Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Definisi Penyakit Kanker Yang Perlu Anda Ketahui

Diposkan oleh : Green World pada 3:56 pm tanggal February 3, 2017

Apa Itu Kanker?

kanker

Kanker adalah jenis penyakit yang pertumbuhannya tidak normal dari bagian sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Kanker merupakan penyebab utama kematian nomor satu di dunia, seperti kanker paru-paru, kanker hati, kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker perut telah menjadi penyebab paling utama kematian dalam setiap tahunnya.

Sebenarnya penyakit kanker tidak datang dengan seketika, namun ia juga membutuhkan proses untuk menggerogoti tubuh seseorang. Didalam perkembangan dan juga pertumbuhannya sel kanker tesebut akan menyebar pada bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Perlu Anda ketahui juga, penyakit kanker ini dapat menimpa pada semua orang, pada setiap bagian tubuh, serta dapat menimpa pada semua golongan umur termasuk anak-anak. Tetapi kanker ini sering terjadi pada orang yang sudah berusia 40 tahun keatas.

Masyarakat mengenali kanker ini sebagai tumor, padahal tidak semua tumor itu bersifat kanker. Tumor merupakan jenis benjolan yang tidak normal atau abnormal. Terbagi menjadi dua golongan yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Dan kanker ini adalah istilah umum dari seluruh jenis tumor ganas. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa akar penyebab kanker adalah mutasi atau adanya suatu perubahan abnormal dan tiba-tiba pada bahan genetik – Asam Deoksiribonukleat (DNA).

Faktor pemicu yang dapat meningkatkan resiko terjadi kanker

Bahan Kimia

Dari zat-zat yang terdapat pada asap rokok dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit kanker pada perokok aktif dan perokok pasif dengan jangka waktu yang lama. Karena dari bahan kimia ini memiliki kandungan senyawa aktif yaitu karbon yang dapat meningkatkan seseorang menderita kanker.

Virus

Ada beberapa jenis virus yang berhubungan erat dengan perubahan sel normal yang menjadi sel kanker. Virus onkogenik disebut dengan virus penyebab penyakit kanker.

Hormon

Hormon merupakan suatu zat yang dihasilkan dari kelenjar tubuh dan berfungsi untuk mengatur kegiatan alat-alat tubuh dari bagian selaput tertentu. Dari beberapa penelitian telah diketahui bahwa pemberian hormon tersebut dengan secara berlebihan akan menyebabkan suatu peningkatan terjadinya beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, rahim, prostat (kelenjar kelamin pria), dan indung telur.

Makanan

Jenis zat atau bahan kimia yang ada pada makanan tertentu juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker, seperti pada makanan yang sudah lama tersimpan dan berjamur dapat tercemar oleh aflatoxin. Aflatoxin merupakan jenis zat yang dihasilkan dari jamur Aspergillus Flavus yang berfungsi dapat meningkatkan resiko terkena kanker hati.

Strategi Pencegahan

  • Menghindari semua faktor resikonya
  • Mengurangi paparan sinar matahari
  • Vaksinasi untuk HPV dan HBV
  • Deteksi dini

3 kategori menurut WHO adalah:

* Physical Carcinogen, seperti Ultraviolet dan radiasi on
* Chemical Carcinogen, seperti ansestos, komponen dari rokok, aflatoksin (kontaminan dari makanan), dan arsenik.
* Biologycal Carcinogen, seperti infeksi virus, bakteri, dan parasit.

Data Statistik Kanker

Di negara maju terdapat sekitar 25% kasus kematian akibat penyakit kanker. Berdasarkan dari data statistik, sudah diperkirakan bahwa sebanyak 289.000 orang di negara Inggris menderita penyakit kanker dalam setiap tahunnya. Rata-rata pasien didiagnosis berusia 67 tahunan sejak tahun 2001-2004, dan rata-rata mortalitas yaitu usia 73 tahun. Salah satu dari tiga orang didiagnosis dengan kanker di negara inggris , serta jenis kanker yang paling utama yaitu kanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus, dan kanker prostat.

Kesimpulannya, kanker merupakan hasil gabungan dari berbagai faktor yaitu genetik, lingkungan, dan juga mutasi gen. Karena terdapat beberapa jenis kanker yang bahkan menawarkan peluang lebih besar bagi Anda untuk mengurangi faktor resiko genetik yaitu dengan menjalankan pola hidup yang sehat karena hal itu adalah langkah yang sangat baik dan bijak. Maka dari itu perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, rutin berolahraga, antisipasi dengan sinar UV matahari, serta jauhi rokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Khasiat Buah Nanas Untuk Membasmi Penyakit Kanker
    Jika makan nanas, pada bagian tengahnya dibuang...
  • Efek Samping Melakukan Pengobatan Kemoterapi
    Kemoterapi atau yang biasa disebut dengan kemo...
  • Manfaat dan Jenis Olahraga Untuk Mantan Penderita Kanker
    www.ahlikanker.com – Seseorang yang telah berhasil sembuh...
  • Perbedaan Antara Kanker Payudara Pada Pria dan Wanita
    www.ahlikanker.com – Apa sebenarnya yang menjadi perbedaan...
  • Ketahui Faktor Pemicu Penyakit Leukemia Pada Anak
    www.ahlikanker.com – Hampir 60% penyakit yang dialami...