Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Daftar Menu Makanan Sehat Khusus Bagi Penderita Penyakit Kanker Ginjal

Diposkan oleh : Green World pada 7:28 am tanggal November 16, 2016

makanan khusus kanker ginjal

Sudah menjadi keharusan bagi Anda penderita sebuah penyakit khususnya penyakit kanker ginjal untuk menyeleksi asupan makanan dalam tubuh. Ketika Anda menderita penyakit kanker ginjal, jenis makanan harus Anda hindari untuk kesehatan kita juga selama hidup. Tidak hanya dalam jenis makanan saja, bagi penderita kanker ginjal atau gagal ginjal wajib melakukan diet supaya bisa mengatur keseimbangan cairan dan elekrlit dalam tubuh, sehingga ginjal dapat beraktivitas normal kembali.

Ginjal yang sehat akan menghasilkan tubuh yang sehat. Berbagai jenis penyakit akan muncul dengan berbagai sebab dan tanpa kita sadari seperti asupan pola hidup yang kurang baik dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari.

Beberapa kriteria makanan yang harus Anda hindari seperti:

> membatasi penggunaan garam, fosfor, dan kalium
> Makan diet yang rendah proetin
> Membatasi cairan
> Jika Anda kehilangan berat badan, dapat mengkonsumsi cukup kalori.

Untuk membantu dalam pengobatan, harus ada penyeleksian dalam makanan. Inilah daftar menu makanan sehat khusus bagi penderita penyakit kanker ginjal:

1. Kecambah atau Toge
Kecambah adalah jenis sayuran yang memiliki kadar lemak yang rendah tetapi mempunyai banyak vitamin seperti vitamin A, B dan C serta serat. Kecambah terdapat kandungan senyawa fitokimia yang disebut kanavanin yang mempunyai peran sebagai memperlancar pencernaan, baik untuk ginjal dan pencegah kanker. Kecambah ini dapat dikonsumsi dengan bentuk mentah atau diolah menjadi apapun.

2. Bawang
Bawang merah dan bawang putih keduanya memiliki khasiat dan kandungan yang baik. Terutama bawang merah dapat menghilangkan racun di dalam tubuh dan dapat membersihkan ginjal. Bawang merah juga dipercaya untuk mengobati batu ginjal karena mempunyai zat antioksidan.

3. Kubis
Kubis mempunyai kandungan senyawa fiokimia yang fungsinya sebagai antoksidan yang berperan sebagai radikal bebas. Kubis memiliki rendah kalium, kaya akan serat dan mengandung vitamin C, B6, dan K, yang cocok sekali bagi penderita kanker ginjal atau gagal ginjal.

4. Ikan
Tidak semua jenis ikan yang harus dikonsumsi bagi penderita penyakit kanker ginjal, jenis ikan yang direkomendasikan adalah Ikan Salmon, Ikan Tuna, dan Ikan Mackarel. Tetapi penderita pun tidak boleh mengkonsumsi banyak protein seperti udang, daging merah, dan sebagainya.

5. Paprika Merah
Banyak yang menyarankan untuk memasukan bahan makanan ini ke dalam menu makanan sehari-hari. Karena paprika merah dapat membantu meringankan penyakit ginjal dan mencegah penyakit kanker yang tumbuh dalam tubuh kita. Paprika merah memiliki kandungan kalium, serat, asam folat, dan mengandung vitamin A, B6, dan C.

6. Putih Telur
Putih telur adalah protein yang murni yang memberikan kualitas tinggi dengan asam amino esensial. Putih telur sangat bagus untuk diet ginjal.

7. Yoghurt
Yoghurt dapat dimasukan menjadi salah satu mineral karena mengandung prabiotik yang mampu menyehatkan ginjal dan mampu menghilangkan bakteri, tetapi harus diperhatikan takaran pemakaiannya.

8. Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki kandungan asam folat, anti imflamasi, dan antioksidan yang dapat membantu untuk kesehatan ginjal, peradangan dan oksidasi.

9. Keluarga Barries
Bagi penderita penyakit ginjal dapat mengkonsumsi berbagai macam jenis buah-buahan keluarga barries ini seperti strawbery, blueberry, redberry, dan sejenisnya. Karena mengandung antioksidan dan anti imflamasi bagi ginjal. Selain itu buah ini juga dapat meningkatkan fungsi pada kandung kemih.

10. Apel
Apel sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia terutama untuk ginjal. Apel ini dapat membersihkan ginjal dari zat-zat yang beracun dan bisa menghancukan batu ginjal.

Masih banyak makanan yang harus dikonsumsi khusus bagi penderita kanker ginjal. Dan perlu diketahui dan diingat juga, asupan sayuran dan buah-buahan yang tinggi kaliumnya disarankan untuk tidak dikonsumsi, begitu juga dengan kebanyakan protein dan karbohidrat yang tinggi. Jadi aturlah makanan yang sehat untuk penderita kanker ginjal supaya tidak terjadi dampak yang berbahaya.

Semoga sebuah artikel ini bermanfaat untuk Anda semua khususnya bagi penderita penyakit kanker, semoga lekas sembuh. Terima Kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Manfaat Buah Bit Untuk Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Buah bit merupakan buah yang...
  • Khasiat Daun Kelor Untuk Mengobati Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Daun kelor tidak hanya bermanfaat...
  • Kenali Pemberian Vaksin Sebagai Pencegah Kanker Serviks
    Kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit...
  • Bahaya Kandungan Klorin dan Dioxin Pada Pembalut
    Sudah menjadi fitrah alami bagi setiap wanita...
  • Khasiat Buah Nanas Untuk Membasmi Penyakit Kanker
    Jika makan nanas, pada bagian tengahnya dibuang...