Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Ciri-ciri Gejala Dan Penyebab Penyakit Kanker Koloretral

Diposkan oleh : Green World pada 1:33 pm tanggal December 13, 2016

Apa itu Kanker Koloretral???

kanker kolorektal Pada umumnya kanker ini bermula dari polip yang tumbuh di sepanjang dinding permukaan didalam usus besar dan rektum. Jaringan atau polip ini biasanya tidak akan menyebabkan gangguan dan sangat jinak. Tetapi hal ini berpotensi akan menjadi ganas terutama apabila sudah pada usus dan rektum selama menahun.

Kanker usus besar (kanker kolon) sering terjadi pada wanita, sedangkan kanker rektum lebih sering terjadi pada pria. kanker kolon biasanya mulai terjadi dengan adanya pembengkakan seperti adanya kancing pada permukaan lapisan usus atau polip, yang kemudian kanker tersebut akan memasuki dinding usus sehingga akan terkena pada kelenjar getah bening.

Jenis kanker ini menjadi penyebab angka kematian yang kedua, dan biasanya terjadi pada usia 40 tahun keatas. Sekitar kurang lebih 5% adanya penderita kanker rektum dan kanker kolon yang memiliki leih dari satu kanker kolorektum dan pada saat bersamaan.

Menurut dari data Mayo Clinic, penderita penyakit kanker ini banyak pada kalangan manula, bahkan bisa dikatakan banyaknya 90% kasus yang terjangkit penyakit kanker kolokteral pada kaum manula. Ada juga fakta lain dari Jurnal UNDIP bahwa penyakit kanker kolokteral lebih banyak menyerang pada pria dibandingkan dengan wanita.

Kanker Koloretral terdapat beberapa jenis dan berdasarkan dari tipe sel yang telah diserang, diantaranya:

1. Adenokarsinoma

Jenis kanker tipe ini tumbuh pada sel epitel kelenjar yang akan menyebabkan munculnya seperti lendir yang akan mengakibatkan dengan mudahnya sel kanker bermetastatis ke bagian organ lain.

2. Kanker Karsinoid

Jenis kanker ini tidak begitu agresif seperti adenikarsinoma. Sel kanker yang tumbuh pada sel Kulchitsky produsen dari hormon yang terdapat pada dindind usus besar, namun keberadaanya sangat merusak fungsi usus besar yang bisa mematikan oto dan sistem saraf sehingga akan melemah.

3. Gastrointestinal Stromal Tumor (GISTs)

Jenis kanker ini dikatakan sangat jarang terjadi tetapi bersifat merusak yang cukup dominan terhadap fungsi cerna dan serap air dari usus besar. Tipe ini cenderung tidak akan menyebar tetapi akan merusak bagian fungsi.

PENYEBAB KANKER KOLOREKTAL

Tumbuhnya sel-sel yang abnormal merupakan sumber dari semua kanker termasuk penyakit kanker kolokteral. Tetapi penyebab dari berkembangnya sel-sel abnormal yang tidak dapat terkendali masih belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa faktor yang menjadi pemicu pertumbuhan kanker diantaranya:

– Faktor Keturunan

Jika ada salah seorang anggota keluarga yang menderita penyakit kanker, maka besar kemungkinan Anda juga akan menderita penyakit kanker.

– Usia

Resiko kanker kolokteral akan terus meningkat dengan bertambahnya usia, karena biasanya kanker kolokteral sering terjadi pada berusia 50 tahun keatas.

– Gaya Hidup Tidak Baik

Kurangnya mengkonsumsi makanan yang sehat akan mudah terkena penyakit, kurang melakukan olahraga, kelebihan berat badan, kebiasaan merokok, dan seringnya mengkonsumsi minuman berakohol.

– Mengidap penyakit Chorn dan Kolitis Ulseratif menahun.

GEJALA KANKER KOLOREKTAL

Penderita kanker kolokteral biasanya akan mengalami tanda-tanda atau gejala seperti dibawah ini:

~ Mual
~ Sakit perut
~ Muntah
~ Turunnya berat badan secara drastis
~ Terjadi diare atau konstipasi
~ Terdapat darah pada tinja
~ Lemas dan lelah

One response to “Ciri-ciri Gejala Dan Penyebab Penyakit Kanker Koloretral”

  1. […] semua jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker empedu, kanker usus 12 jari, kanker rahim, kanker kolorektal, dan penyakit kanker […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Jenis Olahraga yang Dapat Dilakukan Setelah Operasi Kanker Serviks
    www.ahlikanker.com – Melakukan olahraga setelah operasi kanker serviks...
  • Mengenal Pengobatan Imunoterapi Untuk Penderita Penyakit Kanker
    www.ahlikanker.com – Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya...
  • Ketahui Tahapan Stadium Kanker Usus Besar Sejak Dini
    Kanker usus besar hanya bisa didiagnosis dengan...
  • Lakukan Tips Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar
    Kanker usus besar merupakan salah satu jenis...
  • Mengatasi Mual Akibat Dari Efek Samping Kanker Serviks
    Sekitar 70% penderita kanker serviks cenderung mengalami...