Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Fakta atau Hoax Mengenai Tanaman Dolar Penyebab Kanker Leukimia

Diposkan oleh : Green World pada 8:36 am tanggal July 14, 2017

www.ahlikanker.com – Sebagian besar pasti bertanya-tanya mengenai bentuk dari tanaman dolar. Tetapi bagi yang sudah familiar atau bahkan memilikinya, kiranya menjadi lebih was-was setelah ada kabar buruk yang beredar. Pada beberapa waktu yang lalu terdapat kabar yang tidak enak mengenai tanaman dolar ini, yang dikatakan bahwa cukup berbahaya dan bahkan mematikan.

Dari penyebaran kabar tersebut yang ada pada jejaring sosial malah membuat masyarakat resah. Hal ini akan mengkhawatirkan lagi bagi orang yang memiliki tanaman tersebut dirumahnya. Tanaman dolar merupakan tanaman yang sering dikoleksi dan juga dijadikan sebagai tanaman hias dirumah. Namun terjadi kontroversi mengenai bahaya dari tanaman dolar, untuk itu sangat perlu diklarifikasi.

fakta atau hoax mengenai tanaman dolar

Untuk meninjaklanjuti dari kabar tersebut, mungkin pada sebagian orang yang berkomentarnya asal tidak merujuk literatur atau suatu lembaga yang bisa dipercaya, namun hanya saja berdasarkan perkataan seseorang saja. Maka dari itu, berikut terdapat suatu pembuktian apabila kabar tersebut menyebabkan penyakit kanker leukimia atau hoax (kabar tidak benar).

Baca juga : Cara Penyembuhan Penyakit Kanker Darah “Leukimia” Dengan Obat Tradisional

Hasil Pembuktian

Telah dilakukan suatu investigasi dan juga dinyatakan bahwa ada pesan yang memang sudah ramai pada tahun 2016 lalu tersebut tidaklah benar (Hoax). Telah dilakukan penelitian bahwa tanaman dolar tersebut diketahui masih tergolong pada kelompok tumbuhan talas-talasan. Menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukkan bahwa tanaman dolar tersebut mengandung oksalat. Dari zat tersebut bukan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan penyakit kanker.

Kandungan oksalat merupakan kandungan senyawa yang tidak dapat dikatakan bebas efek samping, namun jikalau menimbulkan efek samping, biasanya hanya menyebabkan rasa gatal pada bagian tubuh tertentu, dan itupun akan dialami oleh orang yang memiliki kulit sensitif. Dan tidak ada salahnya juga jika kita menjadikan tanaman tersebut sebagai tanaman hias dirumah.

Tanaman dolar yang berasal dari Afrika ini memiliki alasan, mengapa banyak orang yang dapat memeliharanya dirumah, dan berikut alasannya :

  1. Tidak sulit dalam memiliharanya.
  2. Bentuknya yang apik jika dijadikan tanaman hiasan dihalaman rumah, dan warna daunnya yang mengkilap.
  3. Dapat memperbanyak hanya dengan membuat rumpun tunasnya terpisah.
  4. Setek rumpun daun, biji, maupun batang dapat digunakan jika pada bunganya telah menghasilkan buah.

Daun dan juga bunga dolar tersebut telah diteliti oleh peneliti lainnya juga, dan menunjukkan bahwa tidak terdapat bukti adanya hubungan antara kanker dengan tanaman dolar tersebut. Menurut penelitian ilmiah menyatakan bahwa pada bagian tanaman tersebut jika tertelan memang dapat beracun. Namun tidak ada efek samping yang sampai menyebabkan terjadinya kelebihan sel darah putih, dan hanya terjadi rasa gatal atau iritasi.

Selain itu, pernyataan dari Universitas Sains Malaysia (UMS) mengenai adanya dua orang peneliti yang dikabarkan meninggal karena terkena penyakit kanker karena telah meneliti tanaman dolar. Dari pihak UMS membantah akan hal tersebut.

Jadi kesimpulannya mengenai tanaman dolar penyebab penyakit kanker leukimia adalah tidak benar (hoax). Jadi tidak perlu khawatir lagi. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Kenali Sejak Dini Mengenai Penyakit Kanker Payudara Pada Pria
    Kanker payudara sering dianggap sebagai kondisi yang...
  • Fakta atau Hoax Mengenai Tanaman Dolar Penyebab Kanker Leukimia
    www.ahlikanker.com – Sebagian besar pasti bertanya-tanya mengenai...
  • Mengenal Jenis-jenis Penyakit Leukimia dan Penyebabnya
    www.ahlikanker.com – Leukimia merupakan salah satu penyakit...
  • Kenali Sejak Dini Mutasi Gen Penyebab Kanker
    Kanker memang sering muncul tanpa diduga meskipun...
  • Jenis-jenis Pengobatan Penyakit Kanker Payudara Stadium 4
    Kanker payudara stadium 4 adalah fase yang...