Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Ciri-ciri Penyakit Kanker Nasofaring Yang Paling Mudah Dikenali

Diposkan oleh : Green World pada 8:56 am tanggal January 18, 2017

Pada awalnya penyakit Kanker Nasofaring tampak sering disepelekan, padahal penyakit tersebut juga termasuk penyakit yang berbahaya. Salah satu ciri dari adanya penyakit kanker nasofaring diawali dengan adanya suatu infeksi pada bagian dalam telinga.

kanker nasofaring 2

Kanker Nasofaring adalah jenis kanker yang dapat tumbuh pada rongga belakang hidung dan area langit-langit rongga mulut. Penyakit kanker ini dikenal dengan istilah Kanker Hidung, karena penyakit ini tumbuh dan menyerang pada daerah dekat hidung dan rongga pernapasan. Kanker Nasofaring juga dikenal dengan istilah Naso Pharyngeal Cancer atau disingkat menjadi NPC.

Selain pada nasofaring, penyakit kanker faring juga bisa muncul pada daerah Orofaring (dasar lidah, tonsil, serta permukaan bawah langit-langit mulut) dan Hipofaring (sinus piriformis, area setelah tulang krikoid dan dinding belakang faring). Kejadian penyakit kanker ini sering ditemukan pada orang-orang yang berada dikawasan Asia Tenggara.

Dampak buruk yang sering diabaikan berhasil menyumbang sekitar 8000 kasus kanker nasofaring pada setiap tahunnya. Dan jumlah tersebut berasal dari Negara Indonesia.

Ciri-ciri Utama Kanker Nasofaring

Berikut ada beberapa ciri-ciri dari penyakit kanker nasofaring yang mudah diketahui, diantaranya:

– Gangguan pendengaran, suara berdenging pada telinga atau rasa penuh pada telinga namun hanya pada satu sisi telinga saja.

– Terdapat benjolan pada leher, yang mungkin berada di kedua sisi leher, bahkan biasanya tidak akan terasa sakit.

– Hidung tersumbat atau terasa penuh oleh cairan.

– Infeksi pada telinga yang kambuh berulang kali, bahkan sering dialami oleh penderita kanker nasofaring yang masih berusia anak-anak.

Jika merasakan tanda-tanda seperti diatas, terutama jika beberapa gejala yang mungkin sekaligus pada waktu bersamaan, sebaiknya harus segera diatasi supaya diperiksa lebih lanjut.

Ciri-ciri Lainnya Kanker Nasofaring

Selain dari ciri-ciri yang paling utama penyakit kanker nasofaring, perlu Anda ketahui juga ciri-ciri lainnya yang harus Anda waspadai sejak dini. Tetapi jika mengalami ciri-ciri dibawah ini juga bukan berasti Anda mengidap penyakit kanker nasofaring, namun berikut disebabkan oleh penyakit yang lain selain kanker, ciri-ciri tersebut adalah:

  • Sakit kepala
  • Mimisan
  • Nyeri atau mati rasa pada area wajah
  • Penglihatan menjadi buram atau penglihatan menjadi ganda
  • Kesulitan untuk membuka mulut.

Penyebab Kanker Nasofaring

Seperti pada penyakit umumnya, penyakit kanker ini disebabkan oleh adanya suatu mutasi gen yang telah menyebabkan sel berkembang diluar kendali serta menginvasi suatu jaringan disekitarnya yang kemudian menyebar pada bagian tubuh lainnya (metastase). Namun penyebab dari mutasi gen ini masih belum diketahui.

Berikut ada beberapa faktor resiko meningkatnya penderita penyakit kanker nasofaring, diantaranya:

* Faktor keluarga

* Jenis kelamin

Penyakit ini paling sering ditemukan pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan.

* Faktor usia

Paling umum jenis penyakit ini ditemukan pada orang dewasa yang berusia antara 30-50 tahun.

* Etnis

Untuk kasus nasofaring ini lebih sering ditemukan pada orang berasal di Negara China, Afrika bagian utara, Asia tenggara, dan bangsa inuit di Alaska.

* Uap masakan dari masakan yang diawetkan

Dalam pengasinan yang masuk pada rongga hidung akan meningkatkan resiko penyakit kanker nasofaring, seperti pada ikan asin, dan asinan sayuran. Resiko ini akan bertambah tinggi apabila penderita sudah terpapar suatu zat kimia pada usia dini.

* Virus Epstein-Barr

Virus ini merupakan salah satu bagian dari keluarga virus herpes yang memiliki gejala menyerupai pilek. Selain pada penyakit kanker nasofaring, penderita yang terjangkit infeksi virus ini juga bisa terkena infeksi mononukleosis. Atau jenis ini juga sering dikaitkan dengan penyakit kanker langka.

* Bekerja di lingkungan yang sering Anda menghirup serbuk kayu atau zat kimia formaldehyde.

Pencegahan Kanker Nasofaring

Dalam pencegahan penyakit kanker nasofaring bisa dimulai dari mengurangi resiko Anda dalam mengembangkan kondisi didalam tubuh yaitu mengurangi mengkonsusmi makanan yang diawetkan dengan menggunakan teknik pengasinan, tidak merokok, serta mengurangi mengkonsusmi alkohol.

Bila perlu Anda dapat memeriksa tubuh Anda secara rutin seperti pemeriksaan darah. Untuk pemeriksaan darah sangat dianjurkan bagi mereka yang mempunyai keluhan yang sangat tinggi terhadap penyakit tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Ketahui Tahapan Stadium Kanker Usus Besar Sejak Dini
    Kanker usus besar hanya bisa didiagnosis dengan...
  • Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar
    Kanker usus besar merupakan salah satu jenis...
  • Mengatasi Mual Akibat Dari Efek Samping Kanker Serviks
    Sekitar 70% penderita kanker serviks cenderung mengalami...
  • Ternyata Ini Jenis Makanan yang Dapat Membersihkan Usus
    Usus yang sehat merupakan dasar dari tubuh...
  • Waspada Gaya Hidup Tak Sehat Beresiko Kanker Serviks
    Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit...