Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Hal-hal Yang Dapat Memicu Penyakit Kanker Vagina

Diposkan oleh : Green World pada 11:55 am tanggal December 30, 2016

Sebenarnya apa yang menyebabkan penyakit kanker vagina itu terjadi???

kanker vagina

Vagina adalah suatu saluran yang menghubungkan pada organ serviks (leher rahim) dengan bagian luar tubuh serta jalannya keluar bayi saat persalinan yang normal.

Kanker Vagina adalah jenis penyakit kanker yang terjadi pada bagian alat kelamin wanita dan terdapat suatu benjolan ataupun infeksi yang harus segera ditangani. Vagina terletak diantara vulva dan awal serviks uteri. Penyakit kanker vagina ini sangat berbahaya dan resiko yang akan dialami sangatlah besar. Vagina merupakan tempat yang sering terjadinya metastatis dari keganasan serta endometrium sehingga akan semakin sulit untuk menentukan lokasi yang utama dalam keganasannya.

Pada dinding vagina dilapisi dengan epitelium yang terbentuk dari sel-sel skuamosa. Dibawah epitelium terdapat jaringan ikat, otot involunter, kelenjar getah beningdan juga persarafan. Pada dinding vagina ini mempunyai lipatan yang dapat membantu agar vagina tersebut tetap terbuka saat berhubungan seksual maupun pada saat proses persalinan berlangsung. Menurut Internasional Federation of Gynocology and Obstetrics (FIGO) menyimpulkan bahwa, keganasan invasif yang melibatkan dan vagina diklasifikasikan sebagai keganasan serviks.

Ada 2 jenis kanker vagina, diantaranya:

– Kanker Sel Skuamosa

Jenis ini berasal dari lapisan epitelium vagina, dan lebih sering ditemukan pada bagian atas vagina akan tumbuh pada arah rongga vagina dan bentuknya seperti kutil atau bunga kol. Jenis kanker vagina ini biasanya terjadi pada wanita yang sudah berumur 60-80 tahun.

– Adenokarsinoma

Jenis kanker vagina ini paling sering terjadi pada wanita yang masih sangat muda, diperkirakan antara 12-30 tahun.

– Melanoma Maligna

Jenis kanker vagina ini lebih sering ditemukan pada vagina bagian bawah, dan berasal dari suatu sel-sel penghasil pigmen

– Sarkoma

Sebenarnya ada beberapa sarkoma, namun yang paling sering ditemukan adalah leiomiosarkoma yang menyerang pada wanita yang berusia 50 tahun keatas. Kanker ini akan tumbuh jauh didalam dinding vagina, namun bukan pada epitelium. Rahbomiosarkoma merupakan jenis kanker yang terjadi pada masa kanak-kanak, dan biasanya terjadi sebelum berusia 3 tahun. Sel-sel ini sangat mirip dengan sel otot volunter, yang dimana suatu jaringan dalam keadaan normal tidak ditemukan pada dinding vagina.

Jenis kanker karsinoma sel skuamosa tidak akan tumbuh dengan tiba-tiba, namun akan berkembang selama bertahun-tahun yang dari suatu perubahan prekanker pada vagina yang disebut dengan Neoplasi Intraepitel Vagina (NIVA).

Biasanya penyakit kanker vagina bisa saja muncul tanpa tanda-tanda apapun. Ada salah satu cara untuk bertindak mencegah dan juga mengetahui apakah terdapat kanker atau tidak pada bagian vagina yaitu Pop Smear. Metode tersebut dapat digunakan untuk mendiagnosa penyakit kanker ini.

PENYEBAB KANKER VAGINA

Seperti halnya penyakit kanker yang lainnya, pada penyakit kanker vagina ini juga sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun ada beberapa faktor yang dapat memicu meningkatnya penyakit kanker vagina, diantaranya:

1. Faktor usia

Sudah sebagian besar penderita kanker vagina telah ditemukan pada wanita yang berusia 50-70 tahun. Bahkan telah mencapai 50% bagi penderita karsinoma sel skuamosa dan terjadi pada wanita yang berusia 60 tahun keatas.

