Ahli Mengobati Kanker
Ahli Mengobati Kanker

Bahaya Benjolan Di Leher

Diposkan oleh : Green World pada 2:14 pm tanggal August 26, 2016

Bahaya benjolan di leher sebelah kanan dan kiri – Hampir tidak sedikit orang pernah mengalami benjolan di leher yang disertai dengan rasa sakit ketika dipegang serta memiliki tekstur yang lembek atau juga keras. Kondisi tentunya menjadi sebuah pertanyaan, apakah benjolah di leher tersebut masuk dalam kategori berbahaya ?

Bahaya Benjolan Di Leher Sebelah Kanan dan Kiri

Bahaya Benjolan Di Leher

Pada dasarnya benjolan di leher baik di kanan maupun kiri tidak memiliki potensi yang berbahaya bagi kesehatan. Namun tentunya perlu dilakukan pemeriksaan untuk dapat memastikan penyebab dari benjolan tersebut. Apakah benjolan yang ditimbulkan akibat hal yang biasa saja atau efek dari tumbuhnya sel kanker.

Berikut ini beberapa penyabab yang dapat menyebabkan benjolan di leher :

  • Kelenjar Tiroid Membengkak

Pada umumnya kelenjar tiroid ini tidak terlihat, namun apabila sedang mengalami masalah akibat beberapa sebab maka kelenjar tiroid akan membengkak serta muncul benjolan di leher dan kondisi ini dinamakan dengan penyakit gondok. Adapun beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan pembengkakan tiroid ini yaitu kekurangan yodium, aktivitas kelenjar yang terlalu aktif atau kurang aktif dan bisa juga akibat kanker tiroid.

  • Kelenjar Getah Bening Membengkak

Pembengkakan kelenjar getah bening ini biasanya disebabkan oleh infeksi seperti infeksi gigi, infeksi tenggorokan, TBC, lupus dan sifilis. Pada umumnya benjolan akibat pembengkakkan getah bening ini dapat mengecil dan mengempes secara sendirinya jika kondisi kesehatan sudah membaik.

  • Kista

Tanda benjolan di leher akibat kista ini cirinya berbentuk kecil jika di raba akan bergeser ke bawah kulit ketika ditekan. Biasanya benjolan ini akan menghilang secara sendirinya tanpa harus melakukan pengobatan.

  • Kanker

Apabila anda memiliki gaya hidup yang buruk seperti merokok dan sering mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan maka besar kemungkinan benjolan yang terjadi merupakan tanda tumbuhnya sel kanker. Biasanya yang terjadi akibat dari gaya hidup buruk ini yaitu kanker mulut, kanker pita suara, kanker tenggorokan. Selain itu juga gaya hidup tersebut juga dapat meningkatkan resiko terserang kanker lainnya seperti leukimia, kanker paru-paru dan kanker payudara.

Wasapada Bahaya Benjolan di Leher !

Berikut ini ciri-ciri benjolan yang perlu diwaspadai yang dapat membahayakan pada kesehatan :

  • Benjolan tidak kunjung mengempes atau mengecil dalam jangka waktu lebih dari sebulan
  • Benjolan tampak semakin membesar
  • Benjolan mengeras dan tidak bergerak ketika diraba atau ditekan
  • Disertai dengan beberapa gejala seperti suara serak, gangguan pernafasan, sakit saat menelan, munculnya darah pada air liur, perubahan pada kulit dan denyut jantung berdetak lebih cepat.

Apabila Anda mengalami benjolan seperti diatas, maka disarankan untuk segera melakukan pengobatan atau melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Meskipun pada umumnya benjolan di leher ini tidak berbahaya, namun tidak salahnya melakuan pencegahan sejak dini sebagai antisipasi bahaya dari salah satu tanda penyakit kanker.

Itulah bahasan mengenai Bahaya Benjolan Di Leher Sebelah Kanan dan Kiri yang bisa kami informasikan. Semoga artikel yang telah kami sampaikan ini bermanfaat.

Baca juga : Mengobati Kanker Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Tips Diet Untuk Menurunkan Resiko Penyakit Kanker Serviks
    Kanker serviks merupakan penyakit yang mematikan kedua...
  • Kenali Sejak Dini Mengenai Penyakit Kanker Payudara Pada Pria
    Kanker payudara sering dianggap sebagai kondisi yang...
  • Fakta atau Hoax Mengenai Tanaman Dolar Penyebab Kanker Leukimia
    www.ahlikanker.com – Sebagian besar pasti bertanya-tanya mengenai...
  • Mengenal Jenis-jenis Penyakit Leukimia dan Penyebabnya
    www.ahlikanker.com – Leukimia merupakan salah satu penyakit...
  • Kenali Sejak Dini Mutasi Gen Penyebab Kanker
    Kanker memang sering muncul tanpa diduga meskipun...