Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Kenali Berbagai Gejala Penyakit Kanker Payudara Stadium 4

Diposkan oleh : Green World pada 2:48 pm tanggal August 4, 2018

Kenali Berbagai Gejala Penyakit Kanker Payudara Stadium 4 – Kanker payudara adalah pemicu terjadinya kematian terbesar yang dapat menyerang wanita selain dari kanker rahim. Maka dari itu, sangat penting bagi wanita untuk mengetahui berbagai gejala dari penyakit kanker payudara tersebut. Jika kita mengetahui lebih awal, maka kita juga dapat melakukan pencegahan dan bahkan bisa sembuh hingga 98%. Akan tetapi, kurangnya kesadaran dan juga pengetahuan bagi para wanita yang belum mengetahui akan hal ini.

berbagai gejala penyakit kanker payudara stadium 4

Pada umumnya kondisi ini dapat dibedakan berdasarkan tingkat keparahan kondisi yang dialami. Dokter pun akan memberikan penanganan yang tepat. Penentuan akan ditentukan berdasarkan dari ukuran tumor apakah sudah menyebar pada kelenjar getah bening, atau bahkan telah menyebar pada bagian tubuh lainnya. Sehingga hal ini akan semakin tinggi jumlah stadium dan semakin berat juga kondisi yang dialami.

Untuk kanker payudara stadium 4, maka sel kanker telah menyebar ke bagian tubuh lainnya, terutama pada organ paru-paru, tulang, hati bahkan otak. Kanker payudara stadium 4 biasanya disebut sebagai kanker payudara dengan metastasis atau kanker payudara stadium lanjut. Terjadinya penyebaran tersebut akan menyebabkan penanganan lokal dalam bentuk radiasi maupun tindakan operasi yang mungkin tidak akan efektif dalam penyembuhannya.

Seringnya terjadi pada wanita yang baru tahu bahwa dirinya telah mengidap penyakit kanker payudara setelah memasuki stadium lanjut. Kanker payudara stadium 4 digolongkan sebagai stadium terparah yang sangat membutuhkan terapi insentif dan juga berkelanjutan. Berikut ini ada beberapa tanda dan gejala penyakit kanker payudara stadium 4.

Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Payudara Stadium 4

  • Benjolan di payudara

Adanya benjolan tumor pada payudara di tahap awal sangat jarang terjadi namun bisa dilihat dan dirasakan. Untuk mendeteksi adanya benjolan tersebut sejak dini, maka dokter pun akan melakukan pemindaian gambar dengan mammorgam.

Pada setiap kasus yang terjadi stadium 4, adanya benjolan yang akan tampak kasat mata dan juga dapat dirasakan. Biasanya benjolan tersebut terdapat pada bawah ketiak atau sekitarnya. Dan dokter pun biasanya akan merekomendasikan untuk menjalani tindakan operasi pengangkatan tumor.

  • Keluar cairan dari puting

Adanya cairan yang keluar dari puting secara tiba-tiba merupakan gejala yang umum terjadi dan sering ditemukan pada semua tahapan kanker payudara. Cairan tersebut akan menetes keluar dan bisa berwarna kuning seperti nanah, atau air biasa.

  • Pembengkakan

Tahap awal yang terjadi yaitu meskipun ukuran dan penampilan payudara terlihat normal, namun sel kanker yang sedang tumbuh dan berkembang di dalamnya. Pada tahapan selanjutnya penderita akan mulai menyadari adanya pembengkakan di area payudara dan dibawah ketiak, yang dimana terdapat kelenjar getah bening. Pembengkakan tersebut akan mulai terasa sangat jelas dan dapat menyakitkan.

  • Perubahan kulit

Kanker payudara ternyata dapat mempengaruhi pada penampilan kulit. Pada umumnya penampilan yang abnormal akan terjadi pada sekitar puting dan adanya kehadiran tumor kecil dalam payudara tersebut. Kulit akan terasa gatal atau seperti kesemutan, terlihat merah dan menebal. Terjadinya peradangan akibat dari kanker tersebut dapat mempengaruhi pada kulit. Sel kanker akan menutup pada jalur getah bening serta menyebabkan kemerahan, pembengkakan dan kulit pun akan mencekung ke dalam. Dari semua kanker payudara stadium 4 memiliki gejala peradangan kulit yang serupa. Dari beberapa kasus tertentu, maka penebalan payudara dan warna yang kemerahan akan menunjukkan tanda awal kanker.

  • Kelelahan

Kelelahan merupakan gejala yang sering terjadi pada penderita kanker payudara. Dari seperempat populasi penderita selama terapi berlangsung, maka akan merasakan kelelahan setelah selesai menjalani terapi.

  • Terasa sakit dan tidak nyaman

Dengan seiringnya pertumbuhan kanker, maka penderita akan merasakan sakit dan tidak nyaman pada area payudara. Terlebih jika sel kanker dapat menyebabkan peradangan kemerahan atau adanya iritasi pada kulit. Tumor yang berukuran besar dapat menyebabkan sakit dan tekanan yang tidak nyaman pada payudara. Dan rasa sakit tersebut kemungkinan dapat diakibatkan oleh adanya luka bakar akibat dari terapi radiasi.

  • Nafas terengah-engah

Penderita akan mengalami sesak dada, sulit untuk menarik nafas secara dalam-dalam serta kesulitan untuk bernafas. Bahkan terkadang pada gejala ini akan mengindikasikan bahwa kanker telah menjalar pada paru-paru. Tindakan kemoterapi dan radiasi merupakan salah satu faktor risiko dari gejala ini.

Itulah beberapa gejala penyakit kanker payudara stadium 4. Semoga pada artikel ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk Anda. Salam hangat Ahli Kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Kenali Berbagai Gejala Penyakit Kanker Payudara Stadium 4
    Kenali Berbagai Gejala Penyakit Kanker Payudara Stadium...
  • Perbedaan Tes IVA dan Pap Smear Untuk Mendeteksi Kanker Serviks
    Ahli Kanker – Kanker serviks adalah jenis penyakit...
  • Awas ! Penyakit Kanker Jantung Yang Langka Namun Mematikan
    www.ahlikanker.com – Ada berbagai gangguan pada jantung seperti...
  • Ketahui Pilihan Untuk Pengobatan Kanker Usus Besar Pada Stadium Lanjut
    Kanker usus besar merupakan jenis penyakit yang...
  • Terapi Hormon Untuk Penderita Penyakit Kanker Payudara
    www.ahlikanker.com – Terapi hormon atau yang dikenal sebagai...