2. Adenosis Vagina

Saat dalam keadaan normal vagina dilapisi oleh sel gepeng yang dinamakan Sel Skuamosa. Sekitar 40% wanita yang sudah mengalami menstruasi, dan vagina dapat ditemukan daerah-daerah tertentu yang telah dilapisi oleh sel-sel yang serupa dengan sel-sel yang ditemukan pada kelenjar rahim pada bagian bawah dan juga lapisan rahim, dan kondisi ini dinamakan Adenosis. Hal ini terjadi hampir pada semua wanita yang terkena DES selama dalam perkembangan janin.

3. DES (Dietilstilbestrol)

DES merupakan jenis obat hormonal yang paling banyak digunakan pada jaman dulu sekitar tahun 1940-1970, yang tujuannya untuk mencegah keguguran pada wanita yang sedang hamil. Resikonya sangat tinggi pada ibu yang mengkonsumsi DES, dan akan terjadi pada usia kehamilan 16 minggu.

4. Infeksi Human Papiloma Virus (HPV)

Adalah jenis virus yang menyebabkan tumbuhnya berupa kutil yang ditularkan saat berhubungan seksual.

5. Berganti-ganti pasangan

6. Iritasi Vagina

7. Kebiasaan Merokok

8. Hubungan seksual pertama pada usia dini

9. Kanker serviks

10. Melakukan seksual dengan orang yang sering berganti-ganti pasangan.

GEJALA KANKER VAGINA

Ada beberapa gejala yang paling umum terjadi pada penderita penyakit kanker vagina, antara lain:

– Konstipasi
– Pendarahan setelah menopause
– Nyeri pada rongga panggul
– Seringnya buang air kecil
– Terasa nyeri saat berhubungan seksual dan juga buanga air kecil
– Terdapat cairan keputihan yang bercampur darah dan bau
– Akan muncul rasa gatal dan terdapat benjolan pada bagian vagina

Ada tingkatan yang berkembang pada penyakit kanker vagina, meliputi:

* Stadium 1 – Kanker yang telah tumbuh pada bagian dinding vagina

* Stadium 2 – Kanker akan mulai menyebar keluar vagina pada jaringan-jaringan yang ada disekitarnya

* Stadium 3 – Kanker sudah menyebar pada bagian panggul dan mungkin sudah menyebar pada kelenjar getah bening yang terdekat

* Stadium 4a – Kanker sudah menyebar keluar vagina hingga ke organ sekitarnya seperti pada kantung kemih ataupun rektum

* Stadium 4b – Kanker telah menyebar pada organ yang posisinya lebih jauh, spserti pada organ paru-paru.

Itulah ulasan dari penyakit kanker vagina. Untuk itu kembangilah pola hidup yang sehat dan baik, agar kita terhindar dari segala berbagai macam penyakit. Seperti pepatah, mencegah itu lebih baik dari pada mengobati 🙂

2 responses to “Hal-hal Yang Dapat Memicu Penyakit Kanker Vagina”

  1. […] serviks (leher rahim) dengan jalan keluarnya bayi ketika proses persalinan dan bagian luar tubuh. Kanker Vagina adalah suatu jenis kanker ganas yang muncul pada bagian vagina, namun tidak meliputi pada serviks […]

  2. Wood says:

    I know that. I know Eric. I know. But in the cockpit, you do hear the roar and that would make this sodncpauk better because you gotta hear the roar when in the cockpit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Manfaat Buah Bit Untuk Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Buah bit merupakan buah yang...
  • Khasiat Daun Kelor Untuk Mengobati Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Daun kelor tidak hanya bermanfaat...
  • Kenali Pemberian Vaksin Sebagai Pencegah Kanker Serviks
    Kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit...
  • Bahaya Kandungan Klorin dan Dioxin Pada Pembalut
    Sudah menjadi fitrah alami bagi setiap wanita...
  • Khasiat Buah Nanas Untuk Membasmi Penyakit Kanker
    Jika makan nanas, pada bagian tengahnya dibuang...