel yang baru maka sel pada myeloma akan menahan sehingga tulang akan menjadi menipis.

* Amyloidosis

Masalah ini disebabkan karena adanya pengumpulan protein-protein yang abnormal yang ada dalam jaringan-jaringan tubuh. akibatnya akan terasa nyeri pada kaki yang membengkak dan pada dada.

* Masalah Ginjal

Apabila persoalannya sudah parah makan penderita mungkin memerlukan dialysis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Kenali Sejak Dini Mutasi Gen Penyebab Kanker
    Kanker memang sering muncul tanpa diduga meskipun...
  • Jenis-jenis Pengobatan Penyakit Kanker Payudara Stadium 4
    Kanker payudara stadium 4 adalah fase yang...
  • Manfaat Buah Bit Untuk Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Buah bit merupakan buah yang...
  • Khasiat Daun Kelor Untuk Mengobati Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Daun kelor tidak hanya bermanfaat...
  • Kenali Pemberian Vaksin Sebagai Pencegah Kanker Serviks
    Kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit...