Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Ciri-ciri Atau Gejala Dari Penyakit Kanker Usus 12 Jari

Diposkan oleh : Green World pada 3:48 pm tanggal January 3, 2017

Apa yang dimaksud dengan kanker usus 12 jari? Apakah sama dengan kanker usus besar???

kanker usus

(Tahapan Penyakit Kanker Usus 12 Jari)

Kanker Usus 12 Jari merupakan jenis tumor primer atau yang disebabkan karena adanya metastase ke organ sekunder yang tempatnya berdekatan seperti perut, saluran empedu, dan kanker pankreas. Kanker usus bisa saja menjadi penyakit yang sangat mematikan disetiap tahunnya. Berdasarkan posisi dari patogenesis yang berbeda, penyakit kanker usus dapat dibagi menjadi 4 bagian diantaranya carcinoids duodenum, limfoma ganas duodenum, adenocarcinoma duodenum, dan leimyosarcoma duodenum. Dan yang paling sering ditemukan yaitu pada adenocarcinoma duodenum.

Berikut Macam-macam Penyakit Usus 12 Jari:

1. Adenocarcinoma duodenum

Jenis penyakit kanker usus ini berasal dari mukosa usus 12 jari sebagian besar tunggal dikarenakan keganasan adenocarcinoma.

2. Karsinoid duodenum

Pada umumnya tumor yang tumbuh lebih kecil, sebagian besar tunggal atau ganda, dan tumor ini akan menimbulkan karakteristik infiltrasi tumor ganas.

3. Leimyosarcoma duodenum

Berasal dari mukosa duodenum propia muskularis atau tumor usus muskularis dinding pembuluh darah.

4. Limfoma ganas duodenum

Jenis penyakit ini berasal dari jaringan limfoid di duodenum artinya adanya penyerangan secara terus menerus ke limfoma hingga pada dinding usus sehingga terjadinya perubahan patologis.

Kanker usus 12 jari adalah jenis kanker yang sangat jarang ditemukan. Namun penyakit ini biasanya terjadi pada usia 50-70 tahun, dan cenderung lebih banyak terjadi pada laki-laki dibandingkan pada perempuan. Perlu Anda ketahui bahwa penyakit kanker ini bukanlah sebuah penyakit kanker yang diturunkan dari faktor keluarga, karena sebagian besar penyakit kanker ini positif mengindap penyakit kanker usus besar tidak memiliki riwayat kanker keluarganya. Tetapi apabila ada salah satu anggota keluarga, tidak ada salahnya untuk memeriksa terlebih dahulu.

Penyebab Kanker Usus 12 Jari

Seperti halnya penyakit kanker yang lainnya, sampai saat ini penyakit kanker usus 12 jari masih belum diketahui apa penyebabnya. Namun terdapat sekresi empedu dan cairan pankreas yang memiliki kandungan zat tertentu seperti lithocholic asam empedu sekunder yang mungkin terjadi pada faktor karsnogenik. Polip turunan, tumor jinak epitel seperti adenoma vili dan penyakit lain yang mungkin berhubungan dengan kejadian kanker usus 12 jari.

Ciri-ciri atau Gejala Kanker Usus 12 Jari

Adapun ciri-ciri dari penyakit kanker usus 12 jari yang timbul pada penderita sepeti:

– Penyakit kuning

Karena tumor yang menghambat ampula sehingga dapat menyebabkan penyakit kuning. Inilah yang menyebabkan penyakit kuning karena adanya tumor yang telah lepas atau tidak stabil.

– Nyeri

Ketidaknyamanan epigastrium atau rasa pegal, sesudah makan tidak mengurangi rasa sakit, da terkadang terasa hingga pada punggng.

– Anemia

Disebut gejala yang paling umum atau kehilangan darah secara kronis seperti berubahnya tinja menjadi hitam, darah tinja okultuimse.

– Bagian atas perut tidak nyaman

Saat makanan masuk akan terasa sakit atau terkadang nyeri sampai pada bagian belakang

– Mual, muntah, anoreksia

Sebagian tumor dengan cara bertahap akan meningkat dibagian usus sehingga akan menyebabkan obstruksi usus 12 jari yang disebabkan oleh sebagian atau pun keseluruhan.

– Penurunan berat badan

Penurunan berat badan merupakan gejala yang paling umum terjadi , namun pengobatan yang progresif merupakan pengobatan yang tidak efektif.

– Massa

Saat tumor tumbuh dan menyebar kedaerah sekitarnya maka penderita akan merasakan adanya massa pada bagian kanan atas perut.

– Sering mengalami pendarahan dalam usus

Kanker usus ini akan menunjukan perubahan warna dari kotoran penderita yang mengandung darah

– Mudah mengalami sakit perut

Dikarenakan sel-sel yang ada dalam perut sedang mengalami perkembangan dan pertumbuhan, dan tidak sedikitnya penderita penderita kanker usus tidak menyadari kalau dirinya terkena penyakit tesebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Khasiat Buah Nanas Untuk Membasmi Penyakit Kanker
    Jika makan nanas, pada bagian tengahnya dibuang...
  • Efek Samping Melakukan Pengobatan Kemoterapi
    Kemoterapi atau yang biasa disebut dengan kemo...
  • Manfaat dan Jenis Olahraga Untuk Mantan Penderita Kanker
    www.ahlikanker.com – Seseorang yang telah berhasil sembuh...
  • Perbedaan Antara Kanker Payudara Pada Pria dan Wanita
    www.ahlikanker.com – Apa sebenarnya yang menjadi perbedaan...
  • Ketahui Faktor Pemicu Penyakit Leukemia Pada Anak
    www.ahlikanker.com – Hampir 60% penyakit yang dialami...