Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Gejala Awal Terjadinya Penyakit Kanker Laring (Kanker Tenggorokan)

Diposkan oleh : Green World pada 1:49 pm tanggal November 24, 2016

Mendengar kata kanker tentu Anda akan langsung takut dan membuat bulu kuduk berdiri, karena jenis penyakit kanker itu bersifat berbahaya dan mematikan. Penderita juga akan membuat rasa sakit yang parah.

kanker laring

Kanker laring adalah tumbuhnya tumor pada jaringan kotak suara(laring). Kanker laring juga dikenal dengan kanker tenggorokan. Jenis penyakit ini sangat bersifat ganas karena banyak orang yang pernah mengalami jenis penyakit ini. Tenggorokan memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh kita karena dapat membantu proses pernapasan dan bicara. Bagian organ ini juga berfungsi melindungi paru-paru dari asupan makanan pada saat kita menelan.

Kanker laring sama halnya seperti kanker mulut dan lidah, kebanyakan orang kanker tenggorokan yang dialami memiliki jenis karsinoma sel skuamosa. Kanker ini memiliki beberapa jenis, diantaranya:

– Kanker orofaring (tenggorokan bagian tengah, belakang lidah)
– Kanker nasofaring (tenggorokan bagian atas, belakang hidung)
– Kanker hipofaring (tenggorokan bagian bawah)
– Kanker laring (pita suara)

Penyebab dibalik kanker adalah tumbuhnya sel-sel abnormal, tetapi sampai saat ini belum diketahui pemicu terjadinya kanker ini. Namun ada beberapa faktor yang menyebabkan terjangkit penyakit kanker laring, antara lain:

– Merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan menjadi pemicu utama dari penyakit kanker laring.

– Mengkonsumi Berbahan Kimia

Makanan yang banyak mengandung bahan kimia dapat menjadi faktor penyebab kanker laring, seperti dari zat pewarna makanan, atau makanan yang diasamkan, dan sebagainya. Selain menyebabkan penyakit laring, mengkonsumsi makanan berbahan kimia dapat mengakibatkan penyakit lambung.

– Minum Alkohol

Alkohol dapat merusak saraf serta mengurangi tingkat kesadaran pikiran. Alkohol juga dapat merusak pita suara kita. Oleh karena itu alkohol tidak baik untuk dikonsumsi karena sangat merugiakan diri sendiri. Berdasarkan penelitian, meminum alkohol hanya 2 gelas saja dapat meningkatkan resiko penyakit kanker laring.

– Faktor Keturunan

Apabila salah satu anggota keluarga Anda mengalami masalah kanker pita suara, maka akan dengan mudah Anda juga beresiko terkena penyakit kanker laring juga.

– Kekurangan Vitamin dan Gizi

Kurangnya mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi juga menjadi penyebab terjangkit penyakit kanker laring.

– Infeksi Virus HPV & Epstien Barr

Selain akan menyebabkan kanker serviks, virus HPV juga akan menimbulkan penyakuit kanker laring.

– Sistem Imun Tubuh Rendah

Sistem imun tubuh yang rendah pada seseorang juga rentan terjangkit penyakit kanker laring, bahkan beberapa jenis penyakit kanker lainnya.

– Melakukan Diet Ketat

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan khususnya bagi wanita yaitu diet. Diet memang salah satu kegiatan yang positif agar dapat menurunkan berat badan supaya ideal, tetapi apabila diet dilakukan dengan cara ketat dapat menimbulkan penyakit bahkan seseorang akan kekurangan cairan dalam tubuh dan vitamin. Pita suara juga akan kekurangan cairan sehingga dapat beresiko terkena kanker laring.

Selain kita harus mengetahui apa penyebab dari penyakit kanker laring ini, kita juga harus mengetahui gejala kanker laring tersebut supaya kita dapat mengantisipsi sebelum penyakit menyerang kita.

Berikut gejala dari penyakit kanker laring diantaranya:

1. Nyeri syaraf

Apabila penyakit kanker laring sudah mencapai batas maka akan menyebabkan pada nyeri pada syaraf tertentu.

2. Perubahan suara

Apabila sudah pada perubahan suara atau suara menjadi serak bahkan tidak ada sama sekali selama 3 minggu atau lebih, ini bisa menjadi pertanda terjangkit penyakit kanker laring.

3. Kesulitan menelan

Posisi kanker berada di sekitar tempat Anda biasa menelan, dan tentu Anda akan kesulitan menelan makanan. Akan ada rasa mengganjal di sekitar laring, dan akan merasakan rasa sakit.

4. Dahak yang berdarah

Penderita yang mengalami kanker pita suara biasanya akan mengeluarkan lender beserta darah.

Kita dapat melihat penyakit yang sangat ganas dan mengerikan yang dapat menyebabkan suara kita hilang. Apabila gejala awal datang sebaiknya kita harus melakukan pencegahan dengan cara minimal melakukan dari pola makanan yang sehat dan bergizi agar kita terhindar dari berbagai penyakit yang tidak kita inginkan.

One response to “Gejala Awal Terjadinya Penyakit Kanker Laring (Kanker Tenggorokan)”

  1. […] Kanker Laring adalah keganasan yang terjadi pada pita suara atau daerah lain disekitar tenggorokan. Kanker Laring atau biasa disebut dengan Kanker Tenggorokan adalah jenis penyakit yang berbahaya yang sering dijumpai, pertumbuhannya pun sangat cepat dan meningkatnya kegiatan wanita yaitu merokok serta mengkonsumsi alkohol. Sel-sel yang terdapat pada tenggorokan akan membentuk tumor. Kanker laring biasanya ditemukan pada dampaknya pada suara, berbeda dengan karsinoma supraglotis dan subglotis. Apabila kanker pita suara sudah terdiagnosis maka dapat dicapai dalam anga penyembuhan 98% dengan melakukan operasi singkat. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ketahui Tahapan Stadium Kanker Usus Besar Sejak Dini
    Kanker usus besar hanya bisa didiagnosis dengan...
  • Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar
    Kanker usus besar merupakan salah satu jenis...
  • Mengatasi Mual Akibat Dari Efek Samping Kanker Serviks
    Sekitar 70% penderita kanker serviks cenderung mengalami...
  • Ternyata Ini Jenis Makanan yang Dapat Membersihkan Usus
    Usus yang sehat merupakan dasar dari tubuh...
  • Waspada Gaya Hidup Tak Sehat Beresiko Kanker Serviks
    Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit...