Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Hati-hati Dengan Penyakit Mematikan “Kanker Pankreas”

Diposkan oleh : Green World pada 9:52 am tanggal November 22, 2016

Apa itu kanker pankreas?

kanker pankreas

Kanker Pankreas adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan mematikan, karena adanya tumor di dalam pankreas yang tumbuh. Pankreas merupakan sebuah kelenjar besar dari bagian sistem pencernaan dan memiliki ukuran panjang kurang lebih 15cm. Posisi organ pankreas ini terletak di bawah perut. Penyakit kanker pankreas ini akan menyebar ke organ yang lainnya dengan pertumbuhan sel pankreas yang tidak terkendali sehingga menyebabkan pembentukan tumor.

Pankreas berfungsi untuk memproduksi pencernaan hingga menguraikan makanan agar dapat diserap oleh tubuh. Pankreas juga bertugas memproduksi hormon, termasuk insulin yang berfungsi untuk menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh. Jenis penyakit ini dapat menyerang laki-laki atau wanita rata-rata pada yang berusia lanjut di atas 75 tahun.

Penyakit Kanker Pankreas memiliki dua jenis jaringan kelenjar yaitu Kelenjar Eksorin yang berfungsi untuk memproduksi enzim pencernaan, dan Kelenjar Endokrin yang berfungsi untuk memproduksi hormon. Namun kelenjar eksokrin merupakan kelenjar yang sering terjangkit kanker pankreas dan dengan gejala umumnya seperti penyakit kuning, nyeri punggung, nyeri perut, dan kehilangan bedat badan.

Penyebab Penyakit Kanker Pankreas

Sampai saat ini belum diketahui apa penyebab dari penyakit kanker pankreas, namun terdapat bebebrapa faktor yang dapat meningkatkan terkena penyakit kanekr pankreas diantaranya:

1. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok sangat kurang baik bagi kesehatan kita, hal ini juga dberpengaruh terjadinya penyakit kanker pankreas. Dengan kebiasaan merokok yang berlebih dapat dengan mudah terserang kanker pankreas dengan potensi yang sangat besar.

2. Usia

Faktor usia dapat berpotensi tinggi mengalami penyakit yang sangat serius terutama penyakit kanker pankreas. Tetapi bukan semua orang yang sudah berusia lanjut akan mengalami penyakit kanker, ini tergantung dari cara kita melakukan pola hidup yang benar dan tidaknya.

3. Faktor Genetik

Sebagian besar apabila ada salah satu anggota keluarga yang terkena penyakit kanker, maka kemungkinan besar kita juga dapat mengidap penyakit yang sama.

4. Infeksi Pankreas

Infeksi atau radang yang tidak segera ditangani dalam waktu yang lama maka akan mengembangnya penyakit kanker pankreas.

5. Kurang Olahraga

Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, tetapi kebanyakan orang menyepelekan aktifitas ini. Padahal kurangnya berolahraga dapat menimbulkan resiko penyakit seperti obesitas, kolesterol, penyakit jantung, bahkan akan mengalami penyakit kanker pankreas.

6. Diabetes

Apabila seseorang memiliki penyakit diabetes maka akan berpotensi besar mengalami kanker pankreas. Bagi penderita diabetes yang sudah lama (bertahun-tahun) kemungkinan besar akan mengalami penyakit kanker pankreas.

7. Bakteri Helicobacter Pylori

Bakteri ini memberikan seragan terhadap lambung sehingga akan terjadi infeksi di bagian lambung. Infeksi inilah yang berpotensi terkena kanker pankreas yang akan tumbuh semakin besar.

8. Kelebihan Berat Badan (Obesitas)

Selain akan mengalami penyakit darah tinggi, kolesterol, jantung, kelebihan berat juga dapat memicu terhadap penyakit kanker pankreas.

9. Hepatitis Kronis

Penderita hepatitis yang sudah pada level kronis dapat berpotensi sangat buruk terkena penyakit kanker pankreas, karena sudah cukup besar bagi yang sudah atau terkena infeksi virus hepatitis.

Gejala Penyakit Kanker Pankreas

Untuk gejala awal penyakit kanker pankreas tidak begitu menimbulkan gejala yang sangat serius. Tetapi apabila penyakit ini sudah mulai pada stadium lanjut atau sudah tumbuh dan menyebar akan muncul gejala seperti berukut:

– Nyeri perut

Tumor yang tumbuh akan menekan saraf pada perut, sehingga akan merasakan rasa sakit. Ketika Anda makan atau berbaring tidur akan merasakan sakit yang parah

– Gatal

Pada penyakit kanker pankreas stadium lanjut akan timbul rasa gatal yang hebat karena adanya tingkat asam pada empedu yang tinggi sehingga terakumulasi pada kulit.

– Mual

Tumor yang sudah menghalangi bagian sistem pencernaan, maka bagian atas usus dua belas jari akan menyebabkan rasa mual bahkan muntah.

– Penyakit Kuning

Penyakit kuning disebabkan karena kanker panjang yang sudah menghalangi saluran empedu hati. Kulit dan mata akan menguning, urine akan berubah warna menjadi gelap, bahkan tinja akan berwarna pucat.

– Turunnya Berat Badan

Beberapa faktor dapat menyebabkan penurunan berat badan termasuk pada penderita penyakit kanker pankreas. Rasa mual dan muntah akan membuat Anda kesulitan untuk makan sehingga berat badan pun akan menurun karena kurangnya asupan makanan.

– Peningkatan Gula Darah

Naiknya kadar gula darah akan berpengaruh tehadap kemampuan pankreas untuk memproduksi insulin dan dapat meningkatkan resiko diabetes.

Jika kita perhatikan dengan seksama, sangat mudah sekali untuk mengetahui gejala atau tanda-tanda dari penyakit kanker pankreas. Maka dari itu diperlukan kesadaran untuk kita semua agar mau melakukan pola hidup yang sehat.

Agar kita jauh dari penyakit itu khusunya penyakit kanker pankreas mari kita lakukan pencegahan dengan yang lebih mudah terlebih dahulu seperti berhneri melakukan kebiasaan merokok, melakukan olahraga secara rutin dan teratur, banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta atur berat badan Anda agar lebih ideal.

2 responses to “Hati-hati Dengan Penyakit Mematikan “Kanker Pankreas””

  1. […] metastase pada organ sekunder yang posisinya berdekatan seperti pada perut, saluran empedu, dan kanker pankreas. Penyakit kanker ini bukan dari sebuah penyakit kanker yang berasal dari faktor keluarga. Namun […]

  2. […] dari penyebaran kanker ini akan berpindah mulai dari organ paru-paru, tulang, kulit, otak, adrenal, pankreas, serta pada organ yang […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Jenis Olahraga yang Dapat Dilakukan Setelah Operasi Kanker Serviks
    www.ahlikanker.com – Melakukan olahraga setelah operasi kanker serviks...
  • Mengenal Pengobatan Imunoterapi Untuk Penderita Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya...
  • Ketahui Tahapan Stadium Kanker Usus Besar Sejak Dini
    Kanker usus besar hanya bisa didiagnosis dengan...
  • Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar
    Kanker usus besar merupakan salah satu jenis...
  • Mengatasi Mual Akibat Dari Efek Samping Kanker Serviks
    Sekitar 70% penderita kanker serviks cenderung mengalami